Samsung Soundbar HW-Q950T Hadirkan Surround Sound Dinamis Samsung Soundbar HW-Q950T Hadirkan Surround Sound Dinamis ~ Teknogav.com

Samsung Soundbar HW-Q950T Hadirkan Surround Sound Dinamis



Teknogav.comHome entertainment merupakan solusi hiburan yang jitu di masa pandemi COVID-19 dalam menghadapi physical distancing. Kualitas audio tentu merupakan unsur penting dalam memberikan pengalaman imersif layaknya menonton di bioskop. Soundbar merupakan salah satu alternatif untuk menghadirkan audio berkualitas mendampingi TV layar lebar beresolusi tinggi. Sensasi surround sound yang dinamis mampu dihadirkan Samsung Soundbar HW-Q950T demi memberikan pengalaman entertainment mendalam.

“Samsung menghadirkan Soundbar HW-Q950T demi menghadirkan pengalaman home entertainment yang semakin sempurna dan menyeluruh. Suara terbaik dihasilkan perangkat ini untuk mengimbangi tontonan favorit di TV. Perpaduan visual TV dan audio Soundbar HW-Q950 membuat setiap adegan terasa nyata, menghadirkan pengalaman menikmati konten yang seru. Seluruh anggota keluarga pun bisa terhibur,” ucap Liem Kwok Cek, AV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Penerapan Samsung Soundbar HW-Q950T

Fitur pada Samsung Soundbar HW-Q950T mencakup True Dolby Atmos 9.1.4 dengan speaker yang menembakkan suara ke berbagai sudut. Metode ini menyajikan sensasi audio yang bagaikan mengalir mengelilingi pengguna. Selain itu tersedia juga teknologi audio multi-dimensi Dolby Atmos dan DTS:X. Berikut ini adalah beberapa rincian fitur-fitur yang terdapat pada Soundbar HW-Q950T.

Q-Symphony

Teknologi Q-Symphony mampu mensinergikan audio dengan TV yang kompatibel dengan mengaktifkan surround sound speaker pada TV dan Soundbar secara serentak. Samsung berhasil meraih penghargaan ‘Best of Innovation’ di CES 2020 atas kemampuan teknologi Q-Symphony menghasilkan suara surround sound tersebut.

Q-Symphony dihadirkan Samsung karena adegan di layar TV tak sinkron dengan audio ketika speaker TV konvensional dan soundbar dinyalakan bersamaan. Solusi sebelumnya adalah mematikan speaker TV ketika menggunakna soundbar. Keberadaan speaker atas pada Samsung QLED TV 2020 kini memungkinkan pemakaian speaker tersebut dengan soundbar bersamaan. Gagasan awal Q-Symphony memang untuk menyajikan surround sound berkualitas memanfaatkan perpaduan soundbar dengan speaker atas TV. Solusi hybrid ini bisa diterapkan dengan melakukan sinkronisasi waktu dan volume pada soundbar dan speaker TV.

Penyelarasan suara yang lebih baik dimungkinkan dengan membedakan peran speaker TV dan soundbar. Peran speaker atas adalah menghadirkan efek suara latar, sedangkan soundbar menyajikan nsuara utama seperti suara manusia. Hal ini demi menghindari interferensi antar perangkat dan memperkaya pengalaman audio.

Empat Spaker untuk Menghadirkan Sembilan Channel


Sistem home theater saat ini menggunakan pengaturan 9.1.4 channel sebagai spesifikasi audio tertinggi. Biasanya spesifikasi tersebut dihadirkna oleh 14 speaker, kini Samsung menghadirkan spesifikasi tersebut hanya dalam empat speaker di Soundbar HW-Q950T.

Teknologi surround sound terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada tahun 1990an, surround sound tak hanya sekedar suara sisi kiri dan kanan, tetapi juga depan dan belakang. Kemudian teknologi Dolby ATMOS diperkenalkan pada tahun 2014 yang menyajikan surround sound 3D yang mencakup atas dan bawah. 

Samsung Soundbar HW-Q950T

Samsung menghadirkan soundbar HW-K950 pada tahun 2016 yang hanya menggunakan empat speaker untuk menyajikan surround sound pada 5.1.4 channel. Lalu HW-Q90R diperkenalkan, soundbar tersebut menghadirkan surround sound pada 7.1.4 channel dengan surround channel di belakang. Nah, kini Soundbar HW-Q950T menyajikan surround sound pada 9.1.4 channel yang dilengkapi dua wide channel tambahan.

Wide Channel Ganda

Hasil suara yang lebih lengkap dihadirkan Soundbar HW-Q950T melalui wide channel ganda. Wide channel ganda tersebut menghantarkan suara pada sudut 60° ke kedua sisi bagian tengah. Surround sound disajikan speaker yang ditempatkan pada ujung kiri dan kanan tepi soundbar. Selain itu ada dua speaker tambahan yang diarahkan pada sudut yang mengoptimalkan fungsi wide channnel dipadukan pada posisi paling kiri dan kanan.

Wide channel menyajikan pemancaran suara dari berbagai sudut berbeda, sehingga memberikan pengalaman audio lengkap. Efek tersebut menambahh vitalitas pada gerakan di layar sehingga saat menonton konten seperti konser atau fiml pun menyajikan pengalaman nyata.

Harga dan Ketersediaan

Perangkat ini sudah tersedia di Indonesia dan dibanderol dengan harga resmi Rp24.999.000. Kendati demikian beberapa e-commerce berikut ini menjual mulai harga Rp16 jutaan dan rata-rata di harga Rp19 jutaan.

https://invol.co/cl1gg9d
Blibli
Lazada
Bukalapak
Tokopedia
Shopee

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email