Garmin Forerunner 745, Smartwatch untuk Pelari Profesional dan Atlet Pemula Garmin Forerunner 745, Smartwatch untuk Pelari Profesional dan Atlet Pemula ~ Teknogav.com

Garmin Forerunner 745, Smartwatch untuk Pelari Profesional dan Atlet Pemula


Teknogav.com - Forerunner 745 adalah smartwatch GPS terkini besutan Garmin yang ditujukan bagi pelari profesional dan atlet triathlon pemula. Smartwatch ini dapat memantau data dengan rinci, memberikan berbagai latihan langsung dan fitur-fitur lain. Desain Forerunner 745 minimalis dengan banyak pilihan warna bagi pengguna yang memiliki lingkar pergelangan tangan kecil. Bobot smartwatch ini hanya 47 gram, saking ringannya bagai tak mengenakan smartwatch, sehingga bisa lebih fokus meningkatkan kinerja saat berolahraga.

Smartwatch ini dapat menjadi pendaming olahraga yang pas, baik untuk lari, bersepeda, atau berenang. Cukup tekan satu tombol untuk beralih dari satu kegiatan ke kegiatan lain ketika berlomba ataupun berlatih. Tersedia puluhan profil kegiatan bawaah yang mencakup lari di lintasan, berenang, triathlon dan masih banyak lagi. Para atlet dapat terbantu dalam mencapai tujuan mereka dengan memantau statistik dan menganalisa data.

“Desain ringkas Forerunner 745 memudahkan latihan, melacak setiap langkah saat lari, perjalanan saat bersepeda dan jarak tempuh saat berenang. Smartwatch ini menggabungkan alat pemantau kinerja yang bisa diandalkan,” ucap Scoppern Lin, Direktur Garmin Asia.

Fitur-fitur Pendamping Berolahraga

Forerunner 745 mampu memperbarui fitur penganjuran waktu pemulihan, pemantau kesehatan dan berbagai rekomendasi latihan harian baru. Pemantauan performa kesehatan mencakup VO2 max, beban latihan, status latihan, efek pelatihan aerobik dan anaerobik dari Firstbeat Analytics.

Forerunner 745 digunakan untuk latihan lari dan bersepeda
Berdasarkan data VO2 dan beban latihan tersebut, para atlet akan menerima rekomendasi latihan lari dan bersepeda langsung di smartwatch. Gabungan fitur-fitur tersebut membantu para pelari dan atlet triathlon pemula melampaui kemampuan terbaik mereka.

Forerunner 745 juga menjelaskan berbagai faktor lain yang mencakup tingkat stres harian, kegiatan sehari-hari, kualitas tidur dan penyesuaian waktu pemulihan. Gambaran rinci kualitas tidur dan altitude acclimation bisa diperoleh dari sensor Pulse Ox di pergelangan tangan. Tentunya fitur tersebut mempermudah atlet untuk berlatih maksimal.

Smartwatch ini kompatibel dengan Running Dynamics Pod dan Chest Heart Rate Monitor. Penggunaan alat tersebut memungkinkan memperoleh data lebih mendalam dengan melihat keenam metrik lari langsung di smartwatch. Metrik tersebut mencakup kecepatan langkah per menit, panjang langkah per meter dan lain-lain.
Forerunner 745 digunakan untuk berenang
Saat bersepeda dan berenang, Forerunner 745 akan membantu latihan dengan dinamika canggih. Data bersepeda yang bisa dilacak mencakup keseimbangan kiri dan kanan, platform center offset, posisi duduk dan berdiri, serta power phase. Sementara saat berenang bisa melacak jarak, kayuhan, kecepatan, rekor pribadi dan lain-lain.

Fitur recovery time advisor siap memberitahu waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat sebelum sesi latihan internsif berdasarkan tingkat kesulitan latihan. Waktu terbaik untuk melakukan kegiatan dan beristirahat bisa ditentukan dengan memantau energi menggunakan Body Battery. Kaum wanita pun bisa melacak siklus menstruasi dan menyesuaikan latihan berdasarkan periode menstruasi untuk memaksimalkan perencanaan latihan.


Sinkronisasi Latihan dan Aplikasi

Berbagai data olahraga indoor maupun outdoor bisa disinkronisasikan otomatis dengan Garmin Connect atau aplikasi lain seperti TrainerRoad dan Training Peaks. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Garmin Coach secara gratis untuk perencanaan latihan berdasarkan tujuan dan kemampuan. Aplikasi ini memungkinkan untuk berlatih lari 5K, 10K atau setengah maraton dibimbing dan dimotivasi tiga pelatih lari. Ketiga pelatih tersebut adalah AMy Parkerson-Mitchell, Greg McMillan dan Jeff Galloway.

Garmin Connect juga menyediakan course creator untuk merencanakan latihan atau mengunggah rute lari atau bersepeda. Informasi rute jalan utama, jalan setapak atau pegunungan terbaik disajikan oleh Trendline popularity yang merupakan penyedia rute populer. Rute terbaik tersebut diberikan berdasarkan akumulasi rute terbanyak yang dilalui pelari dan pengendara sepeda. Rute yang akan disinkronkan ke Forerunner 745 pun bisa dibuat langsung menggunakan platform seperti Komoot dan Strava.

Bagi yang senang mendengarkan musik bisa mendengarkannya langsung dari smartwatch tanpa menggunakan smartphone. Ini berkat kemampuan Forerunner 745 menyimpan lebih dari 500 lagu dan akses untuk mensinkronisasi playlist dari layanan streaming musik. Sinkronisasi dapat dilakukan dari Amazon Music, Deezer dan Spotify, atau transfer dari komputer.

Atlet bisa tetap terhubung saat berlatih berkat kemampuan Forerunner 745 menerima pesan tertulis, notifikasi media sosial, email dan lain-lain. Fitur keselamatan dan pelacakan bawaan dari smartwatch ini mencakup bantuan, deteksi insiden, dan Live Track.  Selesai berlatih, Forerunner 745 mengunggah kegiatan ke Garmin Connect secara otomatis.

Daya Tahan Baterai

Ketika sedang menggunakan mode smart smartwatch, baterai Forerunner 745 mampu bertahan sampai satu minggu. Sementara dalam mode GPS bisa bertahan 16 jam dan saat menggabungkan mode GPS dengan musik bisa bertahan sampai 6 jam.

Harga dan Ketersediaan

Pilihan warna yang tersedia pada Forerunner 745 adalah hitam, neo tropic, red magma atau whitestone. Tersedia garansi dua tahun dari TAM untuk setiap pembelian smartwatch tersebut.

Smartwatch ini sudah bisa dipesan secara pre-order selama periode 25 September sampai 4 Oktober secara offline dan online. Harga yang dibanderol adalah Rp7.999.000. Pre-order offline dapat dilakukan di Garmin Store dan Urban Republic. Sementara untuk pembelian secara online dapat dilakukan di e-commerce berikut ini:
https://invol.co/clvfba
Blibli
Shopee
Tokopedia
Eraspace

Tersedia diskon tambahan sampai Rp600 ribu dengan cicilan 0% menggunakan kartu kredit BCA, CIMB, Mandiri, dan Permata Bank. Seluruh pembelian Forerunner 745 akan hadir dengan jaminan garansi 2 tahun dari TAM.
Share:

Artikel Terkini