Terus Dukung Teknologi 5G, MediaTek Paparkan Jajaran Lini Produknya Terus Dukung Teknologi 5G, MediaTek Paparkan Jajaran Lini Produknya ~ Teknogav.com

Terus Dukung Teknologi 5G, MediaTek Paparkan Jajaran Lini Produknya


Teknogav.com - Pada 8 September 2020, MediaTek memberikan update per kuartal mengenai perkembangan teknologi dan produk-produk besutannya. Acara ini digelar secara bergiliran untuk media di beberapa negara di Asia Tenggara. Narasumbernya adalah Chin Lin Low, Technical Account Manager MediaTek Asia Pasifik dan Sui Yen Pang, Country Manager MediaTek Indonesia. Topik yang dibahas mencakup perkembangan teknologi 5G terkini di Asia Tenggara, kemitraan MediaTek dengan perusahaan-perusahaan global, produk-produk dan prestasi MediaTek.

Perkembangan teknologi 5G dipaparkan oleh Chin Lin Low, mulai dari chipset modem 5G MediaTek pertama sampai status terkini. MediaTek mengungkap chipset modem 5G pertamanya, Helio M70 pada tahun 2018. Kemudian pada tahun 2019 berkolaborasi dengan para produsen perangkat dan perusahaan pengimplementasian infrastruktur telekomunikasi untuk memicu inovasi smartphone 5G. Di tahun yang sama, Johan Johansson yang merupakan Senior Standards Specialist di MediaTek terpilih untuk memimpin 3GPP RAN2 Working Group. Di akhir tahun 2019, chipset 5G tingkat lanjutan Dimensity tampil secara perdana.

Chin Lin Low, Technical Account Manager MediaTek Asia Pasifik
Sui Yen Pang melanjutkan presentasi dengan memaparkan kemitraan MediaTek bersama perusahaan-perusahaan global dan produk-produk MediaTek yang sudah diperkenalkan. Di awal tahun 2020, MediaTek berkolaborasi dengan OPPO dan Ericsson untuk menghadirkan Voice over 5G New Radio (VoNR) dan panggilan video. Kolaborasi ini menghadirkan pengalaman ponsel 5G berkualitas tinggi semakin menjadi nyata. Di pertengahan tahun 2020, MediaTek bermitra dengan Vodafone, Ericsson dan OPPO untuk mendemonstrasikan Network Slicing pada jaringan 5G Stand Alone di Inggris.
Sui Yen Pang, Country Manager MediaTek Indonesian

Perkembangan 5G di Indonesia

Operator-operator telekomunikasi di Indonesia, sudah banyak yang melakukan pengujian teknologi 5G beserta dengan pengaplikasiannya. Telkomsel sudah melakukan pengujian 5G di ajang Asian Games 2018. Sementara itu demo 5G dan 3D Augmented Reality sebagai penerapan teknologi 5G pun digelar oleh Indosat Ooredoo. XL Axiata juga sudah membangun jaringan optik generasi mendatang untuk 5G dan jaringan transportasi yang didukung teknologi 5G. Tak ketinggalan Smartfren pun sudah mulai melakukan pengujian teknologi 5G di semester pertama tahun 2019.

Beralih ke semester kedua tahun 2019, Telkomsel membangun jaringan inti NFVI untuk mendukung peluncuran 5G. XL Axiata pun telah selesai melakukan uji coba 5G ketiga mereka. Teknologi 5G FWA dipandang XL Axiata sebagai pengganti jaringan serat optik. Nokia dan Tri pun telah usai melakukan pengujian jaringan 5G mmWave di Indonesia.

Pemerintah pun turut berperan dalam implementasi teknologi 5G dengan memperjuangkan kapasitas frekuensi 2,047 MHz di tahun 2024. Langkah ini dilakukan untuk mengoptimalkan jaringan 4G dan mempersiapkan ekspansi ke 5G.
XL Axiata sudah menandatangani kesepakatan dengan Ericsson untuk mengoptimalkan jaringan 4G dan mempersiapkan ekspansi perusahaan ke teknologi 5G ready. Smartfren pun optimistik mengenai lelang frekuensi 2,3 GHz yang bisa menjadi pertanda peluncuran 5G.

Teknologi 5G dari MediaTek

Perkembangan teknologi 5G terus berlanjut, pada semester pertama tahun 2020. MediaTek bersama Inmarsat menggelar pengujian koneksi data IoT satelit 5G pertama secara publik yang pertama di dunia. Uji coba dilakukan pada chipset Narrowband (NB)-IoT dari MediaTek menggunakan satelit Alphasat milik Inmarsat. Teknologi satelit 5G NB-IoT memungkinkan layanan 5G IoT pada skala global. Selain itu juga MediaTek bekerja sama dengan Intel mendukung konektivitas 5G untuk PC menggunakan modem T700. Laptop pertama yang akan menghadirkan solusi modem 5G MediaTek dan Intel ini akan diluncurkan pada awal tahun 2021.

Produk-produk MediaTek

Dari segi modem 5G, berikut ini adalah beberapa keunggulannya, yaitu:
  • 5G 2CC CA yang merupakan fitur penting di tahun 2020 dan selanjutnya. MediaTek juga merupakan yang terdepan dalam hal chipset 5G yang mendukung 5G 2CC CA (Sub-6 GHz). Peningkatan jangkauan 5G berkecepatan tinggi fitur ini adalah sebesar 30%.
  • MediaTek 5G UltraSave merupakan modem hemat daya dengan algoritma pintar yang akan menyesuaikan konfigurasi daya secara dinamis. Selanjutnya algoritma ini menggunakan frekuensi operasi berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data.
kinerja efisiensi daya 5G dengan MediaTek 5G Ultrasave

Pada kuartal dua dan kuartal tiga tahun 2020, MediaTek meluncurkan chipset lini Helio G dan MediaTek Dimensity. Chipset MediaTek Helio G merupakan chipset untuk smartphone gaming 4G. Jajaran chipset Helio G yang diluncurkan tahun 2020 adalah G35, G25 dan G95. Sedangkan untuk smartphone 5G, jajaran chipset Dimensity yang diluncurkan tahun 2020 adalah 1000, 820, 800, 800U dan 720. Berikut ini adalah spesifikasi masing-masing chipset dan smartphone yang menggunakan chipset tersebut.

Spesifikasi MediaTek Helio G95 dan G90T
Spesifikasi MediaTek G35 dan G25
jajaran smartphone dengan chopset MediaTek G25 dan G35
Spesifikasi jajaran chipset MediaTek Dimensity
jajaran smartphone yang menggunakan chipset MediaTek Dimensity
Chipset lini Dimensity tersebut dibuat MediaTek untuk mendukung inovasi industri dan memungkinkan konsumen membuka kesempatan dari konektivitas 5G. MediaTek Dimensity 1000+ telah mencetak prestasi dengan peringkat kinerja tertinggi menggunakan benchmark ETH Zurich AI.

Khusus untuk pasar Indonesia, MediaTek juga menghadirkan Smart Speaker MT8516 dan Tablet Pendidikan (MT8735/65). Demikianlah beberapa update terkini dari MediaTek yang sudah mentenagai lebih dari 1,5 miliar perangkat setiap tahun.
Produk-produk khusus untuk Indonesia yang didukung chipset MediaTek
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email