Hasil Benchmarking ASUS BR1100FKA, Laptop Convertible untuk Pelajar Hasil Benchmarking ASUS BR1100FKA, Laptop Convertible untuk Pelajar ~ Teknogav.com

Hasil Benchmarking ASUS BR1100FKA, Laptop Convertible untuk Pelajar

Teknogav.com – ASUS baru-baru ini meluncurkan dua laptop seri BR1100 terkini yang ditujukan untuk pelajar. Laptop kini memang menjadi kebutuhan penting bagi pelajar, terutama sejak pandemi melanda dunia. Kegiatan belajar mengajar pun beralih ke online. Nah, pada kesempatan ini, mari kupas fitur-fitur andalan ASUS BR1100FKA, laptop convertible yang sangat cocok digunakan pelajar.

Laptop convertible BR1100FKA ini memiliki dimensi yang ringkas, dengan layar hanya berukuran 11,6 inci. Desainnya terlihat kokoh dengan lapisan karet yang mengelilingi bodi laptop. Tampilannya simple dengan nuansa warna abu-abu. Ketangguhan laptop ini pun teruji dengan menyandang sertifikasi MIL-STD 810G yang merupakan standar militer Amerika Serikat.

Baca juga: ASUS Luncurkan Dua Laptop Khusus Pelajar, BR1100CKA dan BR1100FKA

Canggihnya, laptop ASUS BR1100FKA ini sudah dibekali konektivitas nirkabel terkini, yaitu menggunakan Wi-Fi 6 yang merupakan teknologi Wi-Fi generasi terbaru. Koneksi nirkabel lain yang disediakan oleh laptop ini adalah Bluetooth 5.0. Selain itu tersedia juga port yang cukup lengkap.

ASUS BR11FKA tersedia dalam beberapa pilihan konfigurasi, yaitu Intel Celeron N4500, Intel Celeron N5100 dan Intel Pentium Silver N6000. Pada uji coba kali ini, varian yang digunakan adalah ASUS BR11FKA yang menggunakan prosesor Intel Celeron N5100.

Kinerja ASUS BR1100FKA

Laptop untuk pelajar ini mengandalkan prosesor Intel Celeron 5100 yang memiliki empat inti dan empat thread. Kecepatan clock dari prosesor ini 1,1 GHz dan dapat di-boost sampai 2,8 GHz. Produksi prosesor menggunakan metode 10 nm. Kinerja prosesor tersebut didampingi oleh RAM yang kapasitasnya bisa ditingkatkan sampai 16 GB. Dari sisi grafis, pada prosesor tersebut sudah terintegrasi Intel UHD Graphics.

Media penyimpanan pada ASUS BR1100FKA ini mengandalkan eMMC dengan kapasitas 128 GB. Jika kapasitas tersebut masih kurang, tersedia slot untuk menyisipkan SSD PCIe M.2 sampai 1 TB. Laptop ASUS BR1100FKA sudah tidak mendukung penggunaan media penyimpanan harddisk karena teknologi tersebut mudah rusak jika terbentur. Kecepatan membaca file yang tersimpan dalam harddisk pun lambat, jadi dikhawatirkan dapat menghambat kinerja keseluruhan.

Sistem operasi yang digunakan pada ASUS BR1100FKA ini adalah Windows 10 Home. Sayangnya pada laptop ini belum dilengkapi dengan Microsoft Office.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

Konektivitas Lengkap

Seperti telah disinggung di awal, ASUS BR1100FKA dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi generasi terkini, yaitu Wi-Fi 6 (802.11ax). Teknologi Wi-Fi 6 menyajikan koneksi Wi-Fi yang cepat dan stabil, sehingga kegiatan belajar yang dilakukan online bisa berjalan lancar. Konektivitas nirkabel lain pada laptop ini mencakup Bluetooth 5.0.

sisi kiri ASUS BR1100FKA
sisi kanan ASUS BR1100FKA
Selain konektivitas nirkabel, ASUS BR1100FKA juga didukung port yang lengkap. Ketersediaan port tersebut menjamin kemudahan dalam menghubuntkan perangkat tambahan tanpa masalah dan tanpa perlu dongle. Beberapa port yang tersedia pada laptop ini mencakup port USB tipe-C, USB tipe-A, HDMI, ethernet dan jack audio 3,5 mm. Ketersediaan jack audio ini mendukung penggunaan perangkat audio tambahan.

Kamera dan Audio

Tak hanya konektivitas yang mumpuni, kegiatan belajar jarak jauh juga membutuhkan webcam dan audio yang mumpuni agar komunikasi lancar. ASUS BR1100FKA dilengkapi dengan kamera khusus dengan dukungan teknologi noise reduction. Teknologi tersebut memungkinkan wajah pengguna terlihat jelas dalam berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu tersedia juga kamera kedua yang posisinya berada di atas keyboard.

Kamera kedua ini berperan sebagai World Facing Camera. Posisi kamera tersebut memudahkan pengambilan gambar atau video guru di depan kelas saat menggunakan mode tent atau tablet. Pelajar pun bisa tetap melihat ke arah layar saat melakukan pemotretan atau perekaman tersebut.

Sistem audio pada ASUS BR1100FKA ini pun sudah dibekali dengan teknologi AI noise cancelling pada sistem mikrofon khususnya. Teknologi ini biasanya terdapat pada berbagai laptop premium ASUS. Peran teknologi tersebut adalah untuk meredam suara bising sehingga lawan bicara bisa tetap jelas mendengar suara pengguna laptop. Teknologi ini tentunya sangat mendukung kegiatan belajar mengajar, mengingat biasanya kondisi rumah cukup berisik sehingga tak kondusif untuk belajar.

