Wisata Susuri Sungai Kapuas Bisa Pakai DANA Wisata Susuri Sungai Kapuas Bisa Pakai DANA ~ Teknogav.com

Wisata Susuri Sungai Kapuas Bisa Pakai DANA

Teknogav.com – Dompet digital DANA terus menggandeng banyak pihak untuk berkolaborasi demi mendukung inklusi keuangan digital. Kali ini DANA berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pontianak untuk mendukung transaksi nontunai di kota tersebut dan menjadikannya smart city. Salah satu tempat wisata terkenal di Pontianak adalah Sungai Kapuas, sehingga DANA melakukan digitalisasi kapal-kapal wisata Sungai Kapuas. Upaya tersebut dilaksanakan dengan menerapkan QRIS DANA sebagai metode pembayaran di kapal.

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang menghubungkan daerah-daerah di Kalimantan Barat. Peran Sungai Kapuas sebagai penghubung tersebut signifikan terutama pada daerah yang masih sulit diakses melalui jalur darat. Mata pencaharian sebagian masyarakat di Kalimantan Barat ini mengandalkan Sungai Kapuas, termasuk mereka yang menyediakan layanan wisata susur Sungai Kapuas.

Wisata dengan menaiki kapal menyusuri Sungai Kapuas memang menjadi wisata andalan di Kota Pontianak. Baik wisatawan lokal maupun asing bisa melihat kehidupan dan kegiatan masyarakat di pesisir Sungai Kapuas. Wisata tersebut tetap digemari walau pendemi COVID-19 berdampak pada pembatasan pengoperasian kapal wisata.

Baca juga: DANA Dukung Program Percepatan Inklusi Keuangan di Pelosok Kalimantan Timur

“DANA terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak. Upaya ini dilakukan agar makin banyak UMKM yang go digital. DANA hadir secara inklusif melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis. Hal ini agar pelaku UMKM di Kota Pontianak dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan praktis dan nyaman. Fitur QRIS DANA merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan masyarakat. Pertumbuhan transaksi mencapai 267% di bulan Oktober 2021 secara year on year,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Peresmian Penggunaan QRIS DANA di Kapal Wisata Sungai Kapuas

Peresmian penggunaan QRIS DANA di kapal Sungai Kapuas
Penggunaan QRIS DANA sebagai metoe pembayaran kapal wisata Sungai Kapuas diresmikan di Waterfront Kota Pontianak. Peresmian tersebut dilaksanakan tepatnya di atas Kapal Perintis Utama yang merupakan kapal wisata pertama di Sungai Kapuas. Kapal tersebut milik pak Epen dan menjadi kapal percontohan QRIS DANA. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Pontianak, ada kurang lebih 11 kapal wisata susur Sungai Kapuas dengan model dua lantai. Kapal model tersebut memiliki kapasitas sekitar 100 wisatawan.

QRIS DANA berperan sebagai alat pendukung pembayaran digital di Kapal Wisata Sungai Kapuas. Penggunaan QRIS tersebut merupakan bentuk nyata dukungan DANA terhadap digitalisasi UMKM Kota Pontianak dalam sektor pariwisata.  Upaya tersebut pun demi melestarikan nilai kebudayaan transportasi lokal. Harapannya penggunaan QRIS DANA bisa meningkatkan kemampuan beradaptasi dan inovasi UMKM agar bangkit dalam menghadapi era ekonomi digital.

Baca juga: Dukung Program QRIS Gumaton, Pembayaran Andong Bisa Pakai DANA

“Kita harus mendorong, terutama kaum millenial agar melek digital. QRIS memberikan banyak manfaat dalam hal menghadirkan sistem pembayaran sehingga memudahkan sektor pariwisata untuk lebih berkembang dan maju. Inisiatif ini diharapkan bisa menginspirasi kapal-kapal lain untuk go digital sehingga bisa meningkatkan usaha mereka dan mendatangkan wisatawan ke Pontianak,” ucap Syarief Saleh Alkadrie, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak.

Upaya DANA mendigitalisasi kapal di Sungai Kapuas pun diapresiasi Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat.  Hal ini disampaikan oleh Agus Chusaini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat. Menurutnya QRIS memudahkan pemilik kapal menjalankan bisnisnya karena transaksinya tercatat, transparan, dan praktis. Harapannya QRIS bisa diterapkan di kapal-kapal lain dan sektor pariwisata lain.

Baca juga: DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’

DANA juga menggelar pelatihan digitalisasi bagi UMKM Pontianak terpilih dalam DANA Academy. Para tenaga pelatih di DANA Academy kali ini merupakan karyawan DANA dari berbagai departemen. Mereka dipilih setelah mengajukan diri secara sukarela melalui program DANA untuk Negeri.

Share:

Artikel Terkini