Teknologi Layar Inovatif Jadi Andalan Laptop Gaming ROG Tahun 2021 Teknologi Layar Inovatif Jadi Andalan Laptop Gaming ROG Tahun 2021 ~ Teknogav.com

Teknologi Layar Inovatif Jadi Andalan Laptop Gaming ROG Tahun 2021

Teknogav.com - Pada ajang CES 2021, ASUS mengumumkan jajaran ROG terkininya yang mengusung keandalan teknologi layar terkini yang siap memenuhi kebutuhan gamer. Beberapa teknologi layar hadir pada jajaran laptop ROG terkini tersebut mencakup 4K 120 Hz, WQHD 165 Hz dan FHD 360 Hz. Kecanggihan teknologi layar ini diperkenalkan pertama kali pada ajang CES 2021.

Panel 4K 120 Hz diusung pada ROG Zephyrus Duo 15 SE. Sementara saat ini panel 360 Hz/3 ms hanya diusung ROG Strix SCAR 17. Keduanya mumpuni untuk memenuhi kebutuhan gamer esports prosional. Laptop gaming ROG Strix SCAR 15 dan ROG Zephyrus Duo 15 SE akan tampil dengan panel 300 Hz/3 ms. Panel WQHD 165 Hz yang memiliki tampilan konten grafis tajam digunakan pada varian laptop gaming ROG lainnya. Tampilan tersebut lebih baik jika dibandingkan panel dengan resolusi FHD. Selain gamer, para kreator konten pun akan merasakan kelebihan teknologi layar ini berkat kualitas reproduksi warna yang baik.

laptop gaming ROG

Baca juga: ROG Strix G dan SCAR Series Penuhi Kebutuhan Gamer eSports 

Prestasi ROG dalam Teknologi Layar

Pengembangan teknologi layar laptop oleh tim ROG memiliki fokus utama pada kecepatan. Hal ini karena kecepatan merupakan hal krusial pada layar laptop gaming. ROG telah menjadi yang terdepan dalam industri layar gaming sejak lama. Layar IPS-level 120 Hz pun pertama kali dihadirkan di pasar oleh ROG.

Teknologi Overdrive dihadirkan ROG dari monitor gaming ke layar laptop. Inovasi ini menghadirkan refresh rate sangat tinggi dan waktu respon yang sangat singkat untuk pertama kalinya pada layar laptop. ROG terus mengembangkan layar dengan refresh rate lebih tinggi dan waktu respon lebih singkat. Usaha tersebut terus dilakukan tanpa mengorbankan kualitas reproduksi warna. Layar panel 360 Hz/3 ms yang diusung pada laptop gaming ROG Strix SCAR 17 merupakan salah satu pencapaian tim ROG.

Panel 360 Hz/3 ms pada ROG Strix SCAR 17

Kecepatan refresh rate yang tinggi pada panel 360 Hz menjadikan ROG Strix SCAR 17 sebagai laptop gaming dengan layar tercepat. Kinerja layar pada ROG Strix SCAR 17 mirip monitor gaming ROG Swift yang juga mengusung panel 360 Hz. Algoritma khusus yang dipakai pada jajaran monitor gaming ROG pun mendukung untuk mencapai waktu respon 3 ms (mili detik).

Laptop gaming ROG Strix SCAR 17 dirancang khusus bagi para gamer esports. Keberadaan layar dengan refresh rate tinggi dan waktu respon rendah sangat esensial bagi gamer esports. Waktu delay setiap kali frame ditampilkan pada panel 360 Hz dipangkas sampai 33% jika dibandingkan panel 240 Hz. Kemenangan gamer profesional yang ditentukan dari kecepatan respon dan kemampuan layar menampilkan gambar secepat mungkin sangat dipengaruhi faktor tersebut.

Keseimbangan Kecepatan dengan Resolusi

ROG fokus mengembangkan teknologi layar dengan panel IPS-level karena komunitas gaming tak hanya sebatas pada esports. Refresh rate tinggi dan waktu respon singkat dimiliki oleh teknologi panel IPS-level. Selain itu IPS-level juga memiliki sudut pandang lebar dan kemampuan reproduksi warna yang tinggi. ROG Zephyrus yang diluncurkan tahun 2020 bahkan sudah mengusung panel 300 Hz dengan kualitas reproduksi warna tinggi dan akurat. Layar pada ROG Zephyrus tersebut bahkan menyandang sertifikasi PANTONE Validated.

Baca juga: Jajaran ROG Zephyrus Terkini Makin Tangguh dengan Intel Core i7 Gen-10

Layar IPS-level dan validari warna Pantone

Biasanya semakin tinggi resolusi layar, maka refresh rate akan semakin rendah. Sebelumnya layar dengan resolusi 4K UHD hanya bisa tampil dengan refresh rate 60 Hz. Tentu saja nilai refresh rate tersebut tak sesuai standar gaming. Tim ROG pun berinovasi untuk meningkatkan standar industri layar laptop gaming.

Panel 4K UHD dengan Refresh Rate 120 Hz

Inovasi tim ROG terkini adalah layar 4K UHD dengan refresh rate 120 Hz dan waktu respon 3 mili detik. Layar ini diusung pada laptop gaming ROG Zephyrus Duo 15 SE. Kecanggihan lain layar tersebut adalah tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat. Color gamut pada layar tersebut sampai 100% pada Adopbi RGB dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated. Tim ROG pun berkomitmen untuk menghadirkan inovasi ini agar bisa diakses oleh lebih banyak gamer.

Baca juga: ROG Zephyrus Duo 15, Seru Main Game dengan Dua Layar

Panel WQHD dengan Refresh Rate 165 Hz

Pada September 2020, ROG menjadi produsen laptop gaming pertama yang memperkenalkan layar WQHD. Layar ini memiliki resolusi 2560 x 1440 piksel dengan refresh rate sampai 165 Hz. Teknologi tersebut akan menjadi standar baru industri laptop gaming. Jajaran laptop gaming ROG akan mengusung teknologi layar tersebut. Berapa laptop gaming ROG yang mengusung layar tersebut adalah ROG Zephyrus G15, ROG Strix G15, dan ROG Strix 17.

Panel WQHD dengan Refresh Rate 120 Hz

ASUS tak hanya menghadirkan layar berkinerja tinggi pada laptop gaming dengan layar besar. ROG Zephyrus G14 yang merupakan laptop gaming dengan layar berukuran 14 inci pun akan mendapatkan pembaruan. Pembaruan tersebut adalah layar dengan resolusi WQHD dengan refresh rate 120 Hz. Tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat dengan sertifikasi PANTONE Validated pun akan diusung layar tersebut. Keunggulan tersebut menjadikan ROG Zephyrus G14 pas menjadi ‘do-it-all laptop’ yang bertenaga. Keandalan laptop tersebut bisa digunakan main game, menikmati hiburan dan membuat konten.

Panel FHD 120 Hz pada ROG Flow 13

Pada CES 2021 ini, ROG juga memperkenalkan laptop gaming inovatif terkini, yaitu ROG Flow X13. Layar berukuran 13 inci pada laptop gaming ini disematkan pada form-factor 2-in-1 yang begitu ringkas. Resolusi layar tersebut FHD dengan refresh rate 120 Hz dan rasio layar 16:10 dan sudah mengadopsi teknologi layar sentuh. Layar ini juga bisa digunakan dengan stylus.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email