Robot di RS Vietnam Gunakan Kamera EZVIZ untuk Tangani Pasien Robot di RS Vietnam Gunakan Kamera EZVIZ untuk Tangani Pasien ~ Teknogav.com

Robot di RS Vietnam Gunakan Kamera EZVIZ untuk Tangani Pasien


Teknogav.com - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia membuat manusia lebih inovatif dalam menyediakan solusi penanganan. EZVIZ pun turut berperan dalam memberikan solusi yang mendukung petugas medis dalam menangani pasien COVID-19 di Rumah Sakit di Vietnam. Solusi yang dihadirkan EZVIS mencakup sistem pengawasan dengan kamera C3W di rumah sakit dan C6N pada robot. Yup! Robot! RS di Vietnam ini sudah menggunakan robot yang dijuluki Vibot untuk mengantarkan obat dan makanan ke pasien.

Selama ini banyak kabar mengenai petugas medis yang terpaksa gugur dalam menunaikan tugas berjuang melawan pandemi COVID-19. Peran dan tanggung jawab mereka memang begitu besar, apalagi peningkatan kasus yang begitu cepat membuat RS kewalahan. Pasien banyak membanjiri RS, sementara Alat Pelindung Diri (APD) terbatas. Dokter dan tim medis lain pun berisiko tertular virus saat merawat pasien.

Kepiawaian dan pengalaman EZVIZ dalam industri kamera pengawas dan perangkat rumah pintar ternyata mampu memberikan solusi atas masalah tersebut. EZVIZ menghadirkan inovasi mereka dalam perjuangan melawan pandemi COVID-19 di Vietnam.

Vibot, robot yang dilengkapi kamera EZVIZ C6N
Sekelompok ilmuwan dari Akademi Teknologi Militer Vietnam bersama dengan EZVIZ memasang sistem pengawasan di RS dengan kamera C6N. Canggihnya lagi kamera C6N Wi-Fi disematkan pada robot yang disebut ‘Vibot’. Robot tersebut bertugas mengantarkan makanan dan obat-obatan kepada pasien. Tentu saja penugasan pada robot ini meringankan beban petugas medis, sehingga mengurangi risiko terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Mereka dapat tetap aman dengan menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan pasien.

“Kamera C6N yang tersemat ke dalam robot memiliki fitur pan-and-tilt. Fitur tersebut dapat memberikan tayangan 360° dari lingkungan secara real-time kepada dokter. Pasien dapat berbicara secara langsung dengan dokter melalui fitur komunikasi dua arah yang dimiliki C6N. Dokter pun dapat memvalidasi kondisi pasien langsung melalui tayangan dari kamera dengan resolusi video hingga 1080p,“ ucap Howard Yoeng, Country Manager EZVIZ Indonesia.
Layar pada Vibot
Ruangan dokter pun dipasangi kamera EZVIZ C3W untuk menjaga keamanan dan untuk ditayangkan pada layar di Vibot secara real-time. Pasien pun bisa lebih terhubung dan mendapat perhatian setiap saat oleh tim petugas medis yang merawat. Upaya penanganan COVID-19 yang dilakukan EZVIZ ini turut mengurangi risiko terinfeksi virus selama merawat pasien.
Dokter berinteraksi secara real-time di ruangan yang dilengkapi kamera C3W
Masyarakat Vietnam pun sangat mengapresiasi solusi yang inovatif dari EZVIZ tersebut. Hal ini dapat dilihat dari siaran TV Nasional Vietnam dan berbagai stasiun televisi lokal lain. Pada berita televisi yang disiarkan 6 April 2020, tampak masyarakat memberikan dukungan dan pujian mereka terhadap upaya EZVIZ mengatasi pandemi.

Partisipasi bersama memang sudah menjadi kewajiban seluruh instrumen masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Hal ini dilakukan demi memulihkan kehidupan bermasyarakat yang normal seperti sebelumnya. Upaya kolaboratif ini menjadi solusi inovatif yang memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhan medis.

EZVIZ juga sudah memeberikan penarapan yang kreatif dalam memanfaatkan kepiawaian dan pengalaman dalam bidang mereka. Hal ini membuktikan bahwa semua pihak, baik individu maupun perusahaan bisa berkontribusi bersama menghadapi pandemi sesuai kapasitasnya masing-masing.
Share:

Follow by Email