Ekosistem AMD EPYC Dukung Kerja Jarak Jauh dengan Solusi HCI Ekosistem AMD EPYC Dukung Kerja Jarak Jauh dengan Solusi HCI ~ Teknogav.com

Ekosistem AMD EPYC Dukung Kerja Jarak Jauh dengan Solusi HCI

Teknogav.com - Ekosistem prosesor AMD EPYC kini diperluas untuk lingkungan virtual dan hyperconverged infrastructure (HCI). Hal ini seiring dengan hadirnya solusi HCI ThinkAgile HX dari Lenovo sebagai hasil kemitraan dengan Nutanix, Microsoft dan VMware. Solusi ini ditenagai prosesor AMD EPYC yang memungkinkan pelanggan menjalankan beban kerja desktop virtual mereka dan menjaga kinerja tetap konsisten. Ekosistem cloud berbasis AMD EPYC dan solusi virtual pun diperluas oleh solusi ini.

Seiring meningkatnya nilai yang diinginkan pelanggan atas anggaran data center mereka, departemen TI pun beralih ke HCI. Langkah ini dilakukan untuk memodernisasi dan mentransformasi data center perusahaan mereka. HCI menyediakan data center berkinerja tinggi dan efisien yang lebih mudah dikelola untuk kebutuhan bisnis yang cepat berubah. Pelanggan bisa memilih prosesor AMD EPYC dan solusi hybrid dan multicloud Nutanix untuk mempercepat beban kerja seperti ruang kerja digital. Ruang kerja tersebut termasuk VDI berkinerja luar biasa, fitur-fitur keamanan canggih dan dukungan ekosistem luas dari mitra ISV dan OEM.

"Para pimpinan TI menghadapi situasi sulit dan berubah saat ini seiring dengan lebih banyak karyawan yang 'bekerja dari mana saja'. Mereka harus memikirkan ulang operasi data center mereka dan memindahkannya ke lingkungan yang lebih digital dan modern. Langkah ini dilakukan agar bisa menyajikan keamanan, kinerja dan kegesitan yang dibutuhkan untuk mendukung bisnis mereka,” ucap Dan McNamara, senior vice president dan general manager, Server Business Unit AMD.

Baca juga: Supercomputing AMD EPYC Dukung Keberhasilan Komputasi Cloud Berkinerja Tinggi 

Virtualisasi atau lingkungan HCI yang ditenagai AMD EPYC memungkinkan operator data center dan administrasi TI menyediakan  lingkungan tervisualisasi  berkinerja tinggi. Lingkungan ini dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan terdepan, lintas berbagai platform OEM dan solusi perangkat lunak. Hal tersebut juga memungkinkan mereka berkontribusi pada tujuan bisnis perusahaan, tak hanya dalam lingkungan kerja dari mana saja’,

"Seiring berevolusinya Nutanix dari menyediakan software HCI ke infrastruktur hybrid cloud, kami menyediakan solusi software dan hardware terbaik bagi pelanggan. Solusi ini untuk memodernisasi data center mereka sebagai bagian dari strategi hybrid dan multicloud. Software Nutanix bersama dengan platform OEM dan prosesor AMD EPYC memberikan kinerja, fleksibilitas dan pilihan yang dibutuhkan pelanggan. Kebutuhan tersebut untuk mendukung database, analitik ruang kerja digital dan penerapan kritikal bisnis lainnya. Kami senang melanjutkan kolaborasi dengan AMD dan membantu pelanggan memodernisasi data center mereka," ucap Tarkan Maner, Chief Commercial Officer Nutanix.

Baca juga: Nutanix Tingkatkan Kemampuan HCI dengan Kinerja 50% Lebih Cepat 


Perkembangan Ekosistem HCI AMD EPYC

Prosesor AMD EPYC memiliki kinerja yang dipercepat, kemampuan memori terdepan dan fitur-fitur keamanan canggih. Hal ini menjadikannya salah satu pilihan untuk memicu inovasi solusi virtualisasi dan HCI. Solusi-solusi dengan prosesor AMD EPYC kini sudah tersedia secara luas, sehingga memberikan pilihan solusi ketika memodernisasi data center.

Aleksandr Ragel, co-founder dan Managing Partner, Diaway menyatakan bahwa Diaway fokus pada solusi-solusi HCI dan penyimpanan yang ditentukan perangkat lunak. Prosesor AMD EPYC telah memperluas cakrawala yang bisa dibangun untuk mendukung HCI dan penyimpanan yang ditentukan perangkat lunak. Inilah merupakan alasan Diaway memilih prosesor AMD EPYC untuk mentenagai DIAWAY EDGEBOX. Solusi siap pakai tersebut ideal untuk penyimpanan yang ditentukan software berskala besar, HCI dan beragam stacks perangkat lunak.

