MediaTek i350, Platform Edge AI dengan DSP untuk Perangkat AIoT MediaTek i350, Platform Edge AI dengan DSP untuk Perangkat AIoT ~ Teknogav.com

MediaTek i350, Platform Edge AI dengan DSP untuk Perangkat AIoT

Teknogav.com -  MediaTek baru saja meluncurkan platform Edge AI terkininya yang terintegrasi, yaitu i350. Platform ini dibekali dengan APU khusus dan digital signal processor (DSP) untuk pemrosesan gambar dan suara di produk-produk AIoT. Penggunaan platform ini akan mendukung aplikasi-aplikasi yang bisa melakukan pengenalan wajah, suara, obyek, gerak-isyarat, gerakan dan lain-lain.

“Seiring peningkatan kepopuleran aplikasi AIoT gambar dan suara, banyak perusahaan mencari solusi-solusi yang sangat terintegrasi seperti i350. Platform ini mempercepat waktu pengembangan dan mendukung berbagai solusi multimedia dan konektivitas. Pemrosesan Edge AI canggih dapat dilakukan platform i350 dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Penerapannya dapat dilakukan di rumah cerdas, komersil dan industrial masa depan,” ucap Henry Yeh, AGM unit bisnis AIoT, MediaTek.

Produksi platform Edge AI i350 ini dilakukan dengan metode 14 nm yang irit daya. Platform ini mendukung layar dengan resolusi tinggi dengan antarmuka sentuh dan aplikasi yang kaya. Penggunaan platform ini dapat diterapkan pada peralatan cerdas, akses cerdas, kios, mesin penjual otomatis, sistem penjualan retail dan komersil. Selain itu bisa juga digunakan pada lingkungan industri dan kesehatan. Kemampuan pemrosesan Edge AI ini termasuk pengenalan pelat nomro kendaraan atau license plate recognition (LPR).

Teknologi DSP pada platform ini tentu saja mendukung aplikasi dengan kemampuan pemrosesan yang berkenaan dengan audio. Kemampuan tersebut mencakup pengenalan suara, aktivasi menggunakan suara dan isolasi suara. Platform ini juga mendukung kemampuan pengukuran bioteknologi dan biometrik.

Spesifikasi MediaTek i350

MediaTek i350 memadukan CPU Arm Cortex-53 dengan empat inti prosesor berkecepatan 2 GHz dan GPU Arm Mali G52. Keduanya memiliki kinerja yang tinggi dalam bekerja. Platform ini juga mendukung kamera dengan resolusi sampai 13 MP. Selain itu juga tersedia dukungan encoding cepat video dengan HEVC di Full HD @60 fps. Dukungan tersebut bisa digunakan pada aplikasi-aplikasi modern yang menuntut kemampuan pengambilan gambar dan video yang detil dan andal.

Dari segi konektivitas, platform ini mendukung Bluetooth 5, GNSS, radio FM dan WiFi 5. Dukungan untuk berbagai pilihan memori dan flash pun disediakan platform ini untuk membantu OEM menghemat biaya bahan dan memenuhi kebutuhan kinerja. Perusahaan pun bisa mengembangkan berbagai aplikasi inovatif pada perangkat-perangkat yang memakai platform ini. Hal tersebut dimungkinkan berkat dukungan API umum seperti OpenCL, OpenGL ES dan Vulkan.

Harapannya para mitra ekosistem AIoT bisa menggunakan chipset i350 ini untuk mengembangkan berbagai aplikasi inovatif memanfaatkan kemampuan-kemampuan AI pada platform. Informasi lebih lanjut mengenai platform i350 bisa dilihat di situs resmi MediaTek atau melalui tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email