Huawei Perkenalkan Solusi-solusi Digital Ramah Lingkungan di MWC 2022 Huawei Perkenalkan Solusi-solusi Digital Ramah Lingkungan di MWC 2022 ~ Teknogav.com

Huawei Perkenalkan Solusi-solusi Digital Ramah Lingkungan di MWC 2022

Booth MWC22 Barcelona Huawei di Hall 1 (Sumber: Huawei)

Teknogav.com - Huawei meluncurkan cetak biru bisnis GUIDE mereka di ajang MWC 2022 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Selain itu diperkenalkan juga solusi-solusi inovatif yang berfokus pada digitalisasi dan kenetralan karbon untuk masa depan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada acara diskusi online dengan media, Huawei pun berjanji untuk memberdayakan ekonomi digital masa depan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di kawasan Asia Tenggara.

Teori-teori dan Arsitektur-arsitektur Baru Penting untuk Memeuhi Lonjakan Permintaan Digital

Prediksinya di tahun 2022 ini lebih dari 50% Produk Domestik Bruto (PDB) akan didigitalisasi. Seiring pesatnya perkembangan ekonomi digital global, permintaan produk-produk dan layanan-layanan digital melebihi harapan. Teori-teori dan arsitektur-arsitektur yang ada saat ini tak dapat mendukung lonjakan pertumbuhan permintaan digital. 

Guo Ping, Rotating Chairman Huawei memaparkan bahwa dalil Shannon dan arsitektur von Neumann akan mengalami kebuntuan. Industri harus mencari teori-teori dan arsitektur-arsitektur baru untuk membentuk ulang paradigma teknologi demi mencapai keberlanjutan digital. Huawei mengusung konsep 'menjadikan teknologi dan alam hidup berdampingan' dan terus berinvestasi dalam mengurangi emisi karbon, meningkatkan penggunakan energi terbarukan, mengembangkan ekonomi sirkular dan menjaga alam dengan teknologi.

Baca juga: Solusi Teknologi Huawei Dukung Indonesia Atasi Masalah Pemanasan Global

Huawei berkomitmen untuk memadukan teknologi digital dan elektronika daya untuk menggalakkan revolusi energi, mempercepat digitalisasi energi, memampukan peningkatan industrial pada ribuan industri, serta berperan dalam pengurangan emisi karbon.

Sinergi antara TI dan TK, cloud dan edge serta cloud dan jaringan diciptakan Huawei untuk membantu operator menjadi digital dan pintar. Upaya tersebut pun memungkinkan operator untuk mencapai pertumbuhan pendapatan baru. Contohnya adalah solusi Huawei OneStorage di Asia Pasifik. Solusi tersebut berhasil membantu salah satu operator memangkas biaya total kepemilikan (Total cost of ownership/TCO) sampai 30%.

Pengurangan Karbon Mempengaruhi Kekuatan Ekonomi Digital Jangka Panjang

Berkenaan dengan kenetralan karbon, Guo mengatakan, "Kepadatan konektivitas dan daya komputasi menentukan kekuatan ekonomi. Kendati demikian, keduanya juga harus menjaga kekuatan jangka panjang, sehingga kita perlu mempertimbangkan dimensi baru, pengurangan karbon."

Saat ini Huawei mengusung strategi 'More Bits, Less Watts' dalam hal tersebut. Huawei berkomitmen untuk membuat produk-produknya 2,7 kali lebih hemat energi dengan membuat terobosan-terobosan seperti teori, bahan dan algoritma. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan digital dasarnya. Produk-produk Massive MIMO generasi ketiga Huawei sepenuhnya menggunakan teknologi multi-antena untuk meningkatkan efisiensi energi sampai 30% dibandingkan produk-produk sejenis.

