Nutanix Tingkatkan Kemampuan HCI dengan Kinerja 50% Lebih Cepat Nutanix Tingkatkan Kemampuan HCI dengan Kinerja 50% Lebih Cepat ~ Teknogav.com

Nutanix Tingkatkan Kemampuan HCI dengan Kinerja 50% Lebih Cepat


Teknogav.com - Pada ajang konferensi .NEXT yang digelar 9 September 2020, Nutanix juga mengumumkan kemampuan-kemampuan tambahan pada hyperconverged infrastructure (HCI) yang inovatif. Inovasi-inovasi baru ini memberikan kinerja 50% lebih cepat dan kemampuan jaringan virtual native yang menyederhanakan penerapan multi-cloud. Selain itu juga memberikan kemampuan otomatisasi dan budgeting untuk sumber daya cloud dan pemantauan keamanan menyeluruh untuk mendukung strategi zero-trust. Berbagai inovasi tersebut signifikan untuk data center dan pasar cloud.

Perusahaan atau organisasi pun bisa melakukan modernisasi TI yang sesungguhnya berkat standar inovasi yang ditetapkan Nutanix ini. HCI merupakan standar dalam memberdayakan private cloud modern. Pasar HCI pun tumbuh sangat pesat, Nutanix terdepan di pasar tersebut dengan lebih dari 17 ribu pelanggan. Hal ini berkat kesederhanaan, skalabilitas, resiliensi dan keamanannya. Nutanix pun berkomitmen untuk terus berinovasi demi memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat.

Nutanix juga meraih gelar terdepan dalam The Forrester Wave: Hyperconverged Infrastructure di kuartal ketiga tahun 2020. Pada laporan The Forrester dinyatakan bahwa Nutanix memantapkan posisinya di puncak market HCI. Prestasi tersebut diraih berkat inovasi, investasi R&D, momentum sales, kemitraan dan akuisisi pelanggan baru dari semua segmen dan geografi. Nutanix memiliki roadmap lini produk yang jelas dan mengesankan. Skor tertinggi diraih Nutanix dalam tiga kategori, yaitu penawaran terkini, strategi dan eksistensi di pasar. Berikut ini adalah beberapa manfaat tambahan berkat peningkatan terkini pada HCI.


Kinerja 50% Lebih Cepat

Peningkatan arsitektur HCI Nutanix mencakup SSD berbasis NVME dan Intel Optane SSD yang menurunkan latensi. Pada beban kerja I/O yang intensif, seperti database yang besar dan aplikasi kesehatan berskala bisa dapat ditangani dengan kinerja yang 50% lebih cepat. Densitas Virtual Machine (VM) juga meningkat sehingga menurunkan total cost of ownership (TCO) di semua aplikasi.

Media penyimpanan dapat dikelola secara mandiri menggunakan teknologi Blockstore yang lebih efisien dibandingkan sistem file tradisional. Software HCI pun mendukung Storage Performance Development Kit (SPDK) yang saat ini tersedia sebagai preview teknologi, yaitu open source library. Library yang dikembangkan Intel ini memungkinkan NVMe dapat diakses langsung aplikasi dan mengindari overhead di level sistem operasi atau kernel. Kinerja beban kerja pun bisa dipicu lebih cepat lagi berkat Blockstore dan SPDK ini.

“Kami berkolaborasi dengan Nutanix untuk mengintegrasikan teknologi terbaru dan terbesar dari Intel pada software stack dari Nutanix. Peningkatan kinerja oleh Nutanix melengkapi ultra low latency teknologi Intel® Optane™ dan teknologi storage NVMe dengan bandwith tinggi Intel. Hal ini akan menghadirkan solusi HCI bersama yang dibutuhkan pelanggan untuk mendukung aplikasi mereka yang paling intensif. Mereka pun lebih siap berinovasi dan mengembangkan model-model bisnis baru,” ucap Chris Tobias, General Manager, Optane Solutions Division  Intel.