“Kami telah melihat konsumen menggunakan EDGEBOX yang ditenagai EPYC untuk menyimpan beban kerja intensif dan bahkan lingkungan HCI murni. Prosesor EPYC akan menjalankan komputasi dan EDGE BOX menjalankan lapisan manajemen pada private cloud. Kami senang melanjutkan kerja sama dengan AMD untuk memberikan solusi-solusi HCI fantastis berbasis EPYC,” ucap Aleksandr Ragel.

Baca juga: AMD EPYC Dukung Efisiensi Energi Pada Server Secara Global

Bart Willems, direktur teknologi di ATIPA Technologies mengatakan bahwa AMD EPYC memungkinkan penerapan server HCI berdensitas tinggi yang sangat fleksibel. Banyaknya inti prosesor AMD EPYC dan dukungan PCIe4 memungkinkan ATIPA Technologies menyajikan kinerja lebih tinggi pada lebih banyak VM. Hal ini dilakukan dengan akses jaringan lebih cepat dan latensi penyimpanan lebih rendah dalam ruang data center sekecil mungkin.

AMD telah bekerja sangat dekat dengan mitra OEM dan penyedia perangkat lunak mereka. Kerjasama ini dilakukan untuk menawarkan solusi, skalabilitas dan total cost of ownership (TCO) terdepan. Berikut ini adalah solusi-solusi HCI tersebut:

Dell Technologies

  • Dell EMC XC Core XC6515 adalah perangkat XC berbasis prosesor AMD EPYC generasi ke-2 yang diluncurkan pada Juli 2020. Perangkat ini menggunakan sasis dengan soket tunggal 1U yang sangat memenuhi syarat Nutanix. Sasis tersebut menyediakan sampai 64 inti berkinerja tinggi, PCIe4 dan kinerja untuk VDI, database dan beban kerja ROBO.
  • Dell EMC Solutions for Azure Stack HCI  adalah solusi AX-6515 yang ditenagai proseor AMD EPYC generasi ke-2. Solusi ini menyediakan manfaat-manfaat untuk meningkatkan lingkungan virtualisasi Microsoft.

HPE

  • HPE ProLiant DX325 & DX385 yang dioptimalkan dengan perangkat lunak Nutanix menggunakan prosesor AMD EPYC berbasis server HPE ProLiant. Ini adalah server berstandar industri kelas dunia yang merupakan pilihan canggih untuk konsumen yang memilih perangkat lunak Nutanix dengan HPE.
  • Server HPE ProLiant DL325 dan DL385 Gen10 dengan HPE Nimble Storage dHCI menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi Ke-2. Penggunaan server ini untuk pengguna VDI, aplikasi bisnis penting, dan beban kerja campuran yang pertumbuhannya tak bisa diprediksi.
  • HCI HPE SimpliVity 325 Gen10 adalah solusi HCI untuk perusahaan berbasis edge pada server HPE DL325 Gen10. Server ini menggunakan perangkat lunak SimpliVity HCI dan posesor AMD EPYC generasi ke-2. Solusi ini menawarkan footprint 1U yang kecil, ketersediaan 2-node tinggi yang menurunkan TCO dengan densitas VDI terdepan.

Lenovo Data Center Group

  • Solusi HCI Lenovo ThinkAgile HX yang ditenagai prosesor AMD EPYC merupakan hasil kolaborasi Lenovo dengan AMD dan Nutanix. Beban kerja desktop virtual bisa dijalankan pada densitas lebih tinggi menggunakan solusi ini. Selain itu kinerja pun bisa dijaga tetap konsisten dengan form factor 1U yang sama memakai server yang sampai 50% lebih sedikit.
  • Perangkat Lenovo ThinkAgile HX 3000 Series yang menggunakan prosesor AMD EPYC tersedia dalam form-factor 1U 1-node rack-dense. Memori dan densitas inti yang tinggi pun didukung pada perangkat ini.  Kemampuan tersebut menjadikannya solusi yang bagus untuk infrastruktur desktop virtual dan beban kerja virtualisasi umum.

AMD telah bekerja sangat erat dengan mitra ekosistem untuk memberikan solusi yang teruji dan tervalidasi sepenuhnya. Hal ini seiring dengan efisiensi dan kegesitan yang terus diberikan HCI untuk memenuhi kebutuhan TI yang memicu pengalaman cloud pelanggan. AMD berkomitmen untuk terus menyediakan solusi terbaik bagi mitra dan pelanggan. Langkah ini dilakukan  bersama dengan keberhasilan para mitra industri seperti Dell Technologies, HPE, Lenovo, Microsoft dan Nutanix.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email