UOB Terus Lakukan Inovasi Digital dengan Dukungan VMware UOB Terus Lakukan Inovasi Digital dengan Dukungan VMware ~ Teknogav.com

UOB Terus Lakukan Inovasi Digital dengan Dukungan VMware

Teknogav.com - United Overseas Bank (UOB) merupakan bank yang dapat dengan cepat menunjang kerja jarak jauh karyawan dengan solusi dari VMware. Langkah ini diambil UOB demi mematuhi kebijakan physical distancing selama masa pandemi COVID-19. UOB dan VMware mengembangkan solusi desktop virtual yang aman, yaitu UOB DevTop. Solusi ini dibangun sesuai standar keamanan bank yang kokoh pada infrastruktur Teknologi Informasi (TI) regional milik bank yang sudah terstandarisasi.

Pengembangan solusi tersebut dilakukan oleh tim yang terdiri dari 3.000 pengembang TI yang berhasil merilis solusi tersebut dalam 21 hari. Kecepatan ini jauh lebih cepat dari yang biasanya dibutuhkan, yaitu sekitar tiga bulan. UOB DevTop menghadirkan sandbox yang aman bagi pengembang TI utuk menguji dan meningkatkan layanan serta solusi digital miliki UOB. Tim pengembang software perusahaan pun bisa bekerja sesuai jadwal yang ditentukan dan terus melakukan inovasi. Mereka tak mengalami kendala ataupun penundaan karena harus segera bekerja dari rumah.

Baca juga: VMware Siap Kokohkan Fondasi Digital Perusahaan-perusahaan di Asia

UOB DevTop dikembangkan dengan mengintegrasikan VMware Horizon dengan infrastruktur TI dan hybrid cloud milik UOB yang memiliki keamanan tinggi. VMware Horizon adalah solusi desktop virtual dari VMware. Infrastruktur merupakan komponen penting dalam mempercepat penerapan UOB DevTop karena bank tak perlu lagi menginstal server perangkat keras di tempat. Perusahaan pun mudah meningkatkan kapasitas komputasi akibat lonjakan beban yang ditimbulkan dari 3.000 pengembang TI perusahaan yang bekerja jarak jauh.

ilustrasi tim TI yang bekerja jarak jauh dari rumah

“Sebagian besar karyawan di seluruh Grup UOB beralih bekerja dari rumah selama masa pandemi. Hal ini membuat kami memprioritaskan untuk melengkapi mereka dengan peranti dan sumber daya yang tepat. Langkah ini dilakukan agar proses transisi bisa berjalan lebih cepat dan mulus, serta layanan bagi nasabah terus berjalan tanpa gangguan. Kami mampu mengembangkan dan mengimplementasikan solusi desktop virtual yang lebih aman dengan kecepatan dan skala luar biasa. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan infrastruktur cloud dan didukung berbagai solusi VMware,” ucap Susan Hwee, Head of Group Technology anad Operations, UOB.

Baca juga: Solusi VMware Terus Optimalkan Mobilitas dan Akselerasi Transformasi Digital Bisnis

Tim pengembang TI di UOB berhasil mengerjakan berbagai proyek pengembangan software yang menjadi tonggak pencapaian besar tahun ini. Tiga solusi inovatif berhasil diluncurkan UOB dalam tiga bulan terakhir, yaitu sebagai berikut:

  • Bank digital ASEAN, TMRW di Indonesia pada bulan Agustus
  • Aplikasi perbankan seluler all-in-one UOB Mighty di Malaysia pada bulan September.  Antarmuka dan fitur-fitur canggih yang memanfaatkan AI untuk membantu berbelanja dan menabung lebih bijak disajikan oleh aplikasi tersebut.
  • UOB Infinity, aplikasi seluler yang menyediakan fitur-fitur intuitif untuk klien di kawasan regional pada bulan September. Fitur-fitur intuitif tersebut mencakup desktop yang bisa dikustomisasi, cash management, e-commerce sesuai kebutuhan perbankan.

Hal ini dapat dilakukan berkat akses jarak jauh yang semakin aman ke lingkungan pengembangan bank.

Baca juga: VMware Mobilisasi Ekosistem Mitra untuk Perkuat Layanan Bisnis

“Di masa yang penuh dengan ketidakpastian yang tengah melanda dunia saat ini, teknologi digital tampil sebagai bintang. Teknologi menjadi enabler paling efektif bagi organisasi-organisasi dalam mendukung bisnis dapat terus berjalan dengan baik. Teknologi mengoptimalkan pelibatan karyawan, hingga menjembatani mereka untuk terus terhubung dengan pelanggan. Kami sangat antusias untuk terus melanjutkan kemitraan bersama UOB dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan operasional mereka. Ini kami lakukan dengan tetap mematuhi persyaratan keamanan dan privasi data perbankan yang begitu ketat,” ucap Sanjay K. Deshmukh, Managing Director dan Vice President, South East Asia and Korea, VMware.

Sanjay juga mengungkapkan keyakinannya bahwa UOB akan terus maju dan tampil sebagai bank terkemuka di kawasan regional. Bank tersebut dapat melayani berbagai basis pelanggan di berbagai sektor industri dengan lebih efektif dan semakin aman. Hal ini diwujudkan UOB dengan menerapkan solusi-solusi VMware untuk digital workspace dan hybrid cloud.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email