Gojek Optimalkan Aplikasi GoBiz dengan Inovasi Daftar Mandiri Gojek Optimalkan Aplikasi GoBiz dengan Inovasi Daftar Mandiri ~ Teknogav.com

Gojek Optimalkan Aplikasi GoBiz dengan Inovasi Daftar Mandiri


Teknogav.com - GoBiz adalah aplikasi bagi para mitra usaha Gojek segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan ekosistem bisnis Gojek. Aplikasi diluncurkan sejak tahun 2018 untuk mendukung UMKM menerima pembayaran nontunai, mengembangkan usaha dan menjalankan operasional dengan efisien. Nah, demi memudahkan lebih banyak UMKM untuk bergabung, kini aplikasi ini dilengkapi inovasi Daftar Mandiri. Fitur ini memudahkan UMKM untuk mengecek pendaftaran dan me lakukan aktivasi akun usaha secara mandiri.

Inovasi Daftar mandiri pada GoBiz merupakan kelanjutan inisiatif #MelajuBersamaGojek yaitu solusi inklusif dan komprehensif dari Gojek untuk mendigitalkan UMKM. Inisiatif ini mendukung program pemerintah mendigitalkan 10 juta UMKM sampai akhir tahun 2020. Lebih dari 90% mitra usaha Gojek merasa terbantu dengan teknologi yang tersedia di ekosistem Gojek untuk bertahan di masa pandemi. Selama periodeo Maret-Agustus 2020, Gojek berhasil mempercepat digitalisasi UMKM dengan bergabungnya 265 ribu UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood.

“GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital. Di tengah masa yang penuh tantangan, UMKM memiliki kebutuhan untuk segera melakukan transformasi digital di tengah pemberlakuan kembali PSBB. Kami percaya, kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya. Di aplikasi GoBiz terbaru, UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri,” ucap Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business Gojek.

Fitur Daftar Mandiri bisa digunakan untuk mendaftar, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri. UMKM pun bisa lebih mudah dan aman dalam melakukan proses digitalisasi. Eka Sopian, pemilik Ayam Si Jagur Sambel Ngejelegur pun berbagi pengalaman dalam menggunakan GoBiz untuk mengembangkan bisnisnya. Usaha kuliner Eka dimulai dari warung sederhana dan mernjadi mitra GoFood. Kini Eka sudah memiliki empat cabang usaha dalam waktu kurang dari tiga tahun.

“Sebagai pengusaha kuliner, GoBiz adalah aplikasi andalan saya karena aplikasi ini punya semua solusi yang saya butuhkan. Fitur GoBiz andalan saya adalah fungsi pencatatan dan rekap otomatis transaksi di warung. Layanan otomatisasi ini cepat dan efisien, serta sangat membantu sejak usaha saya masih minim jumlah karyawan. Saya juga rutin membuat promosi mandiri setiap bulan dan mengikuti periode promo GoFood untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Hal ini sangat mudah dilakukan dengan adanya aplikasi GoBiz dalam genggaman,” ucap Eka.

Kemudahan yang disajikan aplikasi GoBiz bagi mitra usaha untuk menjalankan operasional dan mengembangkan bisnis adalah sebagai berikut:

Kemudahan Pengembangan Usaha: 


  1. Memperluas pasar dengan GoFood
  2. Fleksibilitas pembayaran nontunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS
  3. Pengaturan promosi secara mandiri
  4. Pengajuan modal usaha

Kemudahan Operasional Bisnis:


  1. Pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi
  2. Manajemen resto didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS).

UMKM dapat bergabung dengan ekosistem Gojek hanya dengan mengunduh aplikasi GoBiz melalui Google Play Store. Kemudian isi formulir pendaftaran online yang mencakup informasi identitas pemilik, bank, usaha, dan area operasional. Jika ada data yang kurang lengkap, tim verifikasi akan kembali menghubungi pendaftar. Ketika pendaftar lolos verifikasi dan melakukan konfirmasi ulang, maka akun akan aktif dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.


GoBiz Dukung UMKM Kembangkan Usaha

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pun mengakui keberhasilan Gojek mendukung mitra usaha selama pandemi. Hal ini dituangkan dalam riset berjudul “Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”. Hasil riset menyebut bahwa aplikasi GoBiz paling membantu mitra usaha dalam menjelankan bisnis selama pandemi. Hal ini dilakukan melalui program pengaturan promosi sendiri (68%), layanan pembayaran GoPay (39%) dan layanan pengantaran Gojek (33%).

UMKM pun mudah mengembangkan usaha dengan menggunakan fitur pengaturan promosi sendiri dan membantu operasional usaha dengan transaksi pembayaran nontunai. Sejak diluncurkan tahun 2018, aplikasi GoBiz telah membantu lebih dari 600 ribu mitra usaha sektor kuliner, ritel dan berbagai sektor lain. Mereka mendapat akses untuk terhubung dengan lebih dari 170 juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email