Tips Kaspersky Agar Tetap Aman Berbagi Layanan Streaming Tips Kaspersky Agar Tetap Aman Berbagi Layanan Streaming ~ Teknogav.com

Tips Kaspersky Agar Tetap Aman Berbagi Layanan Streaming


Teknogav.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat beralih ke layanan digital untuk melakukan kegiatan dan mencari hiburan. Kesadaran orang mengenai keamanan dalam penggunaan internet pun semakin meningkat, sehingga mempengaruhi keputusan untuk berbagi akun platform hiburan. Kaspersky baru-baru ini merilis laporan mengenai cara membangun zona nyaman digital dan juga memberikan tips menjaga keamanan berbagi layanan streaming.

Laporan Kaspersky tersebut berjudul “More Connected Than Ever Before: How We Build Our Digital Comfort Zones”. Hasil survei di dalam laporan tersebut mengungkapkan bahwa 46% responden nyaman untuk berbagi layanan streaming akun mereka dengan rekan serumah. Kendati demikian, sekitar 32% masih meragukan keamanan akun rekan serumah karena tak mengetahui kebiasaan digital mereka.  Sebanyak 24% responden mengkhawatirkan kebiasaan digital teman serumah akan mempengaruhi kecepatan internet sehingga berdampak pada kinerja game online.

Sekitar 33% responden mengaku berbagai layanan ritel online seperti Amazon Prime atau eBay dengan teman serumah. Dan 30% berbagi akun pengiriman makanan seperti Deliveroo dan game online berlangganan seperti Xbox Live. Kendati demikian sebagian responden meragukan keamanan saat menggunakan internet dan khawatir mempengaruhi kebiasaan digital. Sejumlah 43% pengguna mengungkapkan keprihatinannnya akan peningkatan aktivitas online melalui layanan streaming atau game.
Layanan yang paling banyak digunakan dengan berbagi paket langganan

Tinggal bersama di satu tempat akomodasi merupakan hal yang biasa dalam kehidupan modern. Banyak rumah tangga harus berbagi koneksi internet dan akses ke berbagai layanan. Pertemanan dengan teman serumah memudahkan untuk berbagi layanan online sehingga sama-sama diuntungkan. Sayangnya ada risiko menjadi target mudah ditemukan oleh orang atau sekelompok orang tak dikenal jika lengah dalam berbagi detail pribadi.

“Demi memastikan hal tersebut tak terjadi, beberapa layanan memiliki kebijakan khusus untuk menggunakan satu langganan tanpa berbagi kata sandi. Baik tinggal bersama orang lain atau tidak, kami selalu menyarankan agar perangkat dan kredensial dilindungi solusi keamanan siber yang kuat. Hal ini untuk memastikan informasi Anda tetap aman,” ucap Andrew Winton, Vice President Marketing Kaspersky.

Tips Menjaga Perangkat Digital Tetap Aman

  • Jika ada email mencurigakan atau tak dikenal, jangan klik tautan di dalamnya. Periksa keaslian pengirim dengan mengunjungi situs web resmi.
  • Jangan berbagi informasi pribadi atau memberikan akses ke akun dengan pihak ketiga kecuali jika sangat dibutuhkan. Langkah ini untuk mengurangi risiko menjadi sasaran yang mudah ditemukan di internet.
  • Kelola kata sandi dengan solusi keamanan yang kuat sepeti Kaspersky Password Manager. Solusi ini akan membuat dan memberikan perlindungan kata sandi unik di setiap akun, serta mencegah pemakaian kata sandi yang sama berulang kali.
  • Gunakan solusi keamanan Kaspersky Security Cloud, gunakan fitur pemeriksaan akun pada solusi tersebut untuk melindungi detail akun. Solusi ini juga akan memberi tahu jika ada data pribadi yang disusupi.
Pelanggan Netflix dapat berbagi paket langganannya, bahkan dengan paket Basic. Caranya cukup buat profil terpisah bagi mereka di akun Anda sampai lima orang. Jika dibutuhkan, bisa juga mengaktifkan Kids option. Secara default, hanya membutuhkan kata sandi ke akun Anda untuk bisa masuk ke semua profil tersebut. Kendati demikian, Anda bisa melindungi profil dewasa dengan kode empat digit tambahan untuk anak-anak.

Pada paket Basic, maka tak memungkinkan untuk menggunakan layanan pada beberapa perangkat secara serentak, jadi harus begiliran. Tetapi Anda bisa mengunduh film dan menampilkannya pada satu gawai saja. Sementara untuk paket Standard dan Premium, konten bisa ditonton dan diunduh pada lebih dari satu perangkat. Pada paket Standard, bisa digunakan untuk menonton dari dua layar sekaligus, sementara untuk Premium bisa empat sekaligus.

Spotify juga menawarkan paket Premium Keluarga yang memungkinkan seluruh keluarga menggunakan layanan tersebut. Tak perlu berbagi kata sandi untuk bisa berbagi paket tersebut, bahkan Spotify melarang hal ini. Anggota keluarga bisa ikut menikmati langganan dengan invitasi ke akun mereka masing-masing. Langganan Spotify ini bisa untuk berbagi dengan enam anggota keluarga yang tinggal di alamat yang sama.

Jika ingin mengetahui tips Kaspersky lebih lanjug mengenai cara berbagi langganan online, maka bisa melihat tautan ini. Kaspersky juga berbagai cara untuk melindungi kehidupan digital.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email