CloudGenix Terkini Hadirkan Jaringan Lebih Simpel dengan ML dan Analitik CloudGenix Terkini Hadirkan Jaringan Lebih Simpel dengan ML dan Analitik ~ Teknogav.com

CloudGenix Terkini Hadirkan Jaringan Lebih Simpel dengan ML dan Analitik

Teknogav.com - Palo Alto Networks menghadirkan dua perangkat SD-WAN terkini, yaitu CloudGenix ION 1000 dan CloudGenix ION 9000. Kedua perangkat CloudGenix SD-WAN tersebut merupakan solusi next-generation SD-WAN yang bisa menghadirkan jaringan dengan koneksi multi-gigabit. Jaringan yang dihadirkan cloud-delivered SD-WAN ini bisa sampai ke kantor cabang maupun kampus dengan aman.

Pendekatan Next-Generation SD-WAN yang dilakukan Palo Alto Networks

Solusi ini dapat memenuhi makin meningkatnya kebutuhan penggunaan SD-WAN sebagai arsitektur utama pada WAN. Pengalaman penggunaan yang lebih baik dari solusi ini mencakup kemudahan dalam implementasi dan pengelolaannya. Palo Alto Networks menghadirkan Networks Next-Generation SD-WAN ini dengan beberapa pendekatan mutakhir, yaitu sebagai berikut:

  • App Defined – mendukung tim jaringan menyusun kebijakan berbasis aplikasi dengan visibilitas di lapis aplikasi yang menyajikan SLA di seluruh aplikasi.
  • Otomatisasi operasi dengan teknologi machine learning dan sains data untuk mengurangi timbulnya masalah. Pendekatan ini mengurangi tiket perbaikan atas masalah WAN dan akses aplikasi sampai 99%.
  • Penyajian layanan berbasis cloud di seluruh lokasi cabang, baik untuk jaringan maupun keamanan. Teknologi ini menyederhanakan pengelolaan WAN dan mempersingkat waktu implementasi di lingkungan cabang hanya dalam hitungan menit, tak lagi perlu berbulan-bulan.

“Banyak perusahaan berminat pada solusi SD-WAN generasi selanjutnya untuk mendukung transformasi digital dan jaringan yang digunakan. Dukungan tersebut seperti pengembangan model berbasis cloud untuk layanan TI di cabang, sehingga makin fleksibel dan gesit. Pendekatan SD-WAN oleh Palo Alto Networks menghadirkan keamanan, UcaaS (Unified communications as a service), visibilitas, dan pemonitoran berbentuk as cloud-service. Ini dapat memangkas biaya sedemikian rupa,” ucap Rohit Mehra, vice president of network infrastructure IDC. 

Mehra juga mengatakan bahwa pemakaian analitik jaringan dan AI/ML penting untuk penyajian kapabilitas otonom yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan mengurangi kebutuhan troubleshoot dan remediasi sistem. Studi yang dilakukan Fotrester Consulting memaparkan bahwa pendekatan Next-Generation SD-WAN oleh Palo Alto Network  mendukung pencapaian target ROI sampai 243%. 

Peningkatan Solusi Next-Generation SD-WAN

Palo Alto Networks juga memberikan beberapa peningkatan pada solusi Next-Generation SD-WAN yang mencakup:

  • Kapabilitas berbasis machine learning untuk menyederhanakan operasi jaringan
  • Form factor desain perangkat SD-WAN yang mungil untuk mendukung small offices/home offices (SOHO) dan retail
  • Kinerja perangkat SD-WAN yang tinggi, bisa digunakan di perusahaan berskala besar
  • Kemudahan integrasi dengan Prisma™ Access, solusi keamanan  melalui cloud

“Peningkatan adopsi cloud dan multi-cloud, aplikasi-aplikasi seperti konferensi video dan solusi-solusi produktivitas kerja lain menyebabkan banyak peluncuran layanan cloud. Legacy dari arsitektur WAN memiliki banyak keterbatasan, terutama ketika organisasi ingin bermigrasi ke cloud. Generasi pertama SD-WAN kurang berhasil membawa perubahan ekonomi pada instrastruktur maupun layanan WAN di lingkungan cabang,” ucap Kumar Ramachandran, Senior Vice President of Product Management for Firewall as a Platform, Palo Alto Networks.

