VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih ~ Teknogav.com

VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih


Teknogav.com - VMware resmi meluncurkan 5G Telco Cloud Platform pada 17 September 2020. Platform ini mendukung penyedia layanan komunikasi untuk menyediakan solusi cloud-first  yang konsisten dalam menunjang cloud native berkelas carrier berkinerja tinggi. Solusi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan inovasi berbasis teknologi 5G di Asia Tenggara untuk memfasilitasi kehadiran aplikasi-aplikasi teknologi masa depan.

Cloud native support pada 5G Telco Cloud ini diharapkan bisa mengoptimalkan kehadiran teknologi-teknologi baru di era ekonomi cloud dan mobile-first. Prediksinya pada tahun 2025, ekonomi digital di Asia Tenggara akan mencapai USD300 miliar atau sekitar Rp4.350 triliun. Berbagai perusahaan akan semakin terpacu menyelesaikan transformasi digital untuk memicu inovasi bisnis agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan ekonomi cloud.

Teknologi 5G dapat memicu pertumbuhan bisnis perusahaan karena operator telekomunikasi membutuhkan jaringan yang bisa diandalkan. Jaringan tersebut tentunya juga sudah harus didukung cloud yang dimodernisasi, karena kecepatan dan kegesitan bisnis dalam skala besar adalah kunci. Para operator telekomunikasi juga harus bisa menjaga kinerja, resiliensi dan kualitas kelas tinggi.

Penyederhanaan pada platform multi-cloud inovatif VMware dapat mempercepat adaptasi jaringan 5G. Dukungan yang diberikan platform tersebut dapat membuat operator telekomunikasi lebih fokus mendalami pemanfaatan teknologi cloud native. Aplikasi dan layanan inovatif pun bisa lebih cepat diluncurkan ke pasar, sehingga bisa memenuhi pesatnya dinamika kebutuhan pelanggan bisnis.
Sanjay K. Deshmukh, vice president dan managing director, VMware Asia Tenggara dan Korea
“VMware berkomitmen mempercepat kehadiran portofolio cloud telco dan edge mutakhir agar mampu mendukung pelanggan menghadapi tantangan-tantangan dan meraih peluang. Operator telekomunikasi dapat mempercepat inovasi dalam meluncurkan aplikasi-aplikasi layanan baru dengan dukungan teknologi cloud native pada Telco Cloud Plartform. Kompleksitas operasional dan total biaya kepemilikan pun terpangkas secara substansial. Teknologi ini mendukung percepatan penerapan jaringan 5G perusahaan sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara,” ucap  Sanjay K. Deshmukh, vice president dan managing director, VMware Asia Tenggara dan Korea.

Telco Cloud Platform

Telco Cloud Platform yang siap 5G dirancang khusus bagi operator telekomunikasi agar bisa menggali pemanfaatan teknologi cloud native lebih dalam. Mereka pun lebih mudah menghadirkan aplikasi dan layanan pada infrastruktur multi-cloud yang digunakan. Platform tersebut merupakan gabungan dari VMware Telco Cloud Infrastructure dan VMware Telco Cloud Automation. VMware Telco Cloud Infrastructure adalah evolusi di ranah solusi vCloud NFV (Network Function Virtualization). Sedangkan VMware Telco Cloud Automation merupakan kapabilitas orkestrasi dan automasi multi domain yang baru-baru ini diluncurkan.

Kini semakin banyak operator telekomunikasi yang berevolusi dari jaringan NFV ke jaringan cloud native dan dikontainerkan. Evolusi pun dilakukan VMware dengan beralih dari solusi VMware vCloud NFV ke Telco Cloud Infrastructure. Penghantaran layanan jaringan dioptimalkan dengan Telco Cloud Infrastructure tersebut. Platform yang konsisten dan terpadu mengoperasikan Virtual Network Functions (VNFs) dan Cloud Native Network Functions (CNFs) di seluruh jaringan telekomunikasi.

Serangkaian peningkatan kapabilitas yang fokus di bidang telko dukungan penerapan cloud terdistribusi melengkapi solusi ini. Skalabilitas dan kinerja tinggi bagi jutaan pengguna baik di tingkat konsumer maupun enterprise pun turut dihadirkan solusi tersebut. Operator telekomunikasi dapat menghadirkan tingkat kecepatan dan kegesitan berskala jaringan berkat serangkaian peningkatan tersebut. Hal ini juga menjjaga kinerja, resiliensi dan kualitas jaringan berkelas tinggi yang dibutuhkan perusahaan telekomunikasi.

Automasi pengelolaan lifecycle secara menyeluruh pada setiap fungsi dan layanan yang ada di jaringan dapat dilakukan teknologi VMware Telco Automation. Teknologi tersebut terintegrasi pada Telco Cloud Infrastructure sehingga menyederhanakan operasional dan mempercepat penyampaian layanan, utilisasi sumber pun lebih optimal.

Telco Cloud Automation juga mendukung automasi infrastruktur dan manajemen Container-as-a-Service (CaaS). Automasi ini meringkas proses penempatan beban kerja, sehingga mengoptimalkan alokasi sumber infrastruktur. Teknologi tersebut juga dapat menyederhanakan proses ekspansi jaringan 5G dan edge telekomunikasi melalui fitur zero-touch-provisioning (ZTP) jika membutuhkan penambahan kapasitas.

VMware Telco Cloud Automation juga mendapat dukungan  tambahan dari program Ready for Telco Cloud yang dikembangkan VMware baru-baru ini. Tujuan program ini adalah mempercepat penerapan fungsi dan layanan jaringan yang dilakukan operator telekomunikasi. Program ini dikembangkan lebih jauh oleh VMware dengan peluncuran VMware Telco Cloud Platform, sehingga mempercepat kesiapan fungsi jaringan. Fungsi-fungsi tersebut mencakup jaringan berbasis kontainer, penyesuaian beban kerja dengan VMware Cloud Native stack dan automasi proses stack tersebut.

Network Function yang disertifikasi akan lebih cepat onboard dan diterapkan pada VMware Telco Cloud Platform, sehingga mempercepat pendapatan operator telekomunikasi. Sampai saat ini lebih dari 35 mitra yang mendapatkan lebih dari 180 sertifikasi yang juga merupakan bagian dari penawaran program.

Telco Cloud Operations

VMware juga menghadirkan Telco Cloud Operations, yaitu solusi assurance yang sudah terotomatisasi dan beroperasi secara real-time. Solusi ini memantau dan mengelola kinerja secara holistik di berbagai lapis jaringan, seperti SD-WAN. Kesenjangan antara jaringan virtual dan fisik pun dapat dijembatani. Solusi ini bisa lebih cepat menyediakan insight, menghemat biaya dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Pengintegrasian solusi tersebut dengan analitik berbasis machine learning dan dashboard laporan dengan tampilan yang jelas bisa lebih proaktif menghasilkan assurance. Operator telekomunikasi bisa mendapatkan visibilitas operasi yang komprehensif pada seluruh jaringan yang dimiliki, karena juga dilengkapi Uhana dari VMware. Uhana tersebut menyediakan automasi kecerdasan pada Radio Access Networks (RANs).
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email