ASUS BR1100

Desain ASUS BR1100FKA

ASUS BR1100FKA merupakan laptop convertible, sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam empat mode berbeda. Mode tersebut mencakup mode laptop, tent, tablet dan standing. Jika dibandingkan dengan laptop kelas konsumen pada umumnya, maka ASUS BR1100FKA ini lebih tangguh dan tahan banting.

ASUS BR1100FKA

Bodi laptop ini dilapisi karet pelindung atau rubber bumper di sekelilingnya yang berfungsi untuk meredam benturan. Keberadaan pelindung ini menjaga laptop tetap aman walau sering terbentur akibat perangai anak yang begitu aktif. Lapisan karet pelindung akan senantiasa menjaga komponen penting di dalam ASUS BR1100FKA.

Baca juga: Acer Perkenalkan Cromebook 512 dan Spin 512

Perlindungan pada laptop ini pun diperkuat dengan fitur anti-spill pada keyboard. Fitur ini mencegah kerusakan laptop saat terkena tumpahan air. Banyak air yang mampu ditahan oleh keyboard laptop ini sampai 300 cc, atau sekitar segelas air. Jadi jika anak-anak tak sengaja menumpahkan segelas air, maka laptop tetap aman saat digunakan.

tekstur anti-selip pada ASUS BR1100FKA

Permukaan bodi laptop pun menggunakan tekstur anti-selip khusus sehingga ASUS BR1100FKA ini mudah digenggam. Kemudahan menggenggam ini pun walau oleh tangan anak-anak yang berukuran kecil dibandingkan tangan orang dewasa. Ketangguhan lain pada laptop ini terdapat pada sertifikasi MIL-STD-810H yang merupakan standar militer Amerika Serikat. Laptop ini telah lolos setidaknya 22 pengujian ekstrem yang mencakup uji operasional pada suhu ekstrem, uji vibrasi dan benturan ekstrem.

Layar dan Keyboard yang Dukung Kesehatan

Anak-anak pada umumnya lebih rentan terhadap penyakit dan gangguan fisik lain akibat penggunaan laptop. Biasanya penggunaan perangkat terlalu lama akan mengakibatkan gangguan pada penglihatan akibat radiasi gelombang cahaya biru yang merusak mata. Nah, ASUS melengkapi layar 11,6 ini pada laptop ini dengan sertifikasi low blue-light emissions dari TÜV Rheinland. Sertifikasi ini menjamin layar pada laptop dapat menjaga kesehatan mata pengguna.

Tak hanya anti-spill, ASUS juga melengkapi keyboard dengan fitur anti-bakteri. Setiap tombol pada keyboard laptop ini memiliki lapisan khusus dengan teknologi BacGuard. Lapisan ini akan mencegah perkembangbiakan bakteri berbahaya seperiti E-coli. Bakteri-bakteri tersebut bisa mati dalam kurun waktu 24 jam. Teknologi tersebut terbukti efektif sampai 99% dan sudah menyandang sertifkasi ISO 22196 dan JIS Z 2801.

Benchmark

Uji benchmarking dilakukan menggunakan PC Mark 10 Battery Benchmark pada mode Modern Office. Pengujian dilakukan pada ASUS BR1100FKA yang dilengkapi baterai berkapasitas 42 WHrs yang mampu bertahan lebih dari 10 jam. Hasilnya baterai bisa bertahan sampai 11 jam 42 menit yang tentunya dapat menemani kegiatan belajar anak-anak seharian.

PC Mark 10 Modern Office

Harga dan Ketersediaan

ASUS BR1100FKA dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.749.000. Pembelian laptop ini dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli BR1100FKA di Blibli

Klik untuk membeli BR1100FKA di Bukalapak
Klik untuk membeli BR1100FKA di Lazada

Kelebihan

Keistimewaan ASUS BR1100FKA berbagai fitur yang cocok untuk anak-anak. Laptop ini kuat menghadapi benturan, tumpahan air dan juga lebih higienis. Kemampuan tersebut berkat rugged design, anti-spill keyboard dan BacGuard. Bodinya pun dirancang anti-selip sehingga mudah dipegang oleh genggaman anak.

Kelancaran kegiatan belajar mengajar didukung oleh konektivitas generasi terkini dengan Wi-Fi 6. Selain itu kamera dan audio juga tetap jernih bebas noise berkat kemampuan noise reduction dan AI noise cancelling. Tersedia juga kamera kedua di atas keyboard yang memudahkan untuk memotret atau merekam guru yang sedang mengajar.

Kekurangan

Dimensi laptop ini kurang ringkas, karena memang mengedepankan fitur untuk melindungi laptop dari benturan. Selain itu juga bobotnya masih cukup berat.

Spesifikasi ASUS BR1100FKA

CPU

Intel® Pentium® Silver N6000 1.1 GHz (4M Cache, up to 3.3 GHz, 4 cores)

Intel® Celeron® N4500 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz, 2 cores)

Intel® Celeron® N5100 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz, 4 cores)

Sistem operasi

Windows 10 Home

Memori

RAM sampai 16 GB

Media Penyimpanan

eMMC 128 GB

SSD PCIe Gen3 M.2 sampai 1 TB

Layar

11.6" (16:9) IPS HD (1366 x 768), Touchscreen, Stylus Support

Prosesor Grafis

Intel® UHD Graphics

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet

Kamera

720p HD camera with privacy shutter, World facing 13MP camera

Konektivitas

WiFi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone with Cortana support

Batterai

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

29.46 x 20.49 x 1.99 ~ 2.00 cm

Bobot

1,4 kg

Warna

Grey

Harga

mulai dari Rp5.749.000

Garansi

2 tahun garansi global

 

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email