Nutanix Hadirkan Karbon Platform Services, PaaS Multicloud Berbasis Kubernetes Nutanix Hadirkan Karbon Platform Services, PaaS Multicloud Berbasis Kubernetes ~ Teknogav.com

Nutanix Hadirkan Karbon Platform Services, PaaS Multicloud Berbasis Kubernetes


Teknogav.com - Nutanix kini menghadirkan Karbon Platform Services yang merupakan Platform-as-a-Service (PaaS) multicloud berbasis Kubernetes dengan keamanan otomatis. Keamanan otomatis ini dikelola oleh sistem (automated system-managed security). Keberadaan platform ini memungkinkan penyediaan dan pengoperasian aplikasi-aplikasi berbasis kontainer lintas cloud makin cepat. Nutanix kini dapat memperluas penawarannya untuk mempercepat perjalanan cloud native perusahaan dengan Karbon Platform Services ini.

Solusi ini memberikan pengalaman menggunakan layanan terkelola (managed-services) siap pakai secara on-premise, public cloud dan edge bagi para pengembang software. Pengembang software bisa membangun dan menjalankan aplikasi cloud native yang mampu memisahkan aplikasi dari infrastruktur dasarnya dengan Karbon Platform Services. Platform tersebut menyediakan pengelolaan lifecycle aplikasi dan framework keamanan yang disederhanakan dan konsisten.

Kendala dalam memaksimalkan kemampuan para pengembang software dan kegesitan proses DevOps, biasa dihadapi perusahaan yang ingin memanfaatkan inisiatif digital. Pesatnya perkembangan Kubernetes dan ekosistem teknologi cloud-native yang menyertainya menyulitkan penerapan tanpa sumber daya teknis yang layak. Perusahaan dan organisasi harus bisa menerapkan Kubernetes secara on-premise dan di public cloud tanpa mengurangi kemampuan pengelolaan data dan aplikasi.

Pemanfaatan sumber daya TI pun harus bisa dikelola dengan efektif dan sederhana, karena mereka merupakan penggerak perusahaan-perusahaan digital. Jumlah aplikasi makin bertambah seiring dengan perkembangan perusahaan dan pengadopsian hybrid cloud, kebutuhan teknis pun meningkat.

“Kami ingin menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi dengan Karbon Platform Services. Hubungan antara TI dan tim pengembangan pun bisa disederhanakan untuk mendukung strategi DevOps pelanggan kami,” ucap Rajiv Mirani, CTO di Nutanix.


Manfaat Karbon Platform Services dalam Pengembangan Aplikasi

Karbon Platform Services  membantu perancang software dalam menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi tanpa harus mengelola infrastruktur dasarnya. PaaS cloud native ini dibekali kemampuan mengelola lifecycle Kubernetes inti yang awalnya diperkenalkan sebagai Karbon (komponen terintegrasi software Nutanix HCI). Keamanan solusi ini pun otomatis dikelola sistem. Selain itu tersedia juga multi-tenancy yang menjalankan berbagai aplikasi berbasis microservices di berbagai infrastruktur cloud.

“Kami mencari platform PaaS tunggal untuk dijadikan host pada Reflex dan Vision Insights kami secara edge dan private cloud. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan arsitektur terdistribusi dan mendukung pengembangan software dan machine learning di public cloud. Karbon Platform Services memberikan kelengkapan layanan yang dibutuhkan dari solusi PaaS, serta kesederhanaan dan kemudahan manajemen ala Nutanix. Hal ini pun berlaku di berbagai lingkungan cloud. Penerapan Karbon Platform Services memungkinkan kami mengembangkan Vision Insights,” ucap  Damien Pasquinelli, CTO di Hardis Group.

Tim DevOps Hardis Group dapat mempersingkat waktu pengembangan dari nol sampai menjadi prototipe kurang dari seperempat waktu yang dibutuhkan sebelumnya. Software yang dijalankan di Karbon Platform Services ini sudah diproduksi untuk Schneider Electric, spesialis global manajemen energi dan otomatisasi. Berikut ini adalah keunggulan utama Karbon Platform Services.

Rich Managed Services

Pengembangan dan penerapan aplikasi bisa lebih cepat, dari containerized applications yang sederhana sampai aplikasi skala web yang rumit. Hal ini dilakukan menggunakan open abstraction yang sederhana dari berbagai layanan. Karbon Platform Services mencakup AI, Containers-as-a-Services (CaaS),  ingress, layanan keamanan,  managed Kubernetes (K8s-aaS), observisbility dan service mesh.

SaaS-based Multicloud Operations

Apa pun cloud yang mendasari, tim operasional dapat memanfaatkan penyederhanaan kegiatan operasional, aplikasi dan data seragam, serta pengelolaan lifecycle keamanan. Hal ini dilakukan menggunakan pengelola lifecycle infrastruktur berbasis SaaS. Kelengkapan layanan platform ini memungkinkan untuk cukup menulis aplikasi sekali untuk dijalankan di cloud menggunakan pengelola lifecycle aplikasi berbasis SaaS tersebut.

Extensible Hybrid PaaS

Mobilitas data lintas cloud dan manajemen aplikasi hybrid disediakan oleh Karbon Platform Services. Hal ini dilakukan dengan antarmuka data yang bisa diperluas, pipeline data yang transparan dan WAN yang dioptimalkan. Perusahaan-perusahaan bisa lebih fleksibel menghadirkan layanan mereka sendiri dan memanfaatkan ekosistem Kubernetes yang lebih luas.

Enhanced Security Posture

Karbon Platform Services memungkinkan tim operasional TI memanfaatkan model keamanan dan API yang konsisten. Hal ini dilakukan dengan pengamatan data dan aplikasi yang terpadu di seluruh cloud. Keamanan otomatis yang dikelola sistem tersedia dengan multi-tenancy dan role-based access control (RBAC) yang sudah built-in, sehingga layanan lebih lengkap.

Kompleksnya Kubernetes dan pengelolaan infrastruktur multi-cloud berisiko membebani tim operasi TI. Ketersediaan sumber daya dan tool bagi para pengembang aplikasi modern pun bisa lebih terbatas. Nutanix menghadirkan Karbon Platform Services untuk menyederhanakan kompleksitas infrastruktur. Kubernetes yang sudah terkelola dalam lingkungan PaaS, kontainer dan sejumlah layanan penting bagi developer disajikan Karbon Platform Services. Semuanya dihadirkan dalam lingkungan PaaS yang mudah dan siap pakai.

“Berdasarkan survei kami, 70% pelanggan lebih memilih gabungan public cloud dan pusat data privat untuk aplikasi dalam kontainer. Fleksibilitas Karbon Platform Services dapat memenuhi keinginan tersebut. Selain itu juga karena adanya control panel global dan manajemen multi-cloud yang sederhana,” ucap Bob Laliberte, Practice Director & Senior Analyst di ESG Research.

Karbon Platform Services ini sudah tersedia bagi pelanggan dan dapat disimak lebih lanjut pada tautan ini. Nutanix juga mengumumkan Xi Calm, yaitu manajemen aplikasi dan solusi orkestrasi untuk mendukung tim DevOps versi hosted yang sedang dikembangkan.
Share:

Artikel Terkini