Synology DS1621+, NAS 6-bay Ringkas Berkinerja Tinggi Synology DS1621+, NAS 6-bay Ringkas Berkinerja Tinggi ~ Teknogav.com

Synology DS1621+, NAS 6-bay Ringkas Berkinerja Tinggi

Teknogav.com – Synology menghadirkan Network Attached Storage (NAS) terkini dengan lebih banyak slot dan kinerja dua kali lipat, yaitu DS1621+. Ini merupakan DiskStation NAS 6-bay yang bisa diperluas menggunakan ekspansi sampai 16-bay. Kebutuhan penyimpanan dan perlindungan data terpusat dalam jumlah besar dan mudah dapat dipenuhi oleh NAS DS1621+ ini. Kemampuan tersebut membuat perangkat ini sangat cocok digunakan oleh bisnis dan content creator.

Prosesor yang digunakan pada DS1621+ adalah AMD Ryzen empat inti yang dibangun pada arsitektur ‘Zen’. Kemampuan memproses data pada NAS ini mencapai lebih dari dua kali lipat dibandingkan Intel Atom C3538. Kinerja write sekuensial dari perangkat ini memiliki kecepatan sampai 1,1 Gbps atau mengalami peningkatan 76%. Sementara kinerja 4KB random read random lebih tinggi 174% dengan 110K IOPS.

“Pengguna kami semakin banyak yang mengandalkan solusi penyimpanan Synology untuk menyimpan dan mengakses langsung data penting. Penggunaan ini baik untuk bisnis maupun pribadi. DS1621+ dirancang untuk memberikan solusi serbaguna bagi content creator dan pengguna bisnis. Solusi ini diberikan dengan menyediakan penyimpanan yang cepat, andal dan berkapasitas tinngi. Infrastruktur TI pun siderhanakan dengan pencadangan yang mudah untuk PC dan mesin virtual,” ucap Hewitt Lee, Direktur Synology Product Management Group. 

Baca juga: Review Synology NAS DS420+, Solusi Penyimpanan Data Terpusat Bagi UKM

Layaknya NAS, maka DS1621+ menyediakan dua slot M.2 2280 yang dapat digunakan untuk menjadikan SSD NVMe sebagai cache. Penggunaan cache bisa meningkatkan kinerja sampai 20 kali lipat untuk data yang sering diakses. Perangkat ini juga mendukung opsi 10GbE NIC untuk lingkungan jaringan lebih cepat dan bisa digunakan berbarengan. NIC yang kompatibel dengan DiskStation ini termasuk E10G17-F2, E10G18-T2, E10G18-T1. Daftar perangkat yang kompatibel lainnya dapat dilihat pada daftar kompatibilitas.

Pernyimpanan dan Perlindungan Data Mumpuni

Seperti telah disinggung sebelumnya, NAS DS1621+ ini memiliki kapasitas lebih lapang untuk menyimpan file besar berkat dukungan 6 drive bay. Jika masih kurang, bahkan bisa ditambah sampai 16 bay menggunakan dua unit ekspansi Synology DX517 yang dapat dibeli secara terpisah. Data pun akan senantiasa aman dan terlindungi dengan adanya dukungan fitur integritas data dan memori ECC pada DiskStation Manager (DSM). Berbagai solusi pencadangan dan pemulihan data pun tersedia pada DSM ini untuk mengatasi masalah yang umum terjadi.

Baca juga: Produk-produk WD Red dari Western Digital Tingkatkan Kinerja NAS Hybrid

Pengguna bisa dengan mudah memulihkan file ke versi sebelumnya dengan membuat titik waktu pemulihan yang bisa dijadwalkan menggunakan Snapshot Replication. Jadi ketika terkena enkripsi ransomware, tinggal pulihkan file ke versi sebelumnya saja. Perlindungan off-site tambahan bisa dilakukan dengan membuat jadwal pencadangan data ke Synology NAS atau ke layanan cloud menggunakan Hyper Backup. Layanan cloud yang bisa digunakan mencakup Synology C2, atau layanan cloud publik lain.

Data yang disimpan di perangkat lain atau infrastruktur eksternal pun bisa dilindungi dengan pencadangan terpusat menggunakan Active Backup for Business. Infrastruktur tersebut bisa berupa PC, mesin virtual, Google G Suite dan Microsoft 365. Ekosistem aplikasi DSM menjadikan NAS dari Synology tak hanya sekadar solusi penyimpanan, tetapi juga pengelolaan data yang tak terbatas.

Fitur Synology Drive dapat menjadikan DS1621+ sebagai cloud pribadi untuk berbagi file di jaringan LAN atau beberapa situs. Hal ini bisa dilakukan tanpa perlu membayar biaya lisensi berulang. Serunya lagi pengguna bisa memulihkan file ke versi sebelumnya menggunakan fitur intelliversioning. Synology Drive Client tersedia untuk desktop, mobile, web, dan Synology NAS lainnya, sehingga tersedia banyak pilihan untuk mengakses data.

Baca juga: Review Synology NAS DS420+, Solusi Bagi Pecinta Streaming Resolusi Tinggi

Jika ingin membuat galeri foto dan video pribadi, maka bisa menggunakan Synology Moments yang bisa mengelompokkan foto secara otomatis. Pengelompokkan foto tersebut dilakukan menggunakan algoritma machine learning yang mengenali wajah dan informasi geotag. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menyunting atau berbagi file dengan pihak lain untuk menyunting bersama. Tersedia juga aplikasi mobile untuk memudahkan membuat back up foto dan video dari smartphone atau tablet.

Harga dan Ketersediaan

NAS DS1621+ sudah tersedia di Indonesia dan bisa dibeli di reseller dan mitra Synology di Indonesia. Perangkat ini memiliki garansi tiga tahun yang bisa diperpanjang sampai lima tahun dengan melakukan pembelian bundle EW201 opsional.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email