Tips Menghindari Penipuan Bagi Penggemar iPhone Tips Menghindari Penipuan Bagi Penggemar iPhone ~ Teknogav.com

Tips Menghindari Penipuan Bagi Penggemar iPhone


Teknogav.com - Apple baru saja memperkenalkan iPhone 12 Series terkininya, banyak penggemar Apple menyambut dengan antusias ajang ini. Tetapi hati-hati, momen ini juga dimanfaatkan oleh para scammer untuk melancarkan aksinya. Kaspersky memperhatikan bahwa selama sembilan bulan pertama tahun 2020, scammer tertarik pada akun dan para pengguna Apple. Setiap bulan ditemukan 100 domain mencurigakan di seluruh dunia yang mencatut nama Apple.

Modus para scammer tersebut dengan domainnya adalah meminta pengguna untuk memasukkan ID Apple dan kata sandinya. Pendaftaran domain yang mencatut nama Apple meningkat pesat pada bulan September, sampai mencapai 1.950 domain di akhir bulan. Berdasarkan analisis sejumlah nama domain tersebut, para ahli Kaspersky mengetahui bahwa beberapa di antaranya menawarkan untuk menemukan ponsel yang hilang. Beberapa di antaranya ada juga yang menawarkan bantuan pemulihan akses ke akun pengguna.

Jurus phishing juga digunakan suatu situs yang meniru layanan Apple’s Support. Dugaannya domain-domain tersebut dibuat untuk mencuri akun pengguna. Tetapi upaya mereka tak bekerja dengan baik, kemungkinkan para scammer hanya menggunakan halaman tersebut sebagai cadangan atau upaya antisipasi. Jadi jika salah satu domain mereka diblokir, dengan mudah mengaktifkan domain lainnya.

“Peningkatan minat scammer pada layanan Apple menunjukkan bahwa mereka akan dengan senang hati mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut berasal dari segala hal yang menarik perhatian pengguna. Peluncuran iPhone terbaru mungkin merupakan peluang sempurna bagi para scammers ini untuk menyebarkan fitur berbahaya,” ucap Tatyana Sidorina, pakar keamanan Kaspersky.

Tatyana menekankan bagi para pengguna Apple agar waspada dan lebih berhati-hati pada suatu penawaran. Berikut ini adalah beberapa tips dari Kaspersky yang bisa diterapkan agar terhindar dari penipuan.

  • Selalu bersikap skeptis terhadap berita atau penawaran dan promosi yang berlimpah ruah
  • Melakukan verifikasi bahwa pesan berasal dari sumber yang bisa dipercaya
  • Tidak mengklik tautan dari email atau pesan mencurigakan di instant messenger dan jejaring sosial
  • Selalu memeriksa keaslian situs web yang dikunjungi
  • Menginstal solusi keamanan dengan basis data terbaru yang mencakup pengetahuan tentang sumber daya phishing dan spam terbaru

Demikianlah beberapa tips bagi para pengguna Apple agar senantiasa terhindar dari kejahatan siber.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email