Nutanix Luncurkan Era 2.0, Solusi Manajemen Multi-Database Lintas Cloud Nutanix Luncurkan Era 2.0, Solusi Manajemen Multi-Database Lintas Cloud ~ Teknogav.com

Nutanix Luncurkan Era 2.0, Solusi Manajemen Multi-Database Lintas Cloud

 

Teknogav.com - Perusahaan dapat menyederhanakan operasional, menghemat biaya dalam berbagai skala dan lintas cloud menggunakan Database as a Service (DBaaS). Nutanix meluncurkan solusi manajemen multi-database yang bisa digunakan lintas cloud, yaitu Era 2.0 yang mampu menyediakan DBaaS. Selain itu, Nutanix mengumumkan perluasan dukungan untuk Postgres dan SAP HANA serta solusi bersama HCL  yang memanfaatkan kekuatan Era 2.0. 

“HCL membantu para pelanggan mempercepat proses modernisasi data dan infrastruktur dengan solusi DBaaS yang aman, scalable dan cloud-ready. Perusahaan kami mengakui bahwa layanan yang didukung oleh Nutanix Era dan platform HCL akan memberikan platform database kelas dunia. Platform ini terotomatisasi untuk berbagai perusahaan. Kami memiliki hubungan jangka panjang dengan Nutanix, dan dengan Skale DB. Hal ini memungkinkan kami akan maju membantu para pelanggan mengoptimalkan sumber data dan mendorong inisiatif digital mereka,” ucap Kalyan Kumar, Corporate Vice President and CTO, IT Services, HCL Technologies. 

Tim TI perusahaan akan lebih mudah menyediakan DBaaS menggunakan Era 2.0 hanya dengan menekan satu tombol. Operasional pun berjalan mulus dalam penyediaan dan lifecycle management database. Era 2.0 merupakan solusi multi-database dengan dukungan MariaDB, Microsoft SQL Server, MySQL,  selain Postgres dan SAP HANA. Manajemen database yang lebih simpel disediakan Era melalui penggabungan skalabilitas dan kinerja software HCI Nutanix. Layanan yang cloud-ready ini pun memiliki DBaaS yang fleksibel.

“Strategi hybrid dan multicloud akan mendukung pemulihan Indonesia di realitas pascapandemi. Perusahaan-perusahaan akan mengoptimalkan lisensi database mereka dan mencari fleksibilitas, mobilitas aplikasi, serta inovasi. Hal ini belum pernah kita jumpai dalam di bidang manajemen database multicloud sebelumnya. Nutanix ingin menjembatani kesenjangan ini dengan menghadirkan solusi-solusi manajemen multi-database untuk digunakan cloud manapun. Solusi ini akan menyederhanakan operasional dan mengurangi biaya, sehingga dapat mamaksimalkan manfaat hybrid dan multicloud di masa depan,” ucap Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia, Nutanix. 


Manajemen Database yang Lebih Sederhana di Cluster dan Cloud Terdistribusi

Pelanggan Nutanix bisa menyediakan dan mengelola database secara lintas cloud menggunakan Era 2.0. Hal ini bisa dilakukan dengan tools, standar dan kebijakan keamanan yang konsisten, sehingga mempunyai fleksibilitas dalam memilih cloud yang tepat. Tujuan pemilihan cloud yang tepat untuk setiap database adalah untuk meningkatkan kegesitan dan pengurangan biaya. Dua hal tersebut juga menyederhanakan operasional di berbagai cluster dan data center yang terdistribusi. Penyederhanaan ini membuat skalabilitasnya menjadi signifikan.

Era 2.0 hanya membutuhkan sekali klik untuk melakukan proses penyediaan, cloning dan patching. Mobilitas yang mulus di cloud pun mampu menyederhanakan operasional dan menghemat biaya. Berbagai penggunaan bisa dilakukan dengan solusi ini seperti penggunaan public cloud mengatasi lonjakan kapasitas, perbaikan kapasitas , dev/test dan pengoptimalan kinerja database dari jarak jauh.


Kemudahan Implementasi SAP HANA

Nutanix adalah platform hyper-converged infrastructured (HCI) yang memiliki sertifikasi meningkatkan kapasitas SAP HANA secara scale-up dan scale-out. Era bisa dihubungkan SAP HANA untuk memberikan pengalaman manajemen dengan sekali klik. Implementasi aplikasi bisnis SAP dan penggunaan SAP Business Warehouse yang rumit dalam SAP HANA pun bisa dengan mudah disederhanakan.


Dukungan PostgreSQL24/7

Dukungan 24 jam salam sehari juga diberikan Nutanix pada Postgres untuk mendukung implementasi aplikasi-aplikasi penting para pelanggannya. Pengalaman dukungan end-to-end untuk mesin database Postgress pun sudah termasuk dalam dukungan ini. Tim Nutanix akan menangani seluruh layanan pengelolaan platform infrastruktur dan Era sehingga bisa mengatasi lebih cepat.


Pengelolaan DBaaS sepenuhnya dengan HCL Technologies

Kemitraan Nutanix dengan HCL memberikan solusi yang dikelola sepenuhnya dengan dukungan Era 2.0, yaitu Skale DB. Solusi ini mempercepat modernisasi data dengan penawaran DBaaS yang aman dan menyajikan skalabilitas.

“Kondisi data yang tersebar di mana-mana memperumit pengelolaan database dibandingkan sebelumnya. Organisasi dalam berbagai skala mencari solusi penyederhanaan operasi database, mulai dari implementasi awal hingga pengelolaan dan perawatan terus-menerus. Era 2.0 memberikan solusi bersifat cloud agnostic yang bisa menyederhanakan pengerjaan database. Pelanggan pun  dan terbantu untuk memanfaatkan nilai mobilitas data yang sangat dibutuhkan,”  ucap Mike Leone, Senior Analyst, ESG. “

Solusi Era 2.0 dan Skale DB sudah tersedia bagi pelanggan, jika ingin melakukan uji coba operasi database ini bisa mengunjungi situs Nutanix.

Share:

Artikel Terkini