Synnex Metrodata Indonesia Resmi Jadi Distributor Resmi Pertama TigerGraph Synnex Metrodata Indonesia Resmi Jadi Distributor Resmi Pertama TigerGraph ~ Teknogav.com

Synnex Metrodata Indonesia Resmi Jadi Distributor Resmi Pertama TigerGraph

Teknogav.com – PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) resmi menjalin kerja sama dengan TigerGraph yang merupakan penyedia platform analitik grafik Kerja sama tersebut menjadikan SMI sebagai distributor resmi TigerGraph di Indonesia. Hal ini sesuai dengan bidang usaha SMI di bidang Distribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TigerGraph menggandeng SMI sebagai bagian dari upayanya melakukan ekspansi di Asia Pasifik.

TigerGraph menyediakan solusi on-premise dan cloud yang mudah digunakan perusahaan dalam menganalisa data dalam jumlah data besar secara real-time. Solusi tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil analisa dari relasi antar data. Pengembilan keputusan pun bisa dieksekusi dengan cepat sehingga bisa dimanfaatkan dalam bisnis. Penggunaan solusi tersebut mencakup pencegahan ancaman siber, deteksi potensi penipuan, risiko pencucian uang, pengelolaan rantai pasok, dan pengoptimalan jaringan. Perusahaan di bidang keuangan, perbankan, teknologi, manufaktur dan kesehatan pun bisa memanfaatkan analisa tersebut untuk customer360.

Baca juga: Sosialisasikan Algoritma Grafik, TigerGraph Selenggarakan Graph + AI Summit 2021

“Demi mendukung pertumbuhan TigerGraph di Indonesia, kami berkomitmen membangun tim lokal yang kuat. Tim tersebut terdiri dari tim sales, channel dan tim teknis, serta menerapkan strategi pengembangan dan kemitraan yang efektif. Penunjukan SMI adalah tonggak utama TigerGraph dalam strategi go-to-market di Indonesia dan wilayah APJ yang lebih luas. Kami melihat SMI tidak hanya memiliki rekam jejak yang telah terbukti, dalam kerja sama dengan para mitra, tetapi juga sebagai pemimpin pasar dan distributor ICT terbesar di Indonesia. Saya melihat Indonesia merupakan potensi besar dalam perluasan kemitraan TigerGraph dan perusahaan lainnya yang sudah sukses di pasar Indonesia,” ucap Todd Blaschka, Chief Operating Officer (COO) TigerGraph.

Kolaborasi TigerGraph dengan SMI merupakan penunjukkan distributor yang pertama bagi TigerGraph di Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Saat ini SMI memiliki jaringan distribusi di lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra. SMI memiliki jaringan global mitra dan keahlian teknis kelas dunia sehingga dapat mendukung ekspansi pasar TigerGraph dalam menjangkau berbagai sektor. Pelanggan tersebut termasuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, jasa keuangan, asuransi, kesehatan dan manufaktur. 

"Kami sudah melihat adanya peningkatan permintaan untuk graph database and analytics dari pelanggan kami di Indonesia. Kami merasa senang menjadi distributor Indonesia pertama untuk TigerGraph, penyedia database Native Parallel Graph (NPG) pertama di dunia,” ucap Lie Heng, Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia.

Kolaborasi TigerGraph dengan Mitra Integrasi Informatika

TigerGraph juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Mitra Integrasi Informatika (MII) yang bergerak dalam lingkup akademi. Baik SMI, maupun MII merupakan anak perusahaan dari PT Metrodata Electronics. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoT) dengan MII dilakukan untuk mendukung pendidikan dan pemberdayaan industri analitiks grafik demi transformasi perusahaan di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan dengan menerapkan Big Data, Business Analytics, Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

Baca juga: AWS Paparkan Contoh-contoh Penerapan Machine Learning Pada Transformasi Digital

Berdasarkan data penelitian Gartner, 80% inovasi analitik di dunia akan menggunakan teknologi grafik. teknologi tersebut bagi mahasiswa dan profesional industri. Mereka pun dapat mengakses transformasi teknologi yang revolusioner dan teknologi bisnis yang sangat penting dalam beberapa tahun ke depan.

“Akademi kami akan bekerja dengan erat bersama pemimpin industri TigerGraph dalam menyiapkan pelatihan dan menjembatani peserta ke dalam komunitas grafik. Kami akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan karir dari peserta yang mengikuti program dalam jangka panjang. Bersama-sama, kami akan bergerak menuju industri TI dan negara maju,” ucap Herryanti Herman, Direktur PT Mitra Integrasi Informatika.

Pada kolaborasi dengan MII tersebut, TigerGraph akan menyediakan kurikulum analitik grafik dan program-program pelatihan secara gratis. Pelatihan tersebut termasuk mengenai platfrom analitik grafik dan program magang dengan mitra TigerGraph dan para pelanggan. Para profesional di industri dan juga mahasiswa-mahasiswi dapat ikut serta dalam program yang disediakan tersebut. Harapannya kemitraan tersebut dapat bermanfaat bagi 16 vendor dan 180 perguruan tinggi di Indonesia.


Baca juga: AWS Bersinergi dengan Ekosistem Lokal Hadirkan Program Edukasi dan Pemberdayaan

 “TigerGraph berkomitmen untuk berdedikasi kepada pasar tempat kami beroperasi. Pengembangan bakat dan pemberdayaan industri adalah inisiatif penting bagi TigerGraph secara global. Ini karena tingkat adopsi teknologi apa pun berjalan secara linier dengan ketersediaan bakat dan kemampuan yang tepat untuk mendukungnya.  Saya menantikan siswa Metrodata Academy dan profesional industri bergabung dengan kami di Komunitas Pengembang TigerGraph,” ucap Reza Pahlevi, Managing Director, TigerGraph Indonesia.

Share:

Artikel Terkini