Review “eFootball PES2021 Season Update”, Permainan Tak Terduga dan Real Review “eFootball PES2021 Season Update”, Permainan Tak Terduga dan Real ~ Teknogav.com

Review “eFootball PES2021 Season Update”, Permainan Tak Terduga dan Real

Teknogav.com – Pertengahan September 2020 lalu, Konami resmi meluncurkan “eFootball PES2021 Season Update”. Sesuai namanya, game ini lebih berperan sebagai update dari “eFootball PES2020”. Menu, mode dan gameplay yang disajikan pada game “eFootball PES2021 Season Update” mirip dengan generasi sebelumnya. Pembaruan yang disajikan game “eFootball PES2021 Season Update” tampak pada daftar pemain, pembaruan visual fisik dan nilai attribut para pemain. 

Pada “eFootball PES2021 Season Update” official kit dari tim-tim papan atas dunia masih ditampilkan layaknya pada “eFootball PES2020”. Nama tim seperti Barcelona, Juventus, AS Roma, Manchester United, Bayern Munich dan Arsenal tertulis secara akurat lengkap dengan logo. Peningkatan terasa pada penampilan fisik dan gaya bermain para pemain bintang, lengkap dengan mimik wajah. Hal yang sama pun dilakukan pada nama dan desain stadion, walau sepertinya peningkatan ini hanya sedikit dibanding “eFootball PES 2020”.

Daftar pemain di eFootball PES 2021
Ketika memulai pertandingan, terasa jika ini adalah game yang berbeda. “eFootball PES2021 Season Update” membawa update ke dalam kualitas pertandingan. Kendati update yang disajikan kecil, tetapi update ini dihadirkan di tempat yang tepat. Kesan pertama ketika kick off di “eFootball PES2021 Season Update” adalah game ini mengusung ritme yang lebih cepat dibanding pendahulunya. 

Setelah beberapa pertandingan dan mencoba berbagai tim dari kualitas yang berbeda, barulah terasa perubahan yang sebenarnya. Gerakan pemain pada “eFootball PES2021 Season Update” tampak lebih luwes, lebih alami dan lebih responsif. Ketika bermain offline game, AI dari para pemain juga terasa lebih responsif. Pada saat melakukan umpan-umpan pun kini tidak lagi "pasti" karena adanya respon yang beragam dari AI. Hal yang sama berlaku ketika melakukan tembakan terakhir ke arah gawang, tak ada kondisi yang pasti gol pada game ini.
 
Kreativitas dan jam bermain sangat penting untuk bisa menguasai laju si kulit bundar dalam game. Tidak jarang tendangan pemain depan dengan kekuatan yang pas, di posisi kosong berakhir keluar lapangan atau membentur mistar gawang. "Kesalahan-kesalahan" yang dilakukan baik oleh AI ataupun pemain yang sedang dikendalikan sangat bervariasi sehingga hasil pertandingan tidak terduga.

Namun hal yang sama tidak berlaku pada dampak dari nilai atribut pemain. Sangat terasa bagaimana seorang pemain sayap top dunia bisa mengobrak-abrik salah satu sisi lapangan dengan leluasa. Nilai atribut yang baik ditambah skill dribbling pemain di belakang controller yang juga baik akan membuat pertahanan lawan hancur lebur. 
tampilan "eFootball PES2021"

Tetapi ketika pemain tersebut akan menerobos ke tengah, melakukan umpan silang atau long shoot dari sisi sayap bisa berbeda cerita. Sebagai seorang pemain veteran, tentu ada beberapa posisi favorit untuk mencetak gol atau melakukan umpan. Hal ini masih bisa leluasa dinikmati pada“eFootball PES2020", namun tidak di “eFootball PES2021 Season Update”. Entah dirancang untuk merangsang kreativitas pemain atau bug, namun nuansa tersebut berhasil membawa kembali kesan pertama saat memainkan game ini.
tampilan "eFootball PES2021"
tampilan "eFootball PES2021"
Kesimpulannya, dengan harga Rp363 ribu untuk versi standar, “eFootball PES2021 Season Update” tetap menghadirkan pengalaman baru. Terlepas dari banyaknya kesamaan dengan “eFootball PES2020", update-update dan peningkatan-peningkatan kecil di tempat yang pas membawa pengalaman berbeda. Game ini cukup menghibur untuk mengisi waktu luang dengan membawa rasa penasaran dan greget yang cukup melekat dari seri-seri sebelumnya. Harga yang terjangkau, pembaruan daftar pemain dan AI membuat game ini layak dibeli sambil menunggu PES 2022.
tampilan "eFootball PES2021"
tampilan "eFootball PES2021"

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email