AMD dan Para Mitra Pamerkan Dunia Digital-First di CES 2021 AMD dan Para Mitra Pamerkan Dunia Digital-First di CES 2021 ~ Teknogav.com

AMD dan Para Mitra Pamerkan Dunia Digital-First di CES 2021


Teknogav.com - Dr. Lisa Su, CEO AMD memaparkan keynote pada 12 Januari 2021 di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021. Keynote yang disampaikannya menekankan pada percepatan transformasi digital di rumah, kerja dan hiburan. Beberapa mitra AMD pun turut menyampaikan testimoni tersebut, yaitu HP, Lenovo, Lucasfilm, Mercedes-AMG Petronas Formula 1 Team dan Microsoft.

AMD memamerkan inovasi teknologi yang meningkatkan cara hidup, kerja dan bermain pada konsumen. Dr. Lisa Su menekankan pentingnya komputasi berkinerja tinggi dalam kehidupan masyarakat sehar-hari dan caranya mempercepat transformasi digital. Transformasi tersebut terjadi di rumah dan kerja, yang menunjukkan masa depan cerah tahun ini dan berikutnya.
Demi mentenagai masa depan tersebut, Dr. Su mengumumkan keluarga baru prosesor mobile berkinerja tinggi untuk laptop dan menawarkan pratinjau prosesor server generasi mendatang untuk pusat data.

“AMD sangat bangga menjadi jantung dari produk, layanan dan pengalaman yang menjaga kita untuk produktif, berlajar, terhubung dan terhibur. Ini terjadi dalam dunia digital-first yang terus meningkat. Kami berkomitmen untuk secara konsisten mendorong mengenai apa yang memungkinkan di PC, gaming, pusat data dan cloud. Hal ini kami lakukan bersama-sama dengan mitra industri kami,” ucap Dr. Su.

Testimoni Para Mitra AMD

Para mitra AMD pun turut memberikan testimonial mereka, berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Enrique Lores, CEO HP
  • Fran├žois Chardavoine, Vice President of Technology for Lucasfilm
  • Lewis Hamilton, Pembalap Mercedes-AMG Petronas Formula One Team
  • Toto Wolff, Team Principal dan CEO Mercedes-AMG Petronas Formula One Team
  • Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft
  • Yan Yuanqing, CEO Lenovo

Mereka berbagi mengenai cara bermitra dengan AMD untuk menawarkan produk-produk, layanan, dan pengalaman paling menarik bagi masyarakat di seluruh dunia. Contohnya adalah Lewis Hamilton yang merupakan juara dunia Formula 1, dia membahas perang komputasi berkinerja tinggi dalam balapan. Pembahasan tersebut mulai dari rancangan dan pengujian mobil sampai ke analisa data balapan untuk keuntungan bersaing.

AMD dan para mitra membangun dunia cerdas

Para peneliti ilmiah pun turut menjelaskan kiprah AMD pada penelitian penyakit menular, termasuk COVID-19. Kiprah tersebut mencakup tambahan 12 petaflops tenaga komputasi yang disumbangkan AMD EPYC dan AMD Radeon Instinct mempercepat kerja mereka.

Para OEM laptop teratas dunia yang mencakup Asus, HP dan Lenovo akan menghadirkan sistem AMD Ryzen 5000 ke pasaran mulai Februari. Akan ada lebih dari 150 sistem yang diluncurkan tahun ini. Enrique Lores, CEO HP dan Yan Yuanqing, CEO Lenovo membahas mengenai kemitraan dengan AMD membentuk pengalaman komputasi masa depan. Hal ini dimungkinkan berkat form factor baru yang ditawarkan AMD. Sementara itu Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft membahas mengenai sifat penting PC.Sifat tersebut mencakup fungsi untuk saling terhubung, bekerja, belajar dan gaming. Kolaborasi antara AMD dan Microsoft merevolusi pengalaman komputasi tersebut.

Baca juga: AMD EPYC Tingkatkan Kinerja Analitik Data Microsoft Azure Data Explorer

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series

AMD memamerkan rekam jejaknya dalam mengeksekusi roadmap produk-produk ambisius mereka yang konsisten pada CES 2021. Dr. Su mengumumkan prosesor mobile AMD Ryzen 5000 series. Prosesor tersebut mengusung kinerja terdepan di industri dan efisiensi tinggi dari inti ‘Zen 3’ ke laptop. AMD meluncurkan prosesor AMD Ryzen 5000 series untuk mendukung pergeseran dramatis pada kerja dan belajar dari rumah. Prosesor ini memadukan kinerja terdepan industri dengan efisiensi daya yang dibutuhkan untuk komputasi PC masa depan. 

Dr. Lisa Su memegang chipset AMD

Ketangguhan dan efisiensi energi dari prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series ditujukan untuk laptop ultra-tipis dan gaming. Keluarga prosesor AMD terkini yang diumumkan mencakup AMD Ryzen 5000 U-Series dan 5000 H-Series. Prosesor AMD Ryzen 5000 U-Series ditujukan untuk laptop yang tipis dan ringan. Sedangkan prosesor AMD Ryzen 5000 H-Series untuk laptop yang ditujukan bagi gamer dan kreator konten.

Baca juga: AMD Ryzen 5000 Series, Tingkatkan Kinerja Gaming dan Pembuatan Konten

AMD EPYC Generasi ke-3

Dr. Su juga berbagi demostrasi prosesor server AMD EPYC generasi ketiga pertama kalinya untuk umum. Prosesor tersebut ditujukan untuk penggunaan di pusat data, layanan cloud dan komputasi berkinerja tinggi.

Pada demonstrasi prosesor AMD EPYC generasi ke-3 dihadirkan Model Weather Research and Forecast (WRF). Model ini digunakan di lebih dari 160 negara yang mengolah prakiraan cuaca intensif komputasi untuk Amerika Serikat. Dua prosesor ‘Milan’ 32 inti berhasil mengalahkan dua prosesor soket ganda kelas atas sebesar 68%. Prosesor AMD EPYC generasi ke-3 ini akan meningkatkan standar kinerja, fitur-fitur keamanan canggih dan nilai bisnis yang dikenal pada AMD. 

Baca juga: Ekosistem AMD EPYC Dukung Kerja Jarak Jauh dengan Solusi HCI

AMD merancang prosesor AMD EPYC generasi ke-3 yang memiliki kode nama ‘Milan’ untuk memperluas kepemimpinan AMD dalam kinerja. Perluasan tersebut juga termasuk dalam fitur-fitur keamanan dan total cost of ownership (TCO). Prosesor AMD EPYC merupakan jantung dari superkomputer, pusat data dan layanan cloud. Kemampuan prosesor tersebut melandasi penelitian ilmiah, bisnis global, e-commerce dan layanan cloud yang semakin meningkat. Layanan cloud ini mencakup pembelajaran online, aplikasi-aplikasi kolaborasi dan video conferencing. Rencananya AMD akan mengumumkan rincian produk dan ekosistem pada kuartal pertama tahun 2021.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email