Rayakan Hari Kemerdekaan, TikTok Gelar Program Jelajah #SerunyaIndonesia Bersama tiket.com Rayakan Hari Kemerdekaan, TikTok Gelar Program Jelajah #SerunyaIndonesia Bersama tiket.com ~ Teknogav.com

Rayakan Hari Kemerdekaan, TikTok Gelar Program Jelajah #SerunyaIndonesia Bersama tiket.com

Teknogav.com – Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Pada peringatan kemerdekaan ke-77 kali ini, TikTok menyelenggarakan kampanye #SerunyaIndonesia selama bulan Agustus. Kampanye ini diawali dengan program perjalanan wisata bertajuk ‘Jelajah #Serunya Indonesia’. Penyelenggaraan program tersebut didukung olh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan tiket.com yang merupakan online travel agent (OTA).

Program ‘Jelajah #Serunya Indonesia’ akan mengeksplorasi 77 destinasi wisata Indonesia yang disiarkan secara langsung di TikTok LIVE selama 77 jam. Promosi wisata melalui platform digital yang inovatif untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia merupakan salah satu fokus pemerintah. Upaya ini dilakukan pemerintah melalui Kemenparekraf yang memiliki prioritas lima destinasi super prioritas sebagai berikut:

  • Borobudur di Magelang, Jawa Tengah
  • Danau Toba di Sumatera Utara
  • Mandalika di Nusa Tenggara Barat
  • Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
  • Likupang di Sulawesi Utara

Kelima destinasi super prioritas tersebut juga akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia. 

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

"Inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif merupakan solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia. Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju, khususnya di lima destinasi prioritas yang masuk dalam rute perjalanan Jelajah #SerunyaIndonesia ini,” ucap Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf.

Eksplorasi Destinasi Wisata Bersama para Kreator TikTok

Jelajah #SerunyaIndonesia dibagi menjadi empat grup jelajah yang melibatkan empat krreator TikTok yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok. Masing-masing grup akan melakukan penjelajahan selama 10 hari. Berikut ini adalah pembagian grup tersebut:

  • Penjelajahan grup pertama mulai dari Aceh sampai Pontianak
  • Penjelajahan grup kedua mulai dari Samarinda sampai Yogyakarta
  • Penjelajahan grup ketiga mulai dari Manado sampai Ambon
  • Penjelajahan grup keempat mulai dari Merauke sampai Bali

Keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta. Penjelajahan empat grup tersebut didukung juga oleh tiket.com sebagai OTA di Indonesia. Komitmen tiket.com adalah terus mendorong pertumbuhan dan pemulihan industri pariwisata di Indonesia. Penjelajahan yang memberikan inspirasi berbagai destinasi wisata ini sejalan dengan komitmen tersebut.

Baca juga: Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata

"Kami harap konten pariwisata yang seru dan menghibur dari para kreator TikTok nantinya dapat membawa masyarakat untuk melihat lebih luas pesona wisata Indonesia, karena masih banyak destinasi hidden gems di Indonesia dengan alamnya yang indah, budaya yang kaya, dan kuliner yang nikmat. Semoga ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk #BulatkanTiketmu menuju liburan impian ke berbagai destinasