TikTok Bangkitkan Tren dan Kreativitas Musik Indonesia TikTok Bangkitkan Tren dan Kreativitas Musik Indonesia ~ Teknogav.com

TikTok Bangkitkan Tren dan Kreativitas Musik Indonesia


Teknogav.com - TikTok bersama beberapa narasumber dari industri musik berbincang-bincang dalam diskusi bertema “Inovasi di Industri Musik #SamaSamadariTikTok”. Dua narasumber dari industri musik tersebut adala Dipha Barus yang berprofesi sebagai DJ/Produser dan Erik Purwanto dari Sony Music Indonesia. Mereka membahas mengenai cara TikTok mendukung perkembangan dunia musik, termasuk di Indonesia.

Diskusi tersebut merupakan bagian dari program #SamaSamadariTikTok yang mengapresiasi para kreator dan konten yang muncul dari TikTok. Program tersebut diluncurkan pada bulan September lalu sebagai bentuk perayaan ulang tahun TikTok di Indonesia dan berhasil membangkitkan tren tersendiri.Kini TikTok sudah hadir di 150 negara di wilayah dengan 75 bahasa dan 50 kantor di seluruh dunia. 

Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia

Baca juga: TikTok Berusaha Ciptakan Tren dengan Kampanye Sama-sama dari TikTok

“Di TikTok, kami senang berkolaborasi dengan para kreator dan menginspirasi kreativitas baru di komunitas kami. TikTok sering menjadi rumah bagi para musisi dan kreator musik untuk menampilkan bakatnya, mengembangkan basis penggemar, dan menghasilkan lagu hits. Manfaat TikTok mulai dari membantu musisi baru untuk ditemukan para label atau produser sampai meluncurkan lagu=lagu baru secara eksklusif. Para musisi di seluruh dunia termasuk Indonesia dapat menjadikan TiikTok sebagai batu loncatannya,” ucap Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.

Berdasarkan penelitian dari YPulse Survey 2019, lebih dari 50% generasi Z di berbagai negara menemukan lagu baru dari platform digital. Platform tersebut termasuk media sosial dan TikTok.Di Indonesia, lebih dari 80% kegiatan online dilakukan masyarakat untuk mendengarkan musik. Sekitar 78% konsumen di Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih banyak menonton video online dibandingkan sebelum pandemi. 

Erik Purwanto, Digital Marketing Domestic Manager, Sony Music Entertainment Indonesia

“Teknologi yang dimiliki TikTok bisa memberikan audiens kepada semua pengguna. Hal ini berlaku juga bagi para musisi, baik yang baru muncul ataupun yang sudah lama berkarir. Penyanyi di bawah label kami, Terry Shahab pun mengalami hal ini. Lagunya yang diluncurkan beberapa tahun lalu kembali terkenal setelah digunakan menjadi latar berbagai video viral di TikTok. Ini menjadi suatu kesempatan baru bagi para musisi dan label untuk memperkenalkan kembali lagu-lagu yang sebelumnya tak dikenal Gen Z,” ucap Erik Purwanto, Digital Marketing Domestic Manager, Sony Music Entertainment Indonesia.

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Gelar Kampanye Positif Melalui Video Pendek Kreatif  

Berbagai kesempatan untuk memicu kreativitas di dunia musik ditawarkan oleh perpaduan algoritma, komunitas kreatif di TikTok dan fitur-fitur aplikasi tersebut. Kreativitas ini termasuk menggelar tantangan memakai lagu, berkolaborasi dengan fitur duet, dan terhubung dengan pengguna lain memakai fitur live streaming. TikTok pun dapat digunakan untuk meluncurkan lagu baru dan sarana menemukan bakat baru secara global.

Dipha Barus, DJ dan produser musik
Baca juga: Dukung Internet Positif, TikTok Gandeng Sudah Dong Kampanyekan #SamaSamaNyaman

 “TikTok menjadi jembatan bagi kami, para musisi, untuk terhubung dengan penggemar dari semua negara dan juga audiens baru. Tidak jarang, audiens baru ini berpotensi menjadi bakat baru di bidang musik. Mereka pun bisa diajak berkolaborasi langsung di aplikasi TikTok,” ucap Dipha Barus, DJ dan produser musik.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email