Layanan Subscription Tracking Adjust Sajikan Informasi Kinerja Paket Berlangganan Layanan Subscription Tracking Adjust Sajikan Informasi Kinerja Paket Berlangganan ~ Teknogav.com

Layanan Subscription Tracking Adjust Sajikan Informasi Kinerja Paket Berlangganan



Teknogav.com - Adjust meluncurkan produk terkininya, yaitu Subscription Tracking yang bisa menyediakan informasi mendalam mengenai kinerja paket berlangganan bagi pemasarnya. Hal ini dilakukan seiring beralihnya model monetisasi dengan sistem paket berlangganan. Layanan dari Adjust ini akan memudahkan perusahaan untuk mengembangkan model Lifetime Value yang akurat dan meningkatkan ROI.

Data estimasi Apptopia menunjukkan bahwa pendapatan paket berlangganan berbasis aplikasi lebih dari USD200 juta hanya di bulan Agustus. Apptopia sendiri adalah layanan mobile intelligence untuk menyusun strategi pemasaran, produk dan penjualan. Mereka mengatakan bahwa banyak orang deawasa di Amerika Serikat berencana meneruskan paket berlangganan setelah pandemi berakhir.

Dahulu perusahaan tak bisa mengakses data berlangganan yang penting, sehingga kurang memahami riwayat pengguna. Adjust bisa membantu klien untuk mengidentifikasi channel pemasaran dengan menggabungkan pengukuran paket berlangganan dengan data atribusi. Langkah ini memudahkan untuk meracik paket berlangganan yang bernilai sehingga bisa bertahan lama. Perusahaan bisa melakukan akuisisi pengguna lebi akurat dan menyelenggarakan kampanye untuk meningkatkan loyalitas atau membuat pelanggan terus memakai aplikasi.

“Pertumbuhan aplikasi berbasis paket berlangganan telah meningkat tahun ini karena pengguna menggunakan perangkat seluler untuk beragam aktivitas. Kegiatan tersebut mencakup hiburan, e-commerce sampai fitness dan keuangan. Kami senang bisa menawarkan solusi pertama di industri yang membantu pemasar seluler mengelola event dan pendapatan dari paket berlangganan konsumen,” ucap Paul H. Müller, co-founder dan CTO Adjust.

Survei Adjust

Pada periode 23-29 September 2020 lalu, Cencuswide melakukan survei atas nama Adjust menggunakan sampel nasional yang mewakili konsumen Amerika Serikat. Survei tersebut dilakukan terhadap 1003 responden yang merupakan pelanggan TV atau layanan streaming dengan rentang usia 16-60 tahun. Berikut ini adalah beberapa hasil survei tersebut:
  • Rata-rata responden menghabiskan USD20,78 per bulan untuk berlangganan aplikasi. Lebih dari 25% pelanggan milenial dan generasi Z mengaku sudah menghentikan berlangganan layanan lain untuk bisa berlangganan layanan berbasis aplikasi. Contohnya adalah berhenti menjadi anggota gym lalu mengalihkan ke aplikasi fitness. Jumlah responden yang melakukan hal tersebut sekitar 17,9%.
  • Sebanyak 46,9% responden menonton layanan streaming video melalui smartphone dan TV setiap hari selama masa physical distancing. Kegiatan tersebut sebagian besar mereka lakukan dengan memanfaatkan aplikasi berbasis langganan.
  • Responden yang memanfaatkan aplikasi berlangganan dengan biaya tertinggi paling banyak berada pada rentang usia 25-34 tahun. Pengeluaran mereka untuk berlangganan aplikasi adalah USD25,85 per bulan. Sedangkan pengeluaran untuk rentang usia di atas 55 tahun paling rendah, yaitu USD13,97 per bulan.
  • Aplikasi streaming merupakan aplikasi berbasis langganan yang paling banyak digunakan, yaitu sebanyak 30,7%. Posisi kedua ditempati oleh aplikasi game sebesar 9% dan berlangganan berita sebesar 4%.
  • Pelanggan aplikasi streaming seluler terbanyak adalah kelompok generasi Z dan milenial. Mereka bersedia berlangganan layanan streaming dan on-demand dibandingkan generasi lain. Sebanyak 57,2% kalangan milenial dan generasi Z mengaku sering menggunakan smartphone untuk menonton streaming video atau TV selama physical distancing.
  • Rata-rata pengeluaran responden untuk layanan streaming adalah USD33,58 per bulan.
  • Konsumen yang disurvei rata-rata menghabiskan $33,58 per bulan untuk layanan streaming dan hiburan on-demand. Lima layanan streaming favorit pada responden adalah Netflix, Amazon Prime, Hulu, Disney+ dan YouTube TV.

Seiring dengan semakin populernya paket berlangganan aplikasi, Adjust menyediakan pengukuran seluler untuk memberikan informasi mengenai event berlangganan. Informasi bisa diperoleh tanpa harus membuka banyak dashboard atau ribet melakukan integrasi. Layanan ini merupakan bagian dari misi perusahaan dalam meningkatkan kemudahan, kecerdasan dan keamanan pemasaran 40 ribu aplikasi mitra platform Adjust.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email