Datascrip Hadirkan Solusi Disinfeksi dengan Teknologi UV-C dari Signify Datascrip Hadirkan Solusi Disinfeksi dengan Teknologi UV-C dari Signify ~ Teknogav.com

Datascrip Hadirkan Solusi Disinfeksi dengan Teknologi UV-C dari Signify


Teknogav.com – Datascrip bekerja sama dengan Signify, perusahaan asal Belanda pemilik brand Philips untuk menjadi Value Added Partner mereka di Indonesia. Kerja sama tersebut diresmikan dengan penandatanganan nota perjanjian antara Datascrip dan Signify Indonesia secara virtual pada 14 Oktober 2020. Philips sendiri merupakan brand terdepan dalam hal pencahayaan. Kini Signify menghadirkan solusi disinfeksi menggunakan pencahayaan dengan teknologi UV-C yang relevan digunakan pada pandemi COVID-19.

“Signify menunjuk Datascrip menjadi Value Added Partner karena pengalamannya dalam menghadirkan berbagai solusi serta perangkat elektronik di Indonesia. Kami berharap kerja sama ini dapat membawa solusi pencahayaan UV-C yang aman, efektif, cerdas dan berkualitas. Datascrip bisa  mendekatkan solusi ini dengan berbagai instansi dan masyarakat luas,” ucap Wibawa Jati Kusuma, Commercial Leader Professional Signify Indonesia.


Layanan menyeluruh dalam menerapkan solusi UV-C dari Signify akan disajikan Datascip mulai dari perencanaan, pemasangan sampai metode penggunaan yang efisien. Datascrip melayani konsultasi mengenai desain tata letak dan jumlah lampu UV-C yang dibutuhkan atau mengenai sistem keamanan saat UV-C bekerja. Selain itu bisa juga melakukan pembuatan smart control untuk mengatur lama penggunaan lampu UV-C ruangan secara otomatis.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Signify menghadirkan solusi dan produk disinfeksi berbasis pencahayaan UV-C untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Signify memiliki pengalaman yang luar biasa dalam pengembangan teknologi pencahayaan. Selama lebih dari 35 tahun, perusahaan tersebut terdepan dalam hal teknologi UV-C. Rekam jejaknya dalam inovasi teknologi UV-C telah teruji efektif menonaktifkan virus Covid-19,” ucap Sylvia Lionggosari, Business Unit Director pt. Datascrip.

Penularan Covid-19 dan Penanggulangannya

World Health Organization (WHO),  mengungkap bahwa 80% penyebaran virus Covid-19 terjadi melalui perantaraan sentuhan fisik. Penularan lain adala melalui droplet yang menempel di benda-benda, termasuk gawai, uang atau fasilitas umum. Saran tindak pencegahannya adalah dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer dan menerapkan physical distancing. Perkantoran pun kini menerapkan protokol kesehatan dengan pemeriksaan suhu tubuh dan wajib mengenakan masker, penyediaan hand sanitizer dan physical distancing. Selain itu perlu disinfeksi atau sterilisasi ruang dan benda agar tak terjadi penularan melalui droplet yang menempel di benda.

Metode Disinfeksi dengan Ultra Violet tipe C (UV-C)

Salah satu metode disinfeksi yang efektif, aman, praktis dan non-kimia adalah menggunakan teknik penyinaran UV-C. Penerapan teknik ini bisa dilakukan di ruang rapat, toilet, area kerja dan ruang tertutup lain di kantor. Selain itu bisa juga digunakan di fasilitas publik seperti rumah sakit, sarana transportasi umum, pusat perbelanjaan, bioskop, hotel dan restoran.

Signify memiliki solusi UV-C dengan panjang gelombang 253,7 nanometer efektif menghancurkan DNA bakteri, jamur dan virus sehingga menjadi tidak berbahaya.  Berdasarkan penelitian Universitas Boston, dosis 22 mJ/cm2 dari produk Signify bisa menonaktifkan 99,9999% virus SARS-CoV-2 dalam waktu 25 detik. Durasi waktu penyinaran dalam ruangan ini tergantung dari luas ruangan dan jumlah lampu UV-C yang dipasang.

Teknik UV-C ini tentu saja bisa menjadi metode disinfeksi yang jitu dan aman jika digunakan sesuai petunjuk. Demi menghindari human eror, bisa juga menggunakan penambahan sistem untuk pengaturan otomatis. Berikut ini adalah tiga metode yang bisa digunakan untuk menerapkan disinfeksi dengan sinar UV-C di lingkungan kantor:

  1. Disinfeksi permukaan benda-benda yang terlihat di ruangan yang mencakup perangkat kerja seperti keyboard, mouse, dan alat tulis. Pemasangan lampu UV-C dlakukan di dinding atau plafon untuk menyinari benda yang ada di ruangan. Perlu diingat bahwa selama penyinaran tak boleh ada orang di dalam ruangan.
    metode penyinaran permukaan

  2. Disinfeksi dengan kotak lampu UV-C yang biasa digunakan service center untuk mensterilkan ponsel dari kuman. Ibu-ibu menyusui pun biasanya menggunakan metode ini untuk melakukan sterilisasi pompa ASI dan peralatan makan bayi. Kotak ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa digunakan untuk sterilisasi uang, gadget dan kunci kendaraan.
    metode penyinaran dalam kotak

  3. Disinfeksi udara dengan Upper Air dilakukan dengan pemasangan lampu UV-C pada plafon. Sinar UV-C akan menyerang virus dan bakteri yang ada di udara. Selama lampu UV-C menyala, orang tetap bisa bekerja normal di dalam ruangan.
    metode disinfeksi udara

Signify menyajikan keamanan tingkat tinggi dalam menerapkan teknologi UV-C sesuai pedoman keselamatan Global Lighting Association. Penerapan UV-C dari Signify menggunakan ukuran penyinaran baku dan klasifikasi kelompok risiko. Pada penggunaan profesional, penerapan sistem ini harus dilakukan tim profesional yang terlatih agar tetap aman dan efektif. Dalam hal ini Datascrip berperan sebagai perusahaan yang berpengalaman menghadirkan layanan solusi bisnis, termasuk sistem keamanan dan solusi disinfeksi

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email