Dijelaskan juga bahwa Solusi SD-WAN yang otonom dan mendukung operasional tugas-tugas secara manual makin banyak diminati perusahaan-perusahaan. Mereka membutuhkan model keamanan dan layanan untuk cabang yang digelar melalui cloud serta lebih ekonomis dari sisi skala. CloudGenix SD-WAM adalah solusi next-generation SD-WAN yang bersifat otonom, didefinisikan oleh aplikasi dan berjalan di cloud. Kemampuan berbasis machine learning (ML) pada solusi ini mampu lebih menghemat biaya operasi. Salah satu pelanggan Palo Alto Networks bahkan mengungkap berhasil menghemat biaya WAN sampai 82%.


Machine learning dan Analitik

CloudGenix SD-WAN memiliki fitur ML dan analitik untu menyederhanakan operasi jaringan dengan perencanaan kapasitas yang lebih baik. Ketika peringatan kejadian menyala bersamaan, maka sistem akan otomatis mengidentifikasi akar masalah. Waktu proses ini sampai masalah teratasi bisa lebih cepat sehingga ketersediaan aplikasi pun meningkat. Pada kasus-kasus tertentu, penanganan pun bisa otomatis dilakukan sistem, sehingga operator bisa mengalihkan fokusnya ke tugas-tugas lain yang lebih penting.

Perencanaan kapasitas pun lebih mudah berkat fitur-fitur analitik baru. Operator lebih mudah memahami jenis koneksi WAN yang digunakan, kapan dan aplikasi apa yang membutuhkan koneksi tersebut. Di masa mendatang, Palo Alto Networks akan memperluas penggunaan ML ini untuk use case lain.


ION 1000

Dimensi CloudGenix ION 1000 berukuran mungil sehingga cocok diletakkan di lingkungan kerja yang tak menyediakan ruangan khusus untuk perangkat.  Beberapa lingkungan kerja yang cocok menggunakan perangkat SD-WAN ini adalah SOHO dan retail. CloudGenix ION 100 juga dirancang tanpa kipas sehingga tidak berisik. Produk ini mendukung pengendalian kinerja, tingkat kesediaan dan keamanan untuk mendukung kerja dari rumah.


ION 9000

Perangkat CloudGenix SD-WAN dengan ukuran paling besar dan memiliki kinerja paling tinggi adalah CloudGenix ION 9000. Jika dibandingkan dengan perangkat flagship saat ini, maka kinerja CloudGenix ION 9000 dua kali lebih besar. Perangkat ini pas dipakai di kantor-kantor cabang dan kampus dengan dukungan multi-gigabit throughput dan kapabilitas “fail to wire”. Canggihnya, CloudGenix ION 9000 mampu memitigasi efek dari putusnya link WAN secara fisik.

Prisma Access Security Terpadu

Prisma Access merupakan platform secure access service edge (SASE) yang komprehensif. Pengintegrasian CloudGenix SD-WAN dengan Prisma Access bisa dilakukan dengan mudah. Integrasi ini mendukung keamanan trafik di cabang maupun antar cabang ke aplikasi-aplikasi yang berada di public cloud dan private cloud. Tak perlu melakukan pengkinian perangkat keras ataupun perangkat lunak dicabang, cukup menggunakan platform CloudGenix CloudBlades. Platform ini mendukung integrasi layanan cloud seperti Prisma Access menggunakan API di cloud.

“Keberhasilan kami dalam menyuguhkan pengalaman pelanggan terbaik merupakan kunci kami menjadi retailer terpercaya. Kaimi telah berkiprah selama hampir 25 tahun di industri otomotif.  Dahulu AutoNation pernah mengalami kendala terkait kinerja, keandalan jaringan, dan biaya tinggi dalam pengembangan WAN legacy perusahaan. Kami lantas mengevaluasi beberapa produk SD-WAN dan menjatuhkan pilihan pada CloudGenix, sebagai solusi next generation SD-WAN terbaik,” ucap Adam Rasner, vice president of technology operations di  AutoNation.

Adam Rasner juga menceritakan pengimplementasian teknologi CloudGenix SD-WAN sangat cepat dan tanpa downtime. Salah satu cabang AutoNation yang masih menggunakan arsitektur jaringan legacy tutup malam hari dan keesokan paginya sudah menggunakan CloudGenix SD-WAN. Layanan AutoNation yang kaya dapat disajikan dari cloud tanpa harus mengadakan dukungan tambahan di lokasi berkat perangkat CloudGenix ION. Biaya operasi pun bisa dipangkas jauh berkat fitur analitik berbasis ML dengan visibilitas tujuh lapisan untuk proses troubleshoot.

Share:

Artikel Terkini