Amazon EC2 G4ad Instance Andalkan GPU AMD untuk Tangani Grafis Amazon EC2 G4ad Instance Andalkan GPU AMD untuk Tangani Grafis ~ Teknogav.com

Amazon EC2 G4ad Instance Andalkan GPU AMD untuk Tangani Grafis


Teknogav.com – Amazon Web Services (AWS) telah memperluas layanan-layanan berbasis AMD dengan cloud instance baru untuk Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Penawaran tersebut adalah Amazon EC2 G4ad instance untuk beban kerja dengan grafis yang dioptimalkan. Pada instance baru ini, AMD mentenagai delapan keluarga Amazon EC2 lintas 20 AWS Region di seluruh dunia.

“Kini kami membangun kolaborasi yang kuat antara AMD dan AWS yang sudah dimulai tahun 2017. Perluasan kerja sama kami ini merupakan bukti kinerja dan kemampuan berkelanjutan yang disediakan AMD bagi pelanggannya. Amazon EC2 G4ad instance merupakan yang pertama ditenagai CPU AMD EPYC dan GPU Radeon Pro. Layanan ini menambah instance berbasis prosesor EPYC yang sudah ada. Ini contoh CPU dan GPU AMD menyediakan kinerja fantastis dan kinerja harga bagi pelanggan AWS,” ucap Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center and Embedded Solutions Group, AMD. 

Baca juga: Supercomputing AMD EPYC Dukung Keberhasilan Komputasi Cloud Berkinerja Tinggi

Pengguna AWS dapat menyewa komputer virtual untuk menjalankan aplikasi-aplikasi komputer mereka. Amazon EC2 instance merupakan server virtual yang memungkinkan pelanggan untuk meminta dan menentukan server komputasi pada AWS cloud. Biaya instance dihitung per jam dengan tarif berbeda berdasarkan instance ayng dipilih. AWS menyediakan beberap jenis instance untuk masing-masing kebutuhan bisnis penggunanya.

“Kemampuan kinerja tinggi CPU AMD EPYC dan GPU Radeon Pro memungkinkan AWS menciptakan instance yang fokus pada grafis baru. Instance ini membantu menjaga kepemimpinan kami dalam penawaran harga/kinerja sesuai harapan pelanggan. Kami senang melanjutkan kolaborasi hebat dengan AMD. Kolaborasi ini memungkinkan Amazon EC2 G4ad instance untuk menyediakan kinerja dengan harga terbaik untuk penerapan dengan grafis intensif,” ucap David Brown, Vice President, Amazon EC2, Amazon Web Services, Inc. 

Baca juga: Oracle Cloud Infrastructure Compute E3 Gunakan Prosesor AMD EPYC Gen-2

Amazon EC2 G4ad Instance

Pada Amazon E2C G4ad Instance  terkini digunakan CPU AMD EPYC gen-2 dan GPU AMD Radeon Pro V520. Amazon G4ad instance ini merupakan AWS instance pertama yang ditenagai dua CPU dan GPU AMD dengan metode produksi 7 nm. Solusi ini akan tersedia akhir bulan, berikut ini adalah fitur-fiturnya:

  • G4ad dirancang untuk mendukung beban kerja dengan grafis intensif. Prosesor AMD EPYC generasi kedua dan GPU AMD Radeon meningkatkan kinerja grafis Amazon EC2 G4ad instance sampai 40%. Solusi ini dapat menyediakan kinerja lebih baik 45% dan kinerja grafis lebih baik 40% dibandingkan instance G4dn yang pakai GPU. Kinerja tersebut untuk aplikasi-aplikasi kelas workstation kritis dan mesin-mesin game real-time.
  • Pengalaman kelas workstation berbasis cloud sangat responsif untuk beban-beban kerja yang sangat menuntut dengan keandalan kelas enterprise. Hal ini dilakukan GPU AMD Radeon Pro V520 yang berbasis arsitektur AMD RDNA.
  • Instance ini juga hadir dengan AMD Radeon Pro Software untuk Enterprise tanpa biaya tambahan. Perangkat lunak ini memberikan dukungan bagi profesional yang berkerja dengan aplikasi-aplikasi workstation dan API grafis terkini. API tersebut mencakup DirectX®, OpenGL® dan Vulkan® yang memberikan rendering grafis tingkat profesional untuk workstation virtual.
Baca juga: Ekosistem AMD EPYC Dukung Kerja Jarak Jauh dengan Solusi HCI

Amazon GameLift

Selain itu AWS juga memiliki solusi hosting server game terdedikasi yang dikelola sepenuhnya, yaitu Amazon GameLift. Kini Amazon Game Lift menyediakan akses Amazon EC2, C5a, M5a dan R5a berbasis AMD bagi pelanggan hosting game video mereka. Amazon GameLift meningkatkan tenaga prosesor AMD EPYC gen-2 pada solusi hosting server game mereka demi menyajikan kinerja dan harga terbaik.

Prosesor AMD EPYC memungkinkan developer menggunakan Amazon GameLift untuk menerapkan, mengoperasikan dan menyediakan server berkinerja tinggi yang scale dedicated. Server ini dapat digunakan untuk game multiplayer dengan biaya sampai 10% lebih rendah dibandingkan instance lain. Informasi mengenai layanan Amazon Gamelift yang mendukung instance berbasis prosesor AMD EPYC pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email