Bank OCBC NISP Ajak Para Developer Berinovasi di Program Hack@on Bank OCBC NISP Ajak Para Developer Berinovasi di Program Hack@on ~ Teknogav.com

Bank OCBC NISP Ajak Para Developer Berinovasi di Program Hack@on


Teknogav.com – Bank OCBC NISP berkolaborasi dengan DailySocial.id meluncurkan ajang kompetisi pemrograman bertajuk OCBC NISP Hack@on. Tema yang diusung pada ajang Hack@on ini adalah ‘#GakPerluRibet Let’s Bank Differently’. Program Hack@on ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baru dan mengajak para talenta digital berinovasi di industri keuangan. Harapannya inovasi-inovasi yang dihasilkan para talenta digital ini dapat memajukan inklusi keuangan dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Pandemi COVID-19 telah memicu transisi kegiatan masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital. Demi dapat mengintegrasikan keseharian masyarakat dengan perbankan, Bank OCBC NISP sebagai institusi keuangan harus tanggap dan berinovasi. Hal ini penting agar segala hal menjadi tidak ribet, sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik. 

Baca juga: “This is DBS digibanking” Tawarkan Layanan Perbankan Digital Komprehensif dari Investasi sampai Bisnis

konsep open banking dengan open API

Upaya tersebut juga selaras dengan visi Bank OCBC NISP yaitu menjadi mitra terpercaya untuk meningkatkan kualitas hidup. Sumber daya manusia merupakan kunci utama dalam berinovasi mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang makin beragam dan kompleks.

Julie Anwar, Head of Human Resources Bank OCBC NISP

“Kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi di era open banking ini.  Kami pun mengajak para inovator dan talenta teknologi untuk bersama–sama berperan dalam berinovasi dan bersama–sama menjadikan Indonesia #financiallyfit,” ucap Julie Anwar, Head of Human Resources Bank OCBC NISP.

Baca juga: Tips Investasi di Reksa Dana dan Forex Pakai Jenius

Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil dan makmur. Tujuan salah satu pilar dari visi tersebut adalah memajukan kesejahteraan umum dengan tolok ukur sehat keuangan. Inklusi dan literasi keuangan sangat dibutuhkan dalam tujuan ini. Perbankan harus bisa diakses dari segala lokasi dan setiap saat sehingga masyarakat, khususnya generasi muda tak perlu ribet.

Penyediaan akses data nasabah secara terbuka namun tetap aman menggunakan teknologi dapat dilakukan melalui mekanisme Open Banking. Teknologi pada mekanisme ini adalah open Application Programming Interface (API) yang memungkinkan pihak ketiga mengakses data-data yang dibutuhkan dari nasabah. Data-data ini tentunya dapat diakses melalui sambungan yang tersedia dengan persetujuan nasabah. Konsep ini memungkinkan bank berinovasi pada layanan atau aplikasi yang dibuat dengan dipersonalisasi sesuai kebutuhan setiap nasabah. Kemudahan yang dialami nasabah dalam mengakses layanan perbankan sehari-hari berkat teknologi tersebut tentunya akan meningkatkan kepuasan dan pengalaman nasabah.

Cara Mengikuti Hack@on

Bagi yang yang ingin ikut serta dalam program OCBC NISP Hack@on dapat mendaftarkan diri selama periode 12 Juli sampai 4 September 2022. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan ini, demikian juga dengan informasi lebih lanjut. Setelah dilakukan seleksi, 20 peserta yang mendaftar akan diundang untuk mengikuti kompetisi Hack@on secara langsung di Hack Day. Ajang tersebut digelar pada 24-25 September 2022 di ON Space, BSD City. Tersedia total hadiah lebih dari Rp200 juta untuk tiga pemenang program Hack@on ini. 

Baca juga:  Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Luncurkan SheHacks 2022

Sosialisai program Hack@ton juga dilakukan Bank OCBC NISP dengan menggelar roadshow di empat kota di Indonesia. Berikut ini adalah jadwal roadshow tersebut:

No  Kota  Tanggal 
Bandung  25 Juli 2022
Yogyakarta  8 Agustus 2022
Jakarta  2 Agustus 2022
Surabaya  25 Agustus 2022

Seluruh WNI yang berusia 15 tahun atau lebih dapat mengikuti program OCBC NISP Hack@on. Syaratnya mereka harus memiliki kartu identitas, baik itu berupa KTP, SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa atau paspor yang masih berlaku. Pendaftaran dapat dilakukan secara individu atau tim yang berjumlah maksimal tiga orang. Program ini tidak boleh diikuti karyawan atau keluarga karyawan dari Bank OCBC NISP dan DailySocial.id.

Share:

Artikel Terkini