Tips Kirim Barang Cepat dan Super Murah via Alfatrex Tips Kirim Barang Cepat dan Super Murah via Alfatrex ~ Teknogav.com

Tips Kirim Barang Cepat dan Super Murah via Alfatrex


Teknogav.com - Jaringan peritel mini market Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, dan Indomaret kini sudah merambah ke bisnis ekspedisi atau pengiriman barang. Tentu saja ini menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk mengirim barang, apalagi gerai Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, dan Indomaret mudah ditermui. Pelanggan cukup membuat booking secara online, kemudian mencetak label pengiriman barang di paket dan mengunjungi gerai terdekat. Hal yang luar biasa tak disangka adalah tarif pengiriman yang luar biasa murah menggunaka Alfatrex. Kami pernah mencoba untuk mengirim barang dari Jakarta ke Cirebon, dan ternyata tarif yang dikenakan Alfatrex hanya Rp2500 per kg. Barang pun tiba di tujuan kurang dari 24 jam!

Sebelum melakukan pengiriman melalui gerai Alfamart, Alfa Midi dan DAN+DAN, lakukan booking terlebih dahulu melalui www.alfatrex.id atau aplikasi Alfatrex. Aplikasi Alfatrex ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Berikut ini adalah layanan yang tersedia di Alfatrex:
  • Door to Door, yaitu paket dijemput dari alamat pengirim untuk diantar ke alamat penerima
  • Store to Door, yaitu pengiriman dengan mengedrop barang di toko untuk diantar ke alamat tujuan
  • Door to Store, yaitu paket dijemput dari alamat pengirim untuk diambil di toko tujuan
  • Store to Store, yaitu pengiriman dengan mengedrop barang di toko untuk diambil di toko tujuan

pendaftaran di www.alfatrex.id
Keuntungan dari menggunakan Alfatrex adalah poin setiap melakukan pengiriman, selan itu tersedia juga diskon dan promo. Enaknya lagi tersedia fitur Simpan Alamat, sehingga tidak pelu mengetik ulang alamat jika ingin melakukan pengiriman berulang. Sebelum bisa melakukan booking pengiriman, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jangan khawatir, pendaftaran akun begitu mudah, bisa menggunakan akun Facebook, Google, atau dengan memasukkan nomor ponsel dan email. Jika melakukan pendaftaran menggunakan nomor ponsel dan alamat email, maka masukkan juga nama dan kata sandi yang akan digunakan. Bagi pemilik akun Ponta, maka bisa juga menghubungkan kartu Ponta yang dimiliki pada layanan ini.
pilihan metode booking

Nah, setelah mendaftar, mari masuk ke akun kemudian pilih menu Booking untuk membuat kode booking. Ada dua pilihan untuk melakukan Booking, yaitu Booking Kilat dan Booking Complete. Pada Booking Kilat hanya perlu memasukkan data singkat. Sedangkan pada Booking Complete harus memasukkan data lengkap dan bisa menggunakan buku alamat. Kami lebih menyarankan untuk memilih Booking Complete untuk memudahkan pengiriman dengan alamat lengkap.

Pilihan layanan yang tersedia adalah SDS, NDS, RGS dan C19, berikut ini keterangan masing-masing layanan:
  • SDS: Same Day Service, barang akan diterima maksimal di hari yang sama namun hanya berlaku di kota dan wilayah tertentu
  • NDS: Next Day Service, barang akan diterima maksimal di esok hari
  • RGS: Regular Service, barang akan diterima maksimal 7 hari kerja dengan cakupan seluruh Indonesia
  • C-19: Super Cheap-19 Service, pengiriman dengan cakupan Jawa dan Sumatera sesuai cabang Alfatrex
Menu Booking Complete
Ketika kami mencoba melakukan pengiriman dari Jakarta ke Cirebon, ternyata layanan yang tersedia hanya RGS dan C-19. Kami mencoba memilih C-19, untuk pengiriman paket 1 kg dan dimensi 28 x 20 x 10 cm. Ternyata tarifnya hanya Rp2500! Penetapan tarif tak hanya berdasarkan berat saja, tetapi juga dimensi. Jadi walau berat hanya 1 kg tetapi dimensinya cukup besar, maka akan dikenakan biaya lebih.

Setelah mengisi data, tekan lanjut untuk mendapatkan kode booking, lalu cetak label untuk ditempelkan pada paket. Pastikan untuk menyimpan atau langsung melakukan cetak label, karena ternyata data label ini tak bisa diakses kembali dari aplikasi.
label untuk ditempel pada paket
Ketika mengunjungi Alfamart, Alfamidi atau DAN+DAN, serahkan barang di kasir untuk diproses sesuai kode booking. Kasir akan memproses pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa metode. Tetapi saat kami melakukan pembayaran di Alfamidi Cibubur, mereka hanya mau menerima uang tunai. Setelah transaksi pembayaran selesai, maka kasir akan memberikan tanda bukti yang berisi AWB untuk melacak pengiriman paket. Sebenarnya tanpa pencetakan bukti pun, pelacakan dan nomor AWB mudah diperoleh dengan login dan masuk ke menu History Pengiriman.
pelacakan dengan www.alfatrex.id
Kami melakukan drop paket dengan tujuan Cirebon pada pukul 15.45 WIB di gerai Alfamidi Cibubur, Jakarta Timur. Ternyata paket tiba di alamat tujuan pukul 12.10 WIB keesokan hari, kurang dari 24 jam, padahal menggunakan layanan C-19. Penasaran dengan kecepatan pengiriman, tim Teknogav pun mencoba pengiriman yang lebih jauh yaitu Surabaya. Biaya yang dikenakan untuk layanan C-19 ternyata sedikit lebih mahal, yaitu Rp4.500. Demi bisa membandingkan kecepatan, kami pun mengedrop barang pada pukul 17.00 WIB,. Ternyata barang baru tiba di tujuan 2 hari setelah pengiriman di petang hari.
Tarif IndoPaket
Selain Alfatrex yang mengandalkan gerai Alfamart, Alfamidi dan DAN+DAN, tentu saja pesaingnya juga menawarkan layanan pengiriman paket. Gerai Indomaret pun memiliki layanan IndoPaket, sayangnya ketika kami cek tarif, selisihnya jauh lebih mahal. Pada pengiriman dengan alamat pengiriman dan tujuan yang sama, yaitu Jakarta - Cirebon, tarif yang dikenakan IndoPaket Rp14 ribu.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email