TikTok Buka Peluang Bisnis dan Dukung Pengembangan Karir Para Kreator TikTok Buka Peluang Bisnis dan Dukung Pengembangan Karir Para Kreator ~ Teknogav.com

TikTok Buka Peluang Bisnis dan Dukung Pengembangan Karir Para Kreator

Teknogav.com - Para pembuat konten di TikTok ternyata dapat memperoleh banyak peluang dengan memamerkan karya-karyanya di platform video pendek tersebut. Mereka pun dapat mengembangkan potensi diri dengan berbagi ilmu dalam program #SamaSamaBelajar. Hal ini seperti dialami oleh Mega Gumelar (@megaieo) dan Daffa Urrofi (@urrofi_). Keduanya merupakan pembuat konten di TikTok, Mega merupakan fotografer profesional dan Urrofi merupakan pekerja lepas videografi. Yuk simak pengalaman mereka.

Para kreator yang mengekspresikan diri di TikTok selain membantu menginspirasi orang lain juga membuka peluang bagi mereka untuk mengembangkan karir. Jasa mereka kerap digunakan beberapa brand untuk membuatkan materi dan juga untuk penempatan promosi di channel mereka. 

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Gelar Kampanye Positif Melalui Video Pendek Kreatif

Pengalaman Mega Gumelar dan Daffa Urrofi

Mega awalnya adalah seorang beauty influencer, setelah sering melihat video TikTok di Internet, dia pun beralih ke komunitas TikTok. Menurutnya TikTok dapat menerima nilai autentik dalam dirinya. Saat pandemi, perempuan yang berdomisili di Bali tersebut mencoba mengeksplorasi TikTok. Baginya TikTok memberikan kesempatan yang sama untuk berbagi konten.

karya Mega Gumelar (@megaieo)

“Aku memutuskan untuk memperkenalkan diri sebagai fotografer profesional, identitas yang belum pernah aku ungkapkan sebelumnya di platform lain. Di setiap konten-konten TikTok, aku juga menyisipkan pandanganku tentang makna cantik, bahwa kita semua punya keunikan masing-masing yang harus disyukuri. Surprisingly, kehadiranku dan konten fotografi yang kubagikan diterima baik oleh komunitas TikTok. Bahkan, mereka banyak yang minta dibuatkan tips-tips fotografi yang diterapkan di karyaku,"  ucap Mega.

Baca juga: TikTok Berusaha Ciptakan Tren dengan Kampanye Sama-sama dari TikTok

Mega pun tak sedikit menerima jasa fotografi, seperti untuk pra-wedding. Biasanya dia memberikan ide-ide konsep bagi mereka yang ingin menggunakan jasanya. Hal senada diungkapkan oleh Urrofi, panggilan akrab dari Daffa Urrofi. Dia merasa dapat mengembangkan diri di TikTok. Menurutnya keunikan ekosistem TikTok memudahkan video siapa saja bisa ditemukan. Platform TikTok juga menyediakan video editing tools yang praktis untuk membantu pembuatan konten informatif.

karya Daffa Urrofi (@urrofi_)

Video Urrofi pertama kali diunggah pada pertengahan tahun 2020 dan mendapat respon positif dari pengguna lain. Urrofi pun semakin semangat untuk mengeksplorasi TikTok dan berusaha membuat konten videografi lebih rutin. Upayanya pun berbuah manis dengan terpilih menjadi salah satu nominasi Best of Technology di ajang TikTok Awards Indonesia 2020 beberapa waktu lalu.

"Fokus utamaku membuat konten di TikTok adalah untuk menginspirasi orang-orang yang suka videografi dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Apalagi saat ini kemampuan videografi bisa dimanfaatkan untuk berbisnis,” ucap Urrofi.

Eksplorasi Fitur dan Peluang

Platform TikTok dapat memaksimalkan penggunaan kamera smartphone dengan video editing tools yang tersedia pada aplikasi TikTok. Videografi pun mudah dilakukan dengan alat dan teknik sederhana. Baik Mega dan Urrofi mengungkap bahwa peluang dan bisnis mereka terbuka berkat konsistensi menghadirkan konten berkualitas dan informatif. Konten-konten tersebut merka hadirkan melalui program edukasi #SamaSamaBelajar dengan menggunakan tagar #SamaSamaBelajar.

Mega yang merasa terinspirasi seorang fotografer profesional di TikTok pun merasa mantap mengembangkan profesinya dan membuka studio fotografi. Dia pun merasa dapat maju berkat dukungna dari komunitas di aplikasi. Tawaran kerja sama dari berbagai brand pun diterima oleh Urrofi. Brand-brand tersebut berasal dari banyak bidang seperti fesyen, otomotif, teknologi, dan travel. Para brand tersebut mengetahui karya Urrofi dari konten edukaski videografi Urrofi di #SamaSamaBelajar.

Baca juga: Galang Semangat Edukasi, TikTok Gelar Kompetisi Berhadiah Rp150 Juta

TikTok meluncurkan program edukasi #SamaSamaBelajar pada pertengahan tahun 2020 yang mencakup berbagai konten inspiratif dan informatif. Konten di dalam program tersebut mencakup bahasa asing, fotografi, kesehatan, seputar ilmu pengetahuan umum dan lain-lain. Tagar #SamaSamaBelajar sudah mendapatkan 56,4 miliar views. Angka tersebut sudah termasuk kompetisi edukasi TikTok #TauGaSih yang baru saja berakhir dan mendapatkan 2,7 miliar views.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email