Prosesor AWS Graviton 3 Tenagai Amazon EC2 C7g Instances Terkini Prosesor AWS Graviton 3 Tenagai Amazon EC2 C7g Instances Terkini ~ Teknogav.com

Prosesor AWS Graviton 3 Tenagai Amazon EC2 C7g Instances Terkini


Teknogav.com – Adam Selipsky, CEO Amazon Web Services (AWS) mengumumkan tiga Amazon Elastic Compute cloud (Amazon EC2) instances terkini. Ketiga instances tersebut  adalah Amazon EC2 C7g instances, Amazon EC2 Trn1 instances dan Amazon EC2 Im4gn/Is4gen/I4i instances. Istimewanya, Amazon EC2 C7g ditenagai oleh prosesor AWS Graviton 3, yang merupakan prosesor terkini AWS. Saat mengerjakan beban kerja komputasi intensif, kinerja prosesor tersebut 25% lebih baik dibandingkan Graviton 2 pada Amazon EC2 C6g.

Chipset yang dirancang AWS untuk mentenagai instances membantu konsumen meningkatkan kinerja, efisiensi biaya dan energi saat menjalankan beban kerja. Instances yang ditenagai AWS Graviton 2 diluncurkan pada tahun 2020, beberapa konsumen telah mengalami peningkatan kinerja signifikan menggunakan instances tersebut. Beberapa konsumen tersebut adalah DirecTV, Epic Games, Formula 1, Honeycomb.io, Intiuit, Nielsen, Snap, Splunk, Sprinklr, SmugMug dan lain-lain. Tentu saja juga mereka juga bisa lebih hemat berkat penurunan biaya. 

Baca juga: Amazon EC2 G4ad Instance Andalkan GPU AMD untuk Tangani Grafis

Portofolio instance dengan Graviton 2 menawarkan 12 instances berbeda sehingga konsumen memiliki banyak pilihan komputasi yang hemat biaya dan efisien. instances tersebut termasuk untuk penggunaan umum, pengoptimalan komputasi, pengoptimalan memori, pengoptimalan storage, bustable dan instances dengan percepatan komputasi. 

Kini konsumen lebih banyak membawa beban kerja dengan komputasi intensifseperti HPC, gaming dan inferensi machine learning (ML) ke cloud. Mereka pun mencari kinerja dan efisiensi energi dengan harga lebih baik untuk menjalankan beban kerja yang sangat menuntut tersebut. Hal ini juga seiring dengan meningkatnya permintaan komputasi, storage, memori dan jaringan.

Baca juga: Habana Gaudi dan AWS Trainium, Prosesor Pelatih Model ML Andalan

Berikut ini adalah keandalan prosesor AWS Graviton 3 jika dibandingkan dengan prosesor AWS Graviton 2:

  • kinerja floating point 2x lebih tinggi untuk beban kerja ilmiah, machine learning dan enkoding media 
  • kinerja untuk bebab kerja kriptografi 2x lebih cepat
  • kinerja untuk beban kerja machine learning sampai 3x lebih baik

Selain itu prosesor AWS Graviton 3 juga lebih efisien. Penggunaan energinya sampai 60% lebih rendah untuk kinerja yang sama pada instances EC2 yang sebanding. C7g instances merupakan yang pertama menyajikan memori DDR5 terkini. Jika dibandingkan instances yang berbasis AWS Graviton 2, maka bandwidth memorinya 50% lebih tinggi. Hal ini untuk meningkatkan kinerja aplikasi yang menggunakan memori secara intensif seperti komputasi ilmiah. 

Baca juga: AWS re:Invent Perkenalkan Amazon ECS Anywhere dan Amazon EKS Anywhere

Jika dibandingkan instances yang menggunakan AWS Graviton 2, maka C7g instances juga memberikan bandwidth jaringan 20% lebih tinggi. C7g instances mendukung Elastic Fabric Adapter (EFA) yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi langsung dengan kartu antarmuka jaringan. Ini akan menyajikan latensi yang lebih rendah dan lebih konsisten untuk meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan pemrosesan pararel denga skala seperti HPC dan enkoding video. Saat ini C7g instances sudah tersedia dalam pratinjau.

Share:

Artikel Terkini