MediaTek MT8192 dan MT8195, Chipset Chromebook Hemat Daya Berkinerja Tinggi MediaTek MT8192 dan MT8195, Chipset Chromebook Hemat Daya Berkinerja Tinggi ~ Teknogav.com

MediaTek MT8192 dan MT8195, Chipset Chromebook Hemat Daya Berkinerja Tinggi

Teknogav.com – MediaTek menghadirkan chipset MT8192 dan MT8195 untuk Chromebook generasi baru. Produksi chipset MT8192 dilakukan dengan teknologi 7 nm, dan dirancang untuk digunakan pada Chromebook mainstream. Sedangkan produksi MT8195 menggunakan teknologi 6 nm dan dirancang untuk perangkat premium. Para produsen perangkat dapat membuat Chromebook cantik dan ringan menggunakan chipset tersebut, namun tetap tangguh dengan pengalaman komputasi luar biasa. Keistimewaan chipset tersebut adalah hemat daya sehingga baterai pada Chromebook bisa bertahan lebih lama.
 
“Chromebook sekarang mendapat peningkatan popularitas yang luar biasa karena semakin banyak orang bekerja dari rumah dan belajar online. MediaTek sudah mentenagai sebagian Chromebook populer di pasar. Kami akan terus meningkatkan dan mendorong pengalaman pengguna dengan chipset-chipset baru ini. MT8192 dan MT8195 memberikan lebih banyak fitur bagi para pembuat perangkat untuk merancang berbagai Chromebook yang paling kuat. Chromebook ini dengan desain inovatif yang bisa diputar, dilipat atau dilepaskan, tipis, ringan, dan memiliki umur batere yang sangat lama,” ucap Jerry Yu, Corporate Senior Vice President, MediaTek.
jajaran perangkat yang menggunakan Chipset MediaTek

Pengguna Chromebook yang menggunakan chipset ini bisa melakukan konferensi video, video streaming, gaming sampai mengggunakan aplikasi-aplikasi yang didukung AI. Chipset ini juga dibekali digital signal processor (DSP) audio khusus untuk mengaktifkan Voice wakeup (VoW). DSP ini menggunakan daya sangat rendah untuk mendukung asisten suara. Kedua chipset juga mendukung PCI-Express Gen 3 dan USB 3.2 Gen 1.

Baca juga: MediaTek i350, Platform Edge AI dengan DSP untuk Perangkat AIoT

Baik MT8192 maupun MT8195 memadukan AI processing unit (APU) berkinerja tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi suara dan visual. Kecanggihan teknologi APU dari MediaTek dirancang untuk mengidentifikasi suara dan pengendalian menggunakan suara dengan mulus. APU ini bisa mengenali kata, gambar, mengubah kata ke teks, menerjemahkan secara langsung, mengenali objek, dan menghapus latar belakang. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengurangi kebisingan, segmentasi gambar dan video, dan pengendalian dengan gerakan. Selusuh kemampuan tersebut dapat dilakukan APU ini secara real-time.

Prosesor sinyal gambar high dynamic range (HDR) memungkinkan Chromebook yang menggunakan chipset ini menggunakan berbagai konfigurasi kamera. Produsen perangkat dapat memadukan kamera 80 MP 4-sel, kamera tunggal 32 MP atau kamera ganda 16 MP + 16 MP. Berbagai konfigurasi tersebut dapat digunkaan untuk menyajikan HDR yang tajam saat konferensi video. Kedua chipset juga mengintegrasikan proses decode video HDR 4K untuk kualitas video luar biasa, dan tetap memaksimalkan umur baterai. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk menonton konten favorit di Chromebook lebih lama.


MediaTek MT8195

Seperti telah disinggung sebelumnya, MediaTek 8195 diproduksi dengan proses TSMC 6 nm yang mengintegrasikan CPU delapan inti. Delapan inti prosesor tersebut terdiri dari empat inti Arm Cortex-A78 dan empat inti Arm Cortex-A55. Arm Cortex-A78 bertugas untuk melakukan komputasi aplikasi intensif. Sedangkan Arm Cortex-A55 bertugas menangani tugas-tugas latar belakang secara simultan dan memiliki karakteristik hemat daya memaksimalkan umur baterai.

Chipset ini juga mengintegrasikan MediaTek APU 3.0 dengan kinerja AI sampai 4 TOPS. Kinerja prosesor akan didukung oleh LPDDR4X 2133 MHz empat-kanal yang memastikan bandwidth memori yang cukup. Grafis pada chipset ini didukung GPU lima-inti Arm-Mali G57 yang kuat dalam menghasilkan visual yang cantik.

Baca juga: Terus Dukung Teknologi 5G, MediaTek Paparkan Jajaran Lini Produknya  

MT8195 juga mendukung hingga tiga layar simultan sehingga bisa menyajikan lebih banyak layar. Kemampuan ini memungkinkan pengguna Chromebook bekerja, bermain game, atau sekadar menjelajahi internet. Chipset ini juga mendukung akselerator video perangkat keras Codec AV1 yang menyajikan pengalaman berkualitas bioskop untuk streaming film dan konten. Proses decode AV1 dengan perangkat keras hanya membutuhkan lebih sedikit data dengan tetap menyajikan pengalaman grafis dan video yang mulus. Sementara itu audio pada chipset ini mendukung Dolby Vision dan Surround Sound 7.1 .

MediaTek MT8192

Chipset MT8192 dari MediaTek ini mengintegrasikan CPU dengan delapan inti prosesor yang menyajikan keseimbangan ideal antara tenaga dan efisiensi. Delapan inti tersebut terdiri dari empat inti Arm Cortex-A76 dan empat Arm Cortex-A55. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh LPDDR4x 2133 MHz dan media penyimpanan UFS 2.1. Sementara itu MediaTek APU 2.0 siap menyajikan kinerja AI sampai 2,4 TOPS.

Grafis pada chipset ini didukung GPU lima-inti Arm Mali-G57 yang sanggup menyajikan visual yang cantik. Chipset MT8192 juga mendukung layar wide quad high definition (WQHD) dengan refresh rate standar 60 Hz. Sedangkan untuk penggunaan layar FullHD+, maka refresh rate bisa sampai 120 Hz untuk tingkat respon yang super cepat. MT8192 juga mendukung dua layar FullHD yang bisa digunakan secara serentak.

Baca juga: MediaTek Dimensity 700 Siap Tenagai Smartphone 5G Mainstream

Chromebook yang ditenagai chipset MT8192 akan mulai beredar di pasaran pada kuartal kedua tahun 2021. Sementara untuk Chromebook premium dengan layar cerdas, tablet dan perangkat-perangkat cerdas lain yang menggunakan chipset MT8195 akan hadir setelahnya. Informasi lebih lanjut mengenai chipset MediaTek untuk Chromebook dapat dilihat pada https://i.mediatek.com/chromebook.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email