Amazon EC2 Trn1 Instances Hadirkan Kinerja Melatih Model ML Tercepat Amazon EC2 Trn1 Instances Hadirkan Kinerja Melatih Model ML Tercepat ~ Teknogav.com

Amazon EC2 Trn1 Instances Hadirkan Kinerja Melatih Model ML Tercepat

 

Teknogav.com – Pada AWS: reInvent, Adam Selipsky, CEO Amazon Web Services (AWS) mengumumkan tiga Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) instances terkini. Ketiga instances tersebut  adalah Amazon EC2 C7g instances, Amazon EC2 Trn1 instances dan Amazon EC2 Im4gn/Is4gen/I4i instances. Jika Amazon EC2 C7g instances ditenagai prosesor Graviton 3, maka Amazon EC2 Trn1 ditenagai chipset AWS Trainium. Chipset ini menyajikan kinerja dengan harga terbaik dan waktu tercepat untuk melatih model-model Machine Learning (ML) di Amazon EC2. Kehadiran jajaran Amazon EC2 instances terkini dengan chipset yang dirancang AWS tersebut siap membantu pelanggan mentenagai aplikasi-aplikasi bisnis paling kritikal.

Kini makin banyak pelanggan AWS yang membangun, melatih dan menerapkan model ML. Penggunaan ML tersebut diterapkan pada aplikasi-aplikasi yang berpotensi melakukan reInvent bisnis mereka dan meningkatkan pengalaman konsumennya. Demi mewujudkan hal tersebut, perlu menjamin peningkatan akurasi, model-model ML ini harus dipasok dengan data latihan yang terus berkembang jumlahnya. Hal ini tentunya akan mengakibatkan model-model ML tersebut makin mahal untuk dilatih. Dilema tersebut dapat berdampak pada pembatasan jumlah model-model ML yang dapat diterapkan pelanggan.

Baca juga: Prosesor AWS Graviton 3 Tenagai Amazon EC2 C7g instances Terkini

AWS menyediakan penawaran pilihan komputasi terluas dan terdalam untuk ML. Salah satu pilihan tersebut adalah EC2 P4d instances yang menghadirkan GPU NVIDIA A100 Tensor Core. Selain itu ada juga EC2 DL1 instances yang menghadirkan akselerator Gaudi dari Habana Labs. Kendati demikian instances yang diakselerasi tercepat saat ini cukup mahal dan memakan waktu untuk melatih model-model ML yang lebih besar. Nah Trn1 instances yang ditenagai chipset AWS Trainium menawarkan kinerja dengan harga terbaik. Ini adalah pelatihan model ML tercepat di Amazon EC2. Jika dibandingkan P4d instances terkini, maka biaya Trn1 instances 40% lebih rendah untuk melatih model-model deep learning.

Baca juga: Habana Gaudi dan AWS Trainium, Prosesor Pelatih Model ML Andalan

Trn1 instances menawarkan bandwidth jaringan EFA 800 Gbps, nilai ini dua kali lebih tinggi dibandingkan instances EC2 berbasis GPU terkini. Demi menyajikan penyimpanan berkinerja tinggi Lustre, Trn1 instances ini juga terintegrasi dengan Amazon FSx. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk meluncurkan Trn1 instances dengan kemampuan EC2 UltraClusters. Pengembang dapat menskalakan pelatihan ML sampai lebih dari 10.000 Trainium yang terhubung akselerator dengan jaringan berskala petabit menggunakan EC2 UltraClusters. Tentunya hal ini akan memberikan akses on-demand ke kinerja berkelas supercomputing bagi pelanggan.  Mereka pun dapat mempersingkat waktu latihan dari bulanan menjadi harian, bahkan untuk model-model yang paling kompleks dan besar. Informasi lebih lanjut mengenai Trn1 instance dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini