DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’ DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’ ~ Teknogav.com

DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’


Teknogav.com – Dompet digital DANA menyelenggarakan program kerja sukarela karyawan bertajuk ‘DANA untuk Negeri’. Program ini mencakup pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perempuan, komunitas dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Harapannya program ini dapat mengembangkan potensi generasi muda untuk bersatu, bangkit dan tumbuh dalam menghadapi tantangan di era pandemi. Peluncuran inisatif sosial ini bertepatan juga dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Kehadiran program ‘DANA untuk Negeri’ ini sekaligus mempertegas komitmen DANA dalam memberdayakan masyarakat dan berkontribusi pada pembangunan nasional. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2020 mencapai 71,94. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 0,02 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati demikian Indonesia masih berada di posisi 108 dari 189 negara. Ini berarti masih dibutuhkan upaya-upaya peningkatan IPM yang mengacu pada sejumlah variabel. Variabel-variabel tersebut terutama mencakup tingkat harapan hidup, pendapatan bruto dan pendidikan.

Baca juga: DANA Gelar Webinar Rayakan Sumpah Pemuda Secara Virtual

“Indonesia memiliki potensi yang begitu besar jika dilihat dari populasi dan tingkat usia produktif. Namun, untuk bisa memanfaatkan bonus demografi, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam hal kualitas dan keterampilan pemuda bangsa. Karena itu, perlu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi mereka agar lebih mandiri dan berdaya saing tinggi,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Agustina juga memaparkan bahwa ‘DANA untuk Negeri’ merupakan wujud komitmen DANA terhadap pengembangan edukasi informal. Sebelumnya, DANA juga aktif untuk berbagi kompetensi melalui program BicaraDANA. Program tersebut dirancang untuk mengembangkan kemampuan dan keilmuan masing-masing karyawan dengan menjadi pembicara di acara eksternal secara gratis. Selain itu, DANA juga menghadirkan sejumlah program pemberdayaan berkelanjutan melalui onboarding digital maupun pendampingan kepada pelaku usaha. Pelaku usaha tersebut termasuk UMKM yang menjadi mitra DANA Bisnis.

Baca juga: DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global

Prosedur program 'DANA untuk Negeri' (sumber: DANA)
 
Pada program ‘DANA untuk Negeri’, karyawan DANA yang didominasi generasi muda dari berbagai latar belakang diajak menjadi tenaga pengajar sukarela. Mereka diajak mendaftarkan diri dan setelah terpilih akan diberikan pendalaman materi dan pelatihan (train the trainers). Pelatihan tersebut akan membentuk karyawan menjadi pelatih andal agar dapat mengajar langsung para peserta pelatihan. Program dan edukasi yang nantinya diberikan karyawan DANA mencakup materi seputar pemasaran, manajemen keuangan, digitalisasi dan pengetahuan lain. Pelaksanaan program ‘DANA untuk Negeri’ ini akan berlangsung sampai Desember 2021 di tiga kota, yaitu Semarang, Palembang dan Pontianak.
Share:

Artikel Terkini