EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon ~ Teknogav.com

EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon


Teknogav.com - Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, banyak kegiatan dialihkan secara digital termasuk dengan konferensi video. Canon memahami kebutuhan tersebut dengan menyediakan perangkat lunak EOS Webcam Utility Full Version. Perangkat lunak ini mendukung kamera digital Canon agar bisa digunakan konferensi video dengan kualitas gambar yang tinggi.

“Canon berkomitmen untuk selalu memberikan solusi dan memenuhi kebutuhan para penggunanya. Software ini memungkinkan pengguna kamera Canon melakukan konferensi video atau live streaming dengan kualitas video tinggi,” ucap Merry Harun – Canon Business Unit Director, pt.Datascrip.

penggunaan EOS Webcam Utility

Perangkat lunak EOS Webcam Utility bisa diunduh melalui situs Canon di  https://id.canon/eos-webcam-utility. Saat ini perangkat lunak ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, namun akan segera hadir juga untuk MacOS. Berbagai platform konferensi video kompatibel dengan perangkat lunak ini, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Zoom

Facebook Live

Skype

YouTube Live

Microsoft Teams

Discord

Cisco Webex

Streamlabs

Google Meet

Open Broadcaster Software(OBS)

Google Hangouts

Slack

Facebook Messenger


Canon telah mengembangkan perangkat lunak ini sejak awal pandemi. Masyarakat pun memberikan respon yang baik karena begitu mudah digunakan. Canon pun memperluas penggunaan perangkat lunak EOS Webcam Utility Full Version ini ke 42 kamera digital Canon. Lini kamera digital Canon, mulai dari DSLR EOS sampai kamera PowerShot, bahkan kamera mirrorless EOS R5 dan EOS R6 pun bisa memakai perangkat lunak ini. Berikut ini adalah daftar kamera Canon yang kompatibel dengan perangkat lunak EOS Webcam Utility. 

EOS R5

EOS 5D Mark III

EOS 100D

PowerShot SX70 HS

EOS R6

EOS 5D Mark IV

EOS 200D

PowerShot G7 X Mark III

EOS M200

EOS 5DS

EOS 200D II

PowerShot G5 X Mark II

EOS M50

EOS 5DS R

EOS 600D

 

EOS M6 Mark II

EOS 6D

EOS 700D

 

EOS R

EOS 6D Mark II

EOS 750D

 

EOS RP

EOS 7D

EOS 760D

 

EOS Ra

EOS 7D Mark II

EOS 800D

 

EOS-1D X

EOS 60D

EOS 850D

 

EOS-1D X Mark II

EOS 70D

EOS 1100D

 

EOS-1D X Mark III

EOS 77D

EOS 1200D

 

EOS-1D C

EOS 80D

EOS 1300D

 

 

EOS 90D

EOS 1500D

 

Ketika ingin menggunakan kamera Canon untuk konferensi video, bisa menggunakan tripod agar video lebih stabil. Hubungkan kamera ke laptop atau PC menggunakan kabel USB yang sesuai. Ketika kamera sudah menyala, pilih mode Movie, lalu atur eksposur sesuai kebutuhan atau kondisi pencahayaan.

penggunaan kamera Canon untuk konferensi video dengan kondisi cahaya rendah
Setelah itu tinggal jalankan aplikasi konferensi video dan pilih EOS Webcam Utility pada pilihan kamera/webcam dari aplikasi konferensi video tersebut. Perekaman video ke kartu memori di kamera pun bisa dilakukan saat konferensi video atau streaming hanya dengan menekan tombol rekam di kamera.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email