Baca juga: Huawei Dukung Penanganan Tantangan di Berbagai Sektor dengan Solusi TIK

Jay Chen, Vice President Huawei Asia Pasifik

Jay Chen, Vice President Huawei Asia Pasifik mengungkapkan bahwa Huawei berupaya menciptakan dunia digital yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Upaya tersebut diwujudkan dengan meningkatkan investasi dalam solusi-solusi hijau berkelanjutan, meningkatkan generasi daya bersih, transportasi listrik dan penyimpanan energi pintar. Hal ini dilakukan demi mendukung tujuan kawasan Asia Psifik mengurangi emisi karbon, menggalakkan energi terbarukan dan berperan dalam ekonomi sirkular. Teknologi-teknologi canggih dan upaya tersebut memungkinkan industri TIK untuk membantu industri lain mengurangi jejak karbon mereka.

Solusi jaringan listrik mikro pintar Huawei telah mendukung pasokan daya listrik berkelanjutan bagi penduduk desa setempat di Sarawak. Sarawak adalah salah satu kota besar di Malaysia dengan populasi 2,8 juta penduduk. Solusi canggih ini mencakup sistem penyimpanan energi dan mendukung akses pembangkit listrik diesel. Hal ini membantu menyediakan pasokan listrik 24/7 ke pedesaan. Ketika tidak ada sinar matahari yang cukup, solusi tersebut bahkan dapat memasok daya listrik sampai tiga hari. Solusi ini merupakan bagian dari Masterplan Elektrifikasi Pedesaan.

Baca juga: Huawei Tawarkan Solusi Listrik yang Efisien dan Ramah Lingkungan

"Di Asia Pasifik, untuk Asia Pasifik adalah komitmen kami. Di Huawei kami bekerja sama dengan para operator telekomunikasi dan mitra dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi solusi-solusi yang membantu membuat kehidupan lebih baik, bisnis lebih pintar dan masyarakat lebih inklusif. Kami juga senang berbagi cara teknologi TIK kami membantu membuat dunia menjadi tempat lebih hijau, lebih ramah lingkungan. Bersama, kita dapat membuat masa depan yang cerah," ucap Jay Chen.

Dukungan pada ekosistem digital di Asia Pasifik dilakukan Huawei dengan menanamkan investasi sesuai pengumumkan yang dilakukan pada tahun 2021. Investasi USD50 juta dikucurkan Huawei untuk mengembangkan 500.000 talenta digital bagi Asia Pasifik dalam lima tahun mendatang. Sementara investasi USD100 juta selama tiga tahun ditujukan untuk mengembangkan ekosistem perusahaan rintisan di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Huawei Dukung Ekosistem Startup dengan Spark Program

Huawei juga berkomitmen untuk mengembakan talenta digital Indonesia untuk membangun konektivitas dan mendukung transformasi digital. Sejak tahun 2020, Huawei berkomitmen melatih 100.000 talenta digital sampai tahun 2024 di bawah naungan komitmen I Do Contribute. Komitmen tersebut demi mendukung target pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan 600.000 talenta digital per tahun. 

Berbagai program diselenggarakan Huawei bersama dengan pemerintah, pendidikan tinggi, industri dan komunitas. Program-program tersebut mencakup Huawei ICT Academy, Huawei ICT Competition, Huawei Seeds for the Future, dan TechDay. Selain itu diselenggarakan juga program-program pelatihan dalaml bidang 5G, cloud, AI dan keamanan siber. Sampai akhir tahun 2021, Huawei telah melatih lebih dari 52.000 talenta digital hanya dalam 14 bulan. Pencapaian tersebut sudah melebihi setengah dari target lima tahun.

Ajang MWC 2022 di Barcelona, Spanyol berlangsung sejak 28 Februari sampai 3 Maret. Produk-produk dan solusi--solusi Huawei dipamerkan dalam stand 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Huawei mengusung topik-topik menarik seperti tren industri, GUIDE untuk masa depan, dan pembangunan hijau untuk memperlihatkan masa depan jaringan digital. Pembahasan tersebut dilakukan bersama dengan operator-operator global, profesional industri dan tokoh-tokoh terkemuka.

Share:

Artikel Terkini