Acer Nitro 5 Bertenaga Intel Core i7, Gahar untuk Gaming Acer Nitro 5 Bertenaga Intel Core i7, Gahar untuk Gaming ~ Teknogav.com

Acer Nitro 5 Bertenaga Intel Core i7, Gahar untuk Gaming

Teknogav.com – Beberapa tahun belakangan ini, kegiatan bermain game atau profesi gamer merupakan hal yang populer dan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Demi mengimbangi kebutuhan bermain game tersebut, berbagai produsen laptop pun terus berinovasi demi memberikan yang terbaik pada produknya. Salah satunya adalah Acer yang memiliki berbagai produk, termasuk laptop yang dirancang khusus untuk gaming.

Acer Nitro 5 merupakan laptop gaming mumpuni dengan harga yang terjangkau dari pabrikan asal Taiwan. Kendati dibanderol dengan harga mulai dari Rp17 jutaan, laptop ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi. Berikut ini akan dipaparkan kebolehan dari Acer Nitro 5 yang ditenagai prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11. Keandalan prosesor tersebut pun didampingi oleh kartu grafis diskret GPU NVIDIA GeForce RTX 3050.

Baca juga: Tiga Laptop Gaming Terbaik Acer untuk Main Game dan Produktivitas

Desain dan Kualitas Tampilan

Berbagai kebutuhan gaming sanggup dipenuhi oleh Acer Nitro 5. Laptop ini dirancang Acer dengan konfigurasi fitur dan desain yang sesuai untuk kegiatan gaming, baik gamer pemula maupun pro gamer. Tampilan eksterior laptop ini mencolok dengan adanya aksen warna merah berbentuk sirip di bagian belakang laptop. Sirip merah tersebut tersebut berada di antara warna hitam yang mendominasi bodi laptop.

tampilan laptop Acer Nitro 5 dengan akses warna merah di bagiain belakang

Keyboard laptop gaming ini pun dibekali dengan Backlit 4 RGB dengan 4 zona yang memeriahkan pengalaman gaming. Layar laptop ini berukuran 15,6 inci seihngga menyajikan visual yang luas saat menikmati gameplay. Bezel yang tipis di sekeliling layar membuat rasio layar-ke-bodi laptop ini sampai 80%. Tampilan pada layar terlihat mulus dan bebas blur berkat refresh rate 144 Hz dan waktu respons 3 milidetik pada layar. Tingkat kecerahan layar ini lebih tinggi 25 nits dibandingkan versi sebelumnya, yaitu sampai 300 nits sehingga tampil lebih terang.

Kinerja Garang Prosesor dan Kartu Grafis

Keandalan kinerja laptop Acer Nitro 5 ini mengandalkan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050. Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah Intel® Core™ i7-11800H yang mengusung arsitektur baru willow cover core 10 nm SuperFin. Kinerja multithreaded prosesor ini lebih tinggi 19% dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara itu kinerja single thread laptop ini diklaim merupakan yang tercepat di dunia.

Acer Nitro 5

Prosesor Intel® Core™ ini memiliki delapan inti dengan 16 thread. Kecepatan clock prosesor sampai 5 GHz Turbo. Selain itu tersedia juga opsi untuk menggunakna prosesor Intel® Core™ i5-11400H. Kinerja prosesor dapat dimaksimalkan dengan kemampuan overclocking menggunakan perangkat lunak Intel® Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel® Speed Optimizer. Selain itu tersedia Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 untuk memaksimalkan ke frekuensi tertinggi secara otomatis demi kinerja lebih baik.

 Baca juga: Intel Core Generasi ke-11 Persenjatai Laptop Gaming Acer Terkini
Acer Nitro 5

Kemampuan grafis pada laptop ini didukung kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series yang didukung arsitektur NVIDIA® Ampere. Arsitektur tersebut dapat mempercepat kinerja dengan meningkatkan efisiensi energi dan pengoptimalan sistem menggunakan AI. Kartu grafis ini menyajikan pengalaman yang cukup baik saat menjajal game Cyberpunk 2077 den sejumlah judul-judul game kelas atas lain. Selain gamer, para pembuat konten dapat nyaman berkarya melalui berbagai aplikasi yang memanfaatkan akselerasi dan fitur GeForce RTX™.