Penyederhanaan Zero-Trust Security

Kebijakan pengendalian yang bersifat granular di jaringan, kemampuan memantau dan membarui pengendalian secara real-time dibutuhkan pada strategi zero-trut.  Nutanix menangani kebutuhan tersebut dengan Flow Security Central, yaitu management plane berbasis SaaS yang terpusat. Layanan tersebut akan memantau tata kelola, visibilitas jaringan dan operasional keamanan di private cloud dan public cloud yang diberdayakan Nutanix.

Nutanix menyediakan Security Central dengan menghadirkan suatu hub bagi operasional keamanan. Seluruh fitur keamanan solusi Nutanix dapat diakses untuk menghasilkan rekomendasi rinci tata kelola lingkungan dan visibilitas jaringan. Pelanggan juga bisa mengakses konteks yang dibutuhkan untuk mengamankan jaringan cloud dan aplikasi dari fitur keamanan tersebut. Tersedia juga fitur keamanan baru yang sedang dikembangkan untuk memperkuat strategi Zero-Trust. Fitur-fitur tersebut mencakup sebagai berikut:
  • ekstensi ke native key manager dan data encryption Nutanix untuk menghadirkan lingkungan yang lebih simpel dan aman bagi penerapan edge dan ROBO
  • dukungan AHV untuk Virtualization-based Security (VBS) dari Microsoft dan Credential Guard yang membantu melindungi desktop Windows VDI dari serangan memori yang besar
  • Sertifikasi keamanan terbaru, termasuk sertifikasi FIPS 140-2 terkini, penerimaan pemerintah terhadap semua evaluasi Common Criteria, dan pengujian untuk bisa terdaftar di DoDIN Approved Products List (APL).

Penyederhanaan Cloud untuk Virtual Networking

Kemampuan jaringan virtual baru di Nutanix Flow yang terintegrasi secara native ke dalam software stack Nutanix HCI juga sedang dikembangkan. Flow Networking akan menyederhanakan tugas dalam membuat, mengisolasi dan mengelola jaringan berbasis perangkat lunak  Jaringan tersebut akan menghubungkkan aplikasi pada pusat data dan lingkungan public cloud. Penerapan hybrid dan multi-cloud tersebut pun bisa diterapkan berakat penyederhanaan jaringan yang signifikan.
Teknologi virtual-private-cloud (VPC) merupakan hasil investasi tahunan dalan Nutanix XI Cloud dan pemberdayaan slousi berbasis cloud Nutanix. Integrasi teknologi VPC dengan virtualisasi AHV memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan untuk membatasi berbagai cloud. VPC menggabungkan fitur-fitur canggih dan mendukung tim DevOps melalui jaringan yang lincah atau agile Penyediaan aplikasi baru di bebagai lingkungan pun bisa dilakukan otomatis dan cepat.

Applications Insight dan Otomatisasi

Manajemen operasional pun ditingkatkan Nutanix agar bisa lebih baik melayani tim TI dan pengembang aplikasi. Pada edisi terbaru Prism Ultimate, terdapat tambahan insight aplikasi canggih dan otomasi untuk menangani berbagai bottleneck dalam infrastruktur aplikasi. Edisi tersebut juga menawarkan visibilitas penggunaan sumber daya TI di cloud untuk menghemat biaya TI dan keakuratan anggaran.

Lingkungan non-Nutanix pun bisa dipantau menggunakan Nutanix Prism, termasuk virtualisasi stack yang populer. Pada pelanggan Nutanix bisa menggunakan satu panel kaca untuk mengubah seluruh infrastruktur meeka, termasuk linkungan infrastruktur paling lama.
contoh dashboard
“Para engineer dan arsitek kami membangun fondasi arsitektur hybrid untuk menjalankan berbagai aplikasi mereka dan mengelola pertumbuhan volume data. Hal ini kini semakin penting ketika TI kian memainkan peranan yang lebih strategis. Nutanix berinvestasi signifikan dalam R&D untuk meningkatkan software stack utama sehingga membantu transisi pelanggan ke model operasi hybrid dan multi-cloud. Berbagai kemampuan baru ini memperkuat kinerja dan keandalan software kami, sehingga memperluas perjalanan kami di bidang jaringan, keamanan, kinerja dan otomatisasi,” ucap Rajiv Mirani, Chief Technology Officer Nutanix.
Share:

Follow by Email