Tips Tata Ruang Akustik dari Sinergi Acoustic Tips Tata Ruang Akustik dari Sinergi Acoustic ~ Teknogav.com

Tips Tata Ruang Akustik dari Sinergi Acoustic


Teknogav.com - Ketika seseorang mencapai level lanjutan dalam pengalaman mendengar audio, seolah-olah malah semakin banyak kebutuhannya. Hal ini wajar ketika pendengar sering mendapat masukan dan referensi dari teman-teman sesama pehobi, maupun ilmu baru dari media daring. Salah satu hal yang dianggap penting dan krusial dalam audio adalah tata akustik. Bagi pendengar kritis di audio rumahan dan ahli tata suara hal ini seperti menjadi kewajiban.
Backbeat Studio yang ditangani Sinergi Acoustic (sumber: Sinergi Acoustic)

Praktiknya, kebutuhan akurasi tata akustik tak sebanding dengan tenaga ahli di bidang ini. Alih-alih membuat ruangan menjadi ideal, yang terjadi malah mimpi buruk. Malah berujung pada penggantian bagian dari sistem audio yang tentu saja menguras kantong.

Kebutuhan Konsultan Audio

Perkembangan dunia informasi yang semakin cepat membuat kebutuhan memperoleh informasi mengenai tata akustik mudah didapat dan dipelajari. Perangkat lunak tentang pengukuran ruangan dan forum-forum daring di media sosial sangat membantu mengakses pengetahuan tentang akustik. Kendati demikian, penghitungan yang lebih akurat membutuhkan tenaga ahli yang mumpuni di bidang ini.
Contoh tata ruang akustik oleh Sinergi Acoustic
Sinergi Acoustic adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menangani bidang ini. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Samuel Kevin, pria yang tampak selalu modis. Fokus perusahaan ini berada pada berbagai proyek seperti auditorium, concert hall, recording studio, home theater, listening room dan lainnya. Terkait dengan kebutuhan tata akustik, maka Sinergi Acoustik merilis produk yang diberi nama Artcoustic. Produk ini terdiri dari Diffusor dan Absorber yang mudah diaplikasikan.
Samuel Kelvin
Menurut Sam, walaupun mudah tapi konsumen harus paham tentang mode ruang dan perilaku pantulan. Hal ini sangat mendasar sebelum memilih produk apa yang akan diaplikasikan di ruangannya. Jadi harus paham sedikit tentang akustik sebelum memilih produk apa yang cocok. “Tapi jangan khawatir, kami siap membantu bagaimana aplikasinya agar tepat dan tidak salah pilih,” ucap Sam.
Jenis mode ruang
Mode ruangan disebabkan oleh pantulan suara dari berbagai permukaan ruangan. Ada tiga jenis mode dalam sebuah ruangan yaitu aksial, tangensial, dan miring. Mode aksial adalah yang terkuat dan seringkali, menjadi perhatian utama. Mode ruang tangensial dan miring memiliki dampak yang lebih kecil. Kombinasi mode tangensial dan miring dapat menyebabkan masalah sebanyak mode aksial.

Puncak dan penurunan (dip) pada tanggapan frekuensi bisa disebabkan oleh mode ruangan. Ketika dua atau lebih gelombang bertemu dan berada dalam fase yang sama pada frekuensi tertentu, akan mendapat respon puncak. Ketika bertemu dan berada di luar fase, terjadi cancel dan berakhir dengan penurunan respon pada frekuensi tertentu.

Solusi Artcoustic

Artcoustic memberikan solusi yang tepat sasaran pada setiap permasalahan ruangan. Penanganan mode ruang yang terjadi pada frekuensi rendah sampai wilayah frekuensi tengah dapat dilakukan Bass Trap Corner, QRD dan PRD. Sedangkan untuk penanganan masalah pada frekuensi menengah sampai tinggi, jagoan produk ini adalah BAD Panel, Sinewave panel dan Slide Absorber.
Produk-produk Artcoustic

Jangan sampai salah memilih penanganan yang terbaik bagi ruangan. Setidaknya referensi dari media daring dan konsultasi dengan sang ahli bisa memberikan wawasan menangani masalah pada ruangan akustik.
Share:

Follow by Email