Baca juga:  Acer Hadirkan Laptop Tipis dan AIO PC dengan Intel Core Gen-11

Konfigurasi: Memori dan Media Penyimpanan

Kinerja laptop ini didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz yang dapat dikustomisasi hanya dengan membuka bodi bagian bawah. Di dalamnya terdapat dua channel RAM yang dapat dipasang sampai kapasitas 32 GB. Selain itu tersedia juga dua slot SSD NVMe dan satu slot SATA 2,5 inci untuk menentukan konfigurasi media penyimpanan. Kehadiran dua slot SSD ini makin memudahkan penambahan SSD. Kedua slot tersebut juga didukung protokol NVMe. 

Kestabilan kinerja perangkat keras pada laptop pun dijaga dengan sistem pendinginan mumpuni. Pada SSD terdapat heatsink khusus di setiap slot untuk membuang panas sehingga suhu terjaga dan kinerja SSD tetap stabil. Sementara itu dukungan HDD SATA memberikan keleluasaan bagi pengguna yang ingin menambah kapasitas penyimpanan yang lapang. Kemampuan tersebut menjadikan Acer Nitro 5 ini sebagai laptop yang andal di kelasnya.

Sistem Pendinginan Mumpuni

Kipas ganda pada sistem pendingin laptop Acer Nitro 5 ini memanfaatkan port intake/exhaust yang posisinya strategis sehingga mendukung sirkulasi udara. Port tersebut terdiri dari empat ventilasi hawa panas yang dapat meningkatkan kinerja thermal laptop ni sampai 25%. Sistem pendinginan juga didukung teknologi Acer CoolBoost™ yang memanfaatkan empat lubang ventilasi bagian bawah. Lubang ventilasi tersebut dipadukan dengan aplikasi NitroSense yang memantau suhu dan juga mengatur sistem pendingin yang ada.

Teknologi CoolBoost™ pada laptop ini dapat meningkatkan kinerja kipas sampai 10%. Pendinginan CPU/GPU pun lebih besar 9% sehingga memberi nilai lebih bagi pengguna yang banyak bermain game atau menyunting foto. 

Dioptimalkan lebih oleh teknologi CoolBoost™, mampu meningkatkan kecepatan kipas sebesar 10% dan pendinginan CPU/GPU sebesar 9%. Hal ini tentu saja menjadi poin plus bagi yang menghabiskan waktunya untuk bermain game atau menyunting video yang perlu lebih banyak waktu. Teknologi tersebut bahkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang bersifat berat sekalipun.

Konektivitas Canggih

Stabilitas dan kinerja jaringan Acer Nitro 5 ini didukung modul diskret Intel® Killer Wi-Fi 6/6E. Kehadiran Intel® Wi-Fi 6 AX201 (802.11ax) dan Killer™ Ethernet E2600 siap memberikan pengalaman gaming responsif dengan koneksi yang lancar. Kegiatan gameplay diprioritaskan oleh koneksi yang ada sehingga terasa lancar tanpa lag. Saat terhubung ke jaringan, audio dan video yang dihasilkan pun lebih jernih.

Acer Nitro 5

Pengendalian Ethernet akan memilih prioritas bandwidth tanpa lag dengan mendeteksi antara game, video dan chat stream secara otomatis. Pada mode Auto, Network Optimizer dari Acer dapat membedakan program-program berat agar menimbulkan masalah konektivitas nantinya. Pengguna juga bisa mengatur prioritas program secara manual dan menentukan alokasi bandwidth untuk tiap aplikasi. Pengaturan bahkan dapat dilakukan untuk memblokir aplikasi tertentu demi memperoleh koneksi terbaik.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 bertenaga Intel® Core™ i7-11800H dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 membuktikan bahwa laptop gaming tak harus mahal. Laptop dengan harga terjangkau in pun mampu menyajikan kinerja luar biasa dan hadir dengan spesifikasi tinggi. Keandalan laptop gaming Acer Nitro merupakan pilihan tepat bagi berbagai kalangan gamer.

Gamer bisa memiliki laptop ini dengan harga mulai dari Rp17 jutaan. Pembelian dapat dilakukan melalui Acer eStore. Pada paket pembelian tersebut, tersedia Office Home and Student 2019 senilai Rp1.799.000 secara gratis. Jadi tak perlu repot lagi mencari aplikasi Office, pengguna pun dapat langsung menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas sebelum bermain game.

Share:

Artikel Terkini