TikTok Berkolaborasi dengan JFW Gelar Jakarta Fashion Week 2021 TikTok Berkolaborasi dengan JFW Gelar Jakarta Fashion Week 2021 ~ Teknogav.com

TikTok Berkolaborasi dengan JFW Gelar Jakarta Fashion Week 2021

Teknogav.com – Selama pandemi COVID-19 melanda dunia, banyak industri terdampak bisnisnya, tak terkecuali industri fesyen. Bersama dengan beberapa pelaku industri fesyen, TikTok menggelar diskusi bertema “Mendorong Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital”. Pada diskusi tersebut, dipaparkan bagaimana industri fesyen dapat memamerkan koleksi terbarunya melalui platform TikTok sambil mengikuti challenge yang ada. TikTok juga berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week untuk menggelar Jakarta Fashion Week 2021 yang akan digelar pada November 2020 ini.

 Biasanya Jakarta Fashion Week menggelar fashion show mereka untuk memamerkan karya para perancang busana. Harapannya dengan beralihrnya peragaan busana ini secara online di platform TikTok,justru akan menambah eksposur ke jutaan pengguna TikTok. Jakarta Fashion Week 2021 ini merupakan festival fashion show virtual pertama di Indonesia dan akan berlangsung selama 26-29 November 2020.

Jakarta Fashion Week 2021

Jalannya acara Jakarta Fashion Week 2021 ini dapat diikuti di akun resmi @jfwofficial di TikTok. TikTok juga telah bermitra dengan berbagai brand fesyen internasional. Beberapa brand feysen tersebut mencakup Louis Vuitton, Puma, Yves Saint Laurent, dan banyak brand lainnya. Berikut ini adalah jadwalnya. 

Jadwal Jakarta Fashion Week 2021

Pada diskusi yang digelar 20 November 2020, TikTok dan pemain industri fesyen membahas mengenai perubahan yang terjadi di industri fesyen. Perubahan tersebut termasuk cara beradaptasi di kala pandemic dan potensi pemanfaatan TikTok sebagai platform digital. Diskusi ini juga merupakan bagian dari kolaborasi TikTok Indonesia dengan Jakarta Fashion Week. 

Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations

"Kami melihat bagaimana industri fesyen berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi. Hal ini mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing. Kerjasama ini merupakan cara lain bagi mitra brand kami untuk memanfaatkan pendekatan yang autentik dan didorong komunitas di platform kami. Komunitas dapat memamerkan seni, kreativitas, dan kepribadian mereka dalam cara unik dan khas TikTok," ucap Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. 

Baca juga: TikTok Berusaha Ciptakan Tren dengan Kampanye Sama-sama dari TikTok

Laporan Bain & Company memperkirakan pandemi global akan menyebabkan kerugian bisnis fesyen sebesar 60%. Dampak pandemi di Indonesia pun menyebabkan penutupan toko fisik dan pemangkasan biaya pemasaran. Penyelenggara ajang peragaan busana pun berusaha agar para prancang tetap bisa memamerkan karyanya ke penikmat fesyen dan pemangku kepentingan lain.

Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week mengunkapkan bahwa fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru. Mereka harus bisa mempertahankan bisnisnya dengan cara terus terhubung dengan pelanggan. Kreativitas baru di bidang fesyen harus dapat dihadirkan ke para penggemar karya mereka. TikTok dapat berperan sebagai platform inovatif tersebut yang bisa menjadi sarana mengekspresikan kreativitas, terutama di dunia fesyen.

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Gelar Kampanye Positif Melalui Video Pendek Kreatif

Penggunaan platform online sebagai sarana menjalankan bisnis di industri fesyen sebenarnya bukan hal yang baru. Cottonink, salah satu brand fesyen lokal bahkan memulai bisnisnya dari online terlebih dahulu baru membuka toko fisik. Kini dengan keberadaan platform TikTok, Cottonink sering mengikuti challenge yang sedang tren untuk memamerkan karya-karya terkini mereka. Cottonink pun akan berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week November ini.

Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink

“Platform digital merupakan bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok memberikan cara baru bagi Cottonink untuk memamerkan koleksi terbaru kami,” ucap Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink.

Baca juga: TikTok for Business Dukung UMKM Promosikan Produk dan Layanannya

Konten fesyen memang merupakan kategori terpopuler di TikTok, baik di Indonesia maupun internasional. Para brand fesyen kelas dunia pun memanfaatkan kreativitas pengguna TikTok. Pemanfaatan platform ini mulai dari penyampaian pesan brand, pemasaran koleksi terkini, sampai mencari muse untuk desain mereka.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email