Huawei Tegaskan Komitmen Persiapkan Talenta Digital Bersama Mitra Penyedia SDM Huawei Tegaskan Komitmen Persiapkan Talenta Digital Bersama Mitra Penyedia SDM ~ Teknogav.com

Huawei Tegaskan Komitmen Persiapkan Talenta Digital Bersama Mitra Penyedia SDM


Teknogav.com – Huawei pertama kalinya menerima kunjungan dari para mitra di bidang penyediaan sumber daya manusia (SDM) dan rekrutmen. Kunjungan tersebut dilakukan ke kantor Huawei di Jakarta untuk menegaskan komitmen Huawei terhadap persiapan dan pelatihan talenta digital. Komitmen tersebut bertujuan untuk memajukan Indonesia melalui kerja sama dengan mitra dan memperkuat kapasitas SDM Internal.

Tema yang diusung acara tersebut adalah Huawei in Indonesia, for Indonesia: Enhancing New Digital Ecosystem for the Future of Work. Bersama para mitra, Huawei sepakat bahwa COVID-19 telah mengubah masa depan dunia kerja. Kini pekerjaan dapat dilakukan dari mana saja dengan bantuan teknologi digital. Peningkatan permintaan layaan-layanan berbasis teknologi pun menuntut tenaga kerja yang cakap digital. Para tenaga kerja dituntut memiliki berbagai keterampilan seperti AI, analitik data, cloud, keamanan siber dan machine learning.

Baca juga: Huawei Gelar Program Sertifikasi untuk Penuhi Kebutuhan SDM TIK Kompeten

Jeffrey Wang, Vice President Management Transformation, Huawei Indonesia menyatakan bahwa Huawei telah berada di Indonesia sejak tahun 2000. Bisnis Huawei di ranah telekomunikasi, perusahaan, cloud dan digital power terus tumbuh pesat. Pencapaian ini tentunya tak terpisahkan dari peran SDM dan talenta digital sebagai pendorong utama.

Menurut Jeffrey, upaya memenuhi kebutuhan perusahaan akan talenta makin menantang, baik dari segi jumlah, mutu maupun waktu. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Huawei, perlu peningkatan kerja sama antara Huawei dan para mitra. Upaya ini penting dilakukan agar dapat melakukan pengadaan talenta yang memberi nilai tambah bagi perusahaan dan sebaliknya. 

Baca juga: Huawei Dukung SMK Persiapkan SDM Berkualitas dengan Pelatihan TIK

Para mitra pun mengapresiasi kerja sama dengan Huawei, yang berlandaskan semangat gotong royong dan menghasilkan manfaat bersama. Berikut ini adalah para mitra Huawei yang mengikuti acara kunjungan:

  • PT Boss Hire Indonesia
  • PT Dian Graha Elektrika
  • PT Dyka Konsultama
  • PT Elabram System
  • PT Manpower Business Solutions
  • PT Persolkelly Recruitment
  • PT Talenta Eksklusif Asia

Kolaborasi antara PT Elabram System dan Huawei telah dilakukan sejak tahun 2010. Annie Bahwani, Group Deputy Director PT Elabram System mengungkapkan bahwa Huawei secara konsisten merupakan mitra yang baik sejak awal kemitraan. Menurutnya Huawei terus memprioritaskan pertumbuhan bersama, termasuk bagi mitra. 

“Kami juga melihat bahwa Huawei memiliki standar yang tinggi terhadap SDM, dan kami pun terdorong untuk terus meningkatkan layanan yang kami berikan. Kami berharap dapat membangun hubungan kerja sama yang semakin diperkuat, erat, kolaboratif, dan saling menguntungkan bagi kedua perusahaan,” ucap Annie Bahwani.

Baca juga: Huawei Berkomitmen Terus Kembangkan Kompetensi SDM Digital dan Teknologi Berkelanjutan

“Kunjungan kemitraan ini bertujuan memperkuat hubungan baik nan produktif yang telah dibangun Huawei Indonesia dengan para mitranya di bidang SDM. Kami berharap, dengan membagikan gambaran yang lebih jelas tentang perusahaan, bisnis, dan strategi SDM-nya, kami dapat berkolaborasi lebih erat dan memanfaatkan keahlian, kapasitas, dan jejaring yang dimiliki para mitra tepercaya kami dalam rangka memaksimalisasi nilai yang dapat ditawarkan talenta lokal kepada Huawei dan sebaliknya,” ucap Dani K. Ristandi, HR Director Huawei Indonesia.

Kepedulian dan kebutuhan talenta digital juga diungkapkan oleh Jeffrey. Diperkirakan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital dalam kurun waktu 15 tahun. Ini berarti ada kebutuhan 600 ribu talenta setiap tahun. Huawei pun berkomitmen untuk mengembangkan 100 ribu talenta digital sampai tahun 2025.

“Sejak komitmen tersebut pertama kali dikumandangkan pada 2020 akhir, kami telah melatih 62 ribu talenta digital terhitung saat ini. Angka tersebut sudah mencapai lebih dari setengah target kami. Huawei akan terus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk para mitra, dalam memenuhi kebutuhan Indonesia menuju visinya menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di dunia,” ucap Jeffrey.

Share:

Artikel Terkini