Dewaweb Tawarkan Solusi Keamanan Siber Dewaguard Dewaweb Tawarkan Solusi Keamanan Siber Dewaguard ~ Teknogav.com

Dewaweb Tawarkan Solusi Keamanan Siber Dewaguard

Teknogav.com – Dewaweb resmi meluncurkan Dewaguard sebagai solusi cyber security operation control (SOC) yang telah menyandang sertifikasi ISO:27001. Peluncuran Dewaguard dilakukan di gedung Cyber 2, Jakarta pada Selasa 23 Agustus 2022 dengan tema The Rise of #CyberImmunion. Kehadiran solusi ini diharapkan dapat mendukung pencegahan serangan siber di tengah maraknya serangan siber di berbagai sektor industri, termasuk pemerintah.

Tema #CyberImmunion merupakan perpaduan tiga konsep utama, yaitu Cyber, Immune dan Union. Konsep tersebut menghadirkan Dewaguard sebagai solusi bagi semua pihak yang membutuhkan perlindungan khusus dalam mencegah serangan  siber. Berikut ini adalah makna dari masing-masing konsep tersebut:

  • Cyber merupakan konsep menghadirkan Dewaguard sebagai solusi bagi semua pihak yang membutuhkan perlindungan khusus dalam mencegah serangan siber
  • Immune menggambarkan Dewaguard sebagai vaksin untuk memperkuat sistem imun siber perusahaan
  • Union memaknai Dewaguard sebagai bagian yang solid dalam tim untuk membasmi ancaman siber ke suatu perusahaan.

Dewaguard siap membangun imunitas siber yang kuat dalam ekosistem internet dan jaringan bagi masyarakat Indonesia.

Latar Belakang Peluncuran Dewaguard

Tingginya perkembangan serangan siber terlihat pada laporan “Monitoring Keamanan Siber Tahun 2021” yang dirilis Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Laporan tersebut mengungkap lebih dari 1,6 miliar anomali trafik serangan siber yang terjadi di Indonesia selama tahun 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga mengatakan bahwa ada 6 juta data penduduk Indonesia yang bocor pada Januari 2022. Data tersebut pun dijual di dark web

Baca juga: Cara Kerja Firefox Monitor dan Tips Jaga Keamanan Setelah Peretasan

Kebocoran 3,5 juta dataset juga terjadi di bulan Januari 2022. Insiden tersebut diduga akibat serangan terhadap sistem komputer utama di salah satu instansi pemerintah. Ini menunjukkan bahwa semua sektor dapat menjadi sasaran serangan siber, termasuk organisasi, perusahaan dan lembaga pemerintah. Nampaknya instansi pemerintah memang menjadi sasaran utama serangan siber yang terus bertambah. 

Beberapa tahun terakhir, kasus pencurian data dan pembobolan website pun terus meningkat. Ini berarti banyak perusahaan dan lembaga pemerintah yang belum memiliki tim keamanan siber kompeten yang berjaga 24 x 7. Dewaweb berusaha memenuhi kebutuhan perusahaan dan lembaga pemerintah ini dengan membentuk tim elit cyber security in-house Dewaguard.

Data tim keamanan siber Dewaweb menunjukkan bahwa ancaman siber makin besar, pintar dan berbahaya dalam berbagai bentuk. Beberapa serangan siber yang sering terjadi adalah malware, ransomware, DDoS attack, phishing, zero-day attacks, dan bad bots.

Baca juga: Laporan Kaspersky Ungkap Data Serangan DDoS selama Q2 2022

Dewaguard dikembangkan sejak awal tahun 2021 dan beroperasi 24 jam nonstop dalam melakukan pemantauan, incident response, dan threat intelligence operation. Upaya tersebut dilakukan untuk melindungi infrastruktur cloud Dewaweb dan pelanggan, mulai sektor korporat hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan pengamanan khusus.

Layanan Dewaguard

Pada Juni 2022, layanan CSOC dan Dewaguard telah menyandang sertifikasi ISO  27001 yang membuktikan kompetensi dan standar tinggi Dewaweb. Edy Budiman, CEO PT Dewaweb mengatakan bahwa sertifikasi ISO 27001 yang disandang Dewaguard membuktikan layanan sekuriti lokal memiliki kualitas bersaing. Seiring peningkatan kejahatan siber, Dewaguard ingin menempatkan diri sebagai penyedia layanan keamanan siber yang dipercaya masyarakat Indonesia.

Edy Budiman, CEO PT Dewaweb

“Perlindungan sistem dan jaringan dilakukan Dewaguard setiap hari selama 24 jam. Dewaguard menyediakan layanan tersebut dengan biaya yang lebih efisien dan memberikan manfaat bisnis lebih besar,” ucap Edy. 

Baca juga: Riset Kaspersky Ungkap Kecenderungan Korban Ransomware Bayar Tebusan

Layanan Dewaguard telah memenuhi prinsip Confidentiality, Integrity, and Availability (CIA) Triad. Hal ini terbukti oleh standar NIST Cyber Security Framework dari Department of Commerce AS.  Standar ini diterapkan Tim Cyber SOC Dewaweb dengan didasari lima tahapan, yaitu Identify, Protect, Detect, Respond, dan Recover.

Berikut ini adalah layanan-layanan keamanan siber yang disediakan Dewaguard:

  • Managed SOC 24×7
  • Automated Threat Defense 24×7
  • Managed Application Defense 24×7
  • penetration testing untuk jaringan dan aplikasi
  • konsultasi security assessment untuk perusahaan dan instansi pemerintah

Layanan Dewaguard siap mendeteksi ancaman serangan siber dan mengatasinya sejak dini. Tim CSOC Dewaguard siap membantu setiap perusahaan dan instansi yang membutuhkan pengamanan khusus di lingkup siber. Tim analis Dewaguard melakukan pemantauan keamanan yang proaktif selama 24 jam tanpa henti, sehingga tak ada ancaman yang luput. Dewaguard memberikan kemudahan dalam incident response, reporting dan memberikan insight melalui tim yang ahli dan passionate.  Upaya tersebut dilakukan demi menjaga keamanan jaringan setiap waktu.

Share:

Artikel Terkini