Nasdaq Manfaatkan Solusi AWS untuk Lakukan Transformasi Pasar Modal Nasdaq Manfaatkan Solusi AWS untuk Lakukan Transformasi Pasar Modal ~ Teknogav.com

Nasdaq Manfaatkan Solusi AWS untuk Lakukan Transformasi Pasar Modal


Teknogav.com – Nasdaq dan Amazon Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan kemitraan jangka panjang mereka di ajang AWS re:Invent. Kemitraan tersebut dilakukan untuk membangun infrastuktur cloud-enabled masa depan untuk dunia pasar modal. Nasdaq akan mulai memigrasikan pasar di Amerika Utara ke AWS mulai tahun 2022 secara bertahap. Migrasi tersebut dimulai dengan Nasdaq MRX yang merupakan pasar options Amerika Serikat.

“Kemitraan penting dengan AWS ini berupaya memperkuat infrastruktur pasar berbasis cloud yang benar-benar lebih tangguh, dan memiliki skalabilitas. Selain itu juga harapannya dapat diakses semua pelaku pasar. Selama lebih dari satu dekade, Nasdaq telah menggunakan elastisitas dan keamanan tinggi AWS untuk memberikan solusi berbasis klien. Kolaborasi baru kami yang inovatif dengan AWS menjembatani ke masa depan untuk pasar kami. Hal ini juga mewakili langkah besar berikutnya dalam perjalanan cloud Nasdaq,” ucap Adena Friedman, Presiden dan CEO, Nasdaq. 

Adena Friedman, Presiden dan CEO, Nasdaq

Kolaborasi Nasdaq dan AWS

Solusi komputasi edge baru yang dirancang bersama oleh Nasdaq dan AWS akan digunakan oleh Nasdaq. Pengembangan solusi tersebut dilakukan secara khusus untuk infrastruktur pasar. Solusi ini juga kemungkinan akan digunakan operator infrastruktur pasar lain dan pelaku pasar untuk memindahkan sistem trading mereka ke cloud.

Baca juga: JPMorgan Chase & Co Terus Lakukan Reinvent Bersama AWS

Nasdaq memiliki 50 tahun pengalaman dalam mempelopori teknologi untuk pasar modal. Sementara itu AWS merupakan penyedia cloud terdepan dengan keamanan, keandalan dan ketangguhan yang sudah terbukti. Perpaduan keduanya akan membantu konsumer dan Nasdaq untuk terus mengembangkan bisnis mereka. Nasdaq pun bisa bertransaksi miliaran dolar dalam perdagangan per hari secara lancar. Kemitraan antara Nasdaq dan AWS akan memberi jalan bagi Nasdaq adar lebih mudah memindahkan infrastruktur inti ke cloud. Selain itu mereka pun dapat melakukan inovasi layanan baru seiring terusnya penerapan adopsi cloud di dekade kedua.

Kemitraan antara Nasdaq dan AWS juga mencakup kesempatan untuk mengeksplorasi cara baru memanfaatkan kemampuan-kemampuan cloud AWS. Hal ini diterapkan di seluruh solusi anti kejahatan keuangan data dan analitiks serta perangkat lunak infrastruktur pasar dari Nasdaq. Data center utama Nasdaq akan menjadi AWS zona lokal pertama untuk pasar modal. Solusi komputasi edge yang dirancang bersama menawarakan On-Ramp untuk pasar modal global untuk bermigrasi ke AWS.

Adam Selipsky, CEO AWS

“Nasdaq dan AWS akan bersama-sama mengubah apa yang mungkin untuk organisasi pasar modal. Upaya ini untuk membantu mereka untuk mempercepat inovasi dan meningkatkan proses bisnis,” ucap Adam Selipsky, CEO AWS.

Infrastruktur Pasar Modal Masa Depan

Inti perpindahan Nasdaq ke AWS adalah AWS Outposts. Solusi ini memperluas infrastruktur, layanan, API, dan alat AWS ke hampir semua data center, ruang co-location, atau fasilitas on-premises. Nasdaq berencana untuk menggabungkan AWS Outposts langsung ke jaringan intinya untuk menghadirkan kemampuan komputasi edge dengan latensi ultra-rendah. Pemindahan tersebut dilakukan dari data center utama Nasdaq di Carteret, New Jersey. Solusi komputasi edge yang dirancang bersama ini secara efektif menjadikan data center Nasdaq sebagai Zona Lokal AWS pribadi pertama untuk industri pasar modal.

Baca juga: AWS Outposts Tawarkan Fleksibilitas Komputasi untuk Dukung Akselerasi Bisnis 

Dari waktu ke waktu, Nasdaq berencana untuk memindahakn pasar Amerika Utara tambahan ke cloud dengan AWS. Infrastruktur hybrid ini akan menyediakan akses latensi rendah pada sistem on-premises Nasdaq, sehingga menyajikan kemampuan trading dengan frekuensi tinggi. Selain itu infrastruktur tersebut juga memberikan akses bagi pelanggan ke kemampuan-kemampuan berbasis cloud. Kemampuan tersebut mencakup layanan konektivitas virtual, analitik pasar dan machine learning dengan biaya rendah. Nasdaq berharap migrasi ke cloud ini memungkinkan adopsi layanan dan produk baru dengan cara membuka nilai. Selain itu juga dapat menyediakan fleksibilitas tambahan bagi klien.

Solusi Teknologi untuk Ekonomi Global

Nasdaq memiliki lebih dari 130 pelanggan infrastruktur yang mencakup bursa, perbankan, lembaga kliring, pembuat aturan dan depositori sekuritas pusat. Mereka mengandalkan Nadaq untuk melakukan trading inti, kliring, settlement, dan teknologi pengintaian. Nasdaq akan bermitra dengan AWS untuk mengembangkan pilihlan cloud yang layak, yang mencakup model public-cloud dan hybrid

Adena menjelaskan perpindahan sistematik ke AWS

Migrasi ke cloud diharapkan Nasdaq dapat memberikan kegesitan bagi pasar pelanggan infrastruktur mereka. Nasdaq pun dapat membantu mereka menyesuaikan dengan dinamika industri yang terus berubah di negara dan kawasan mereka. Bagi pasar pelanggan teknologi, migrasi akan menggunakan perpaduan opsi komputasi edge dan public-cloud. Hal ini dengan memanfaatkan portofolio teknologi dari kemitraan dengan AWS dan perkembangan AWS Local Zones di seluruh dunia. Nasdaq juga berencana memanfaatkan perjalanan cloud mereka untuk pasarnya sendiri.

Strategi Cloud Nasdaq

Selama 50 tahun, Nasdaq telah menata ulang pasar untuk mewujudkan potensi masa depan. Setelah merintis pasar elektronik setengah abad yang lalu, Nasdaq mengembangkan protokol pengiriman pesan dengan kinerja tertinggi di awal tahun 2000-an. Kini protokol tersebut berfungsi sebagai standar industri de-facto untuk perdagangan latensi sangat rendah. Selain itu, Nasdaq adalah salah satu operator bursa pertama yang mengkomersialkan teknologinya, dan mulai menggunakan teknologi AWS pada tahun 2008.

Baca juga: Solusi Lynx Dukung Distribusi Makanan dan Vaksin Tetap Aman

Saat ini, solusi teknologi Nasdaq memicu kinerja tinggi, transparansi, efisiensi dan integritas di seluruh siklus hidup transaksi infrastuktur pasar. Hal ini mencakup bursa, lembaga klirig rekanan puat, penyimpanan sekuritas pusat dan regulator di lebih dari 50 negara.

Nasdaq berupaya mendefinisikan kembali teknologi pasar masa depan dan menangani transformasi infrastruktur intinya untuk beberapa dekade ke depan. Seiring dengan upaya tersebut, Nasdaq berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang saling terhubung. Masa depan tersebut adalah yang lebih aman dan lebih kuat untuk semuanya di cloud.

Share:

Artikel Terkini