OPPO Optimalkan Sistem Pendingin pada Reno5 F OPPO Optimalkan Sistem Pendingin pada Reno5 F ~ Teknogav.com

OPPO Optimalkan Sistem Pendingin pada Reno5 F


Teknogav.com - OPPO akan segera menghadirkan OPPO Reno5 F yang mengandalkan kecepatan pada smartphone sesuai dengan slogan ‘Picture Life in Speed”. Keandalan ini membedakan posisi OPPO Reno5 F dengan OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 5G yang sudah lebih dahulu diluncurkan. Sasaran pasar OPPO Reno5 F adalah segmen anak muda dengan rentang usia 18-25 tahun. Segmen tersebut mencakup anak kuliahan dan orang yang baru mengawali karirnya sehingga membutuhkan hal-hal yang berkaitan dengan kecepatan. OPPO Reno5 F akan dibanderol dengan harga terbaik untuk smartphone yang mengandalkan kecepatan.

Optimasi Sistem Pendingin dan Cara Kerjanya

Perangkat keras pada OPPO Reno5 F ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja sistem pendinginan. Smartphone ini memadukan aluminium yang memiliki karakteristik penghantaran suhu yang tinggi sehingga lebih efisien 30% dalam membuang panas. Bahan tersebut juga meningkatkan kekuatan struktur perangkat. 

Baca juga: Pre-Order OPPO Reno5 5G 25 Januari 2021, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Efektivitas pembuangan panas CPU dan media penyimpanan juga ditingkatkan dengan mengoptimalkan susunan lembaran grafit di bingkai tengah. Lapisan lembar grafit di sekitar layar juga ditambah dari 2 menjadi 3 lapis sehingga pembuangan panas lebih efisien 30%. Pembuangan panas dari CPU dan media penyimpanan juga ditingkatkan dengan menambah empat lapis tabung grafit.

Pada bagian dalam terdapat sensor suhu, data yang diperoleh dari sensor tersebut dibaca dan dianalisis smartphone. Analisis tersebut dilakukan untuk memperkirakan suhu penutup belakang smartphone dengan toleransi 1,5°C. Penyesuaian kecepatan clock CPU akan dilakukan smartphone berdasarkan perkiraan suhu sehingga bisa mengendalikan suhu dengan lebih akurat dan efisien. Pengendalian suhu yang pintar ini juga dapat menyeimbangkan suhu dengan kinerja smartphone berdasarkan skenario penggunaan. Ketika beberapa aplikasi yang sering digunakan dijalankan, arus komponen dapat dideteksi untuk membatasi konsumsi daya dan mengoptimalkannya menyeluruh berdasarkan data.

Desain OPPO Reno5 F

OPPO Reno5 F Fantastic Purple

Dimensi OPPO Reno5 F memiliki ketebalan 7,8 mm, sedikit lebih tebal dibandingkan OPPO Reno4F. Ketebalan penutup baterai Reno5 F 0,55 mm dan pada bagian depan dibekali pelat grafit 0,1 mm tipis. Pelat tersebut juga mendukung pembuangan panas. Ukuran motherboard pun dioptimalkan untuk memperkokoh komponen struktural di dalamnya. Bobot OPPO Reno5 F pun sedikit lebih berat, yaitu 172 gram, namun cukup ringan tak membebani tangan saat bermain game

Desain 3D melengkung terdapat pada penutup baterai yang ditonjolkan Flowing Light Design, sehingga memberikan kesan tipis dan modern. Flowing Light Design juga dapat menampilkan berbagai warna tergantung arah datang cahaya dan sudut penglihatan. Punggung smartphone OPPO Reno5 F menggunakan panel komposit dengan penampang glossy yang menampilkan tekstur matte. Bahan panel tersebut sangat transparan setara kaca dan lebih tahan pecah dan retak.

OPPO Reno5 F Fluid Black

Pilihan warna yang tersedia untuk OPPO Reno5 F ini adalah Fantastic Purple dan Fluid Black. Pada panel belakang komposit 3D Fantastic Purple, OPPO memakai proses Liquid Crystal Coating untuk pertama kalinya. Hasilnya adalah tampilan warna yang tidak ungu murni, tetapi dapat menampilkan warna hijau pada sudut tertentu. Sementara Fluid Black menyajikan gradasi warna yang sangat halus dari hitam gelap ke hitam yang lebih terang dan mengkilap layaknya kilau perak.

Baca juga: OPPO Reno5 Pantulkan Ribuan Warna dengan Diamond Spectrum

Layar OPPO Reno5 F

OPPO Reno5 F menggunakan layar panel AMOLED berukuran 6,43 inci dengan desain lubang tunggal (single punch hole) berukuran 5,69 mm. Bezel di sekililing layar pun lebih tipis, sehingga menghasilkan rasio layar-ke-bodi sampai 90,8%. Layar yang makin lapang ini meningkatkan pengalaman bermain game dan menikmati konten, baik video maupun media sosial.

All-day AI Eye Comfort memadukan Sunlight Screen dan Moonlight Screen yang menyesuaikan preferensi pengguna seiring intensitas penggunaan smartphone. Visibilitas tampilan ditingkatkan Sunlight Screen sehingga tampilan layar lebih jelas di siang hari, bahkan saat terpapar terik matahari. Sementara itu Moonlight Screen akan meredupkan layar secara otomatis di malam hari dan menurunkan kecerahan sampai 2 nits. Tingkat kecerahan dan temperatur warna yang lebih rendah memperlembut tampilan layar di mata sehingga memberikan pengalaman menonton yang nyaman.

layar OPPO Reno5 F

Pengaturan lampu latar sepanjang hari pun bisa disesuaikan otomatis dengan fitur AI Backlight. AI pada fitur tersebut mempelajari pola dan perilaku pengguna dalam menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

In-Display Fingerprint 3.0

Sensor sidik jari yang ditanam di layar lebih cepat dan akurat dibandingkan sensor sidik jari di bagian samping atau belakang. Teknologi In-Display Fingerprint Unlock generasi ketiga dari OPPO juga meningkatkan keamanan saat membuka penguncian layar smartphone. Peningkatan ini dilakukan dengan memadukan teknologi kompensasi cahaya terkini dengan teknologi anti pemalsuan berbasis perangkat keras. Sensor pada pemindai anti pemalsuan dapat membedakan antara sidik jari asli dan palsu. Cara membedakannya adalah dengan membandingkan penyerapan dan pantulan cahaya dari kulit manusia dengan karakteristik sidik jari nonorganik atau jari palsu. 

Baca juga: Resmi Meluncur dengan Harga Rp4.990.000, Ini Keunggulan OPPO Reno5

Perbandingan OPPO Reno5 F dan OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F

OPPO Reno5 F

Dimensi Bobot

7,48 mm x 73,8 mm x 160,1mm

164 gram

7,8 mm x 73,2 mm x 160,1 mm  

sekitar 172 gram

Layar

 

6,43 inci 

FHD+ Super AMOLED

Dual Punch-hole

2400 x 1080 piksel; 408 ppi

Refresh rate 60 Hz

Rasio layar 20:9

Rasio bodi ke layar 90.7%

Gorilla Glass 3+

6,43 inci

FHD+ Super AMOLED

Single Punch-hole

2400 x 1080 piksel; 409 ppi

Refresh rate 60 Hz

Rasio layar 20:9

 Rasio bodi ke layar 90.8%

Gorilla Glass 3+

Sensor sidik jari

In-Display Fingerprint 3.0

In-Display Fingerprint 3.0

Warna

Matte Black & Metallic White

Fluid Black & Fantastic Purple

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email