Terus Dukung UMKM, Grab Umumkan Fitur-fitur Terkini GrabMerchant Terus Dukung UMKM, Grab Umumkan Fitur-fitur Terkini GrabMerchant ~ Teknogav.com

Terus Dukung UMKM, Grab Umumkan Fitur-fitur Terkini GrabMerchant

Teknogav.com - Grab menggelar acara Konferensi Nasional Mitra Merchant perdana mereka pada 5 November 2020. Acara bertajuk “Buka Potensi Bersama Grab” tersebut diikuti lebih dari 5.000 mitra merchant. Edukasi sejumlah fitur dan produk terkini pada aplikasi GrabMerchant pun dipaparkan pada konferensi ini. Para mitra merchant yang sukses pun berbagi pengetahuan ke rekan-rekan mitra lainnya. Grab juga membagikan kredit iklan gratis bagi para mitra merchant untuk mendukung pertumbuhan UMKM di platform Grab.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala, bahkan yang terkecil sekalipun untuk bertransformasi dan berkembang secara online. Dukungan kami lakukan dengan menyediakan sejumlah solusi teknologi inovatif yang mudah digunakan, dapat diandalkan dan dukungan terbaik di kelasnya. Program edukasi pun kami berikan untuk mengoptimalkan bisnis mereka,” ucap Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.

Baca juga: 5 Fitur Baru Grab yang Bikin Hidup Lebih Praktis

Konferensi mitra merchant tahun 2020 ini merupakan yang pertama diselenggarakan Grab. Acara ini diselenggarakan untuk mengapresiasi semangat #TerusUsaha dalam mendukung digitalisasi UMKM Indonesia. Sejumlah menteri dan ahli industri pun turut hadir pada acara konferensi tersebut. Neneng pun mengungkapkan kebanggaannya akan jaringan mitra merchant dan Grab yang kuat. Kemitraan yang solid tersebut tercermin pada konferensi nasional yang digelar.

Konferensi Nasional Mitra Merchant Grab

“Grab telah menjadi rekan strategis pemerintah Indonesia yang konsisten mendorong transformasi digital para pelaku UMKM selama pandemi COVID-19. Peran ini mendukung upaya pemulihan ekonomi negeri. Inisiatif Grab melalui konferensi 'Buka Potensi Bersama Grab' untuk para mitra merchant GrabFood terutama UMKM merupakan sarana pengembangan yang dibutuhkan. Hal ini agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital," ucap Teten Masduki, Menteri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Baca juga: Gojek Optimalkan Aplikasi GoBiz dengan Inovasi Daftar Mandiri

Fitur dan Inisiatif Grab

Inovasi terus dilakukan Grab seiring bertambahnya jumlah bisnis kuliner yang bergabung dalam platform mereka. Harapannya inovasi tersebut dapat mengatasi tantangan yang dihadapi para mitra merchant. Berikut ini adalah beberapa fitur dan inisiatif terkini Grab yang diumumkan pada konferensi.
  • Portal GrabMerchant yang melengkapi aplikasi GrabMerchant dan diluncurkan secara bertahap mulai Desember 2020. Pemilik bisnis dapat menggunakan portal ini untuk mengakses kinerja bisnis.
  • Layanan pesan instan pada aplikasi GrabMerchant yang diperbarui untuk memudahkan mitra merchant melaporkan masalah ke tim bantuan Grab. Fitur ini menambah cara menghubungi Grab jika dibutuhkan dan tetap dapat menjalankan bisnisnya.
  • Akademi online GrabAcademy yang merupakan portal satu pintu untuk menginformasikan fitur dan produk Grab yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Para mitra merchant dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk bisa meningkatkan keterampilan digital dan kewirausahaan yang dibutuhkan. Fitur ini juga mengasah keterampilan dan membantu staf restoran untuk membiasakan diri memakai aplikasi GrabMerchant.
  • Kredit iklan senilai Rp150 ribu bagi para peserta konferensi yang bisa digunakan utuk pengaturan iklan GrabMerchant. Fitur pengaturan iklan bisa digunakan untuk mengiklankan toko dengan membeli kata kunci pencarian untuk menambah visibilitas bisnis. Kredit ini diberikan agar para mitra merchant dapat bereksperimen dan mendapat pengetahuan mengenai iklan online tanpa harus mengeluarkan modal.

Grab juga mendukung program pilot #BeliKreatifLokal yang merupakan bagian dari inisiatif #BanggaBuatanIndonesia. Inisiatif tersebut digagas pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi.

“Saya meyakini bahwa kita perlu berkolaborasi, bersinergi, dan bergerak bersama untuk bangkit di tengah pandemi. Caranya adalah dengan menyesuaikan diri pada era digital. Mari kita #TerusUsaha dan memanfaatkan potensi yang ada untuk berkontribusi menjadi pejuang negeri dengan membantu mengerakkan dan memulihkan perekonomian nasional,” ucap Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baca juga: GrabKios Terus Hadirkan Inovasi Pemberdayaan Warung Demi Wujudkan Misi GrabForGood

Jutaan bisnis kecil dapat bertransformasi menjadi UMKM berkat teknologi. Manfaat digitalisasi bisnis ini pun diakui oleh Aussie Andry, pemilik Nasi Kulit Gokskin yang bergabung dengan GrabFood sejak Oktober 2019.

“Awalnya, saya memulai bisnis hanya dengan satu toko untuk melihat respon pasar. Bergabung dengan GrabFood telah membantu ekspansi bisnis saya hingga 24 cabang dalam satu tahun. Bagi saya, GrabFood telah membantu saya menawarkan produk ke audiens yang tepat. Saya yakin Grab akan terus mendukung kami, para mitra merchant, dengan berbagai inovasi dan layanan. Kami pun akan makin mudah mengembangkan bisnis,” ucap Aussie.

Share:

Artikel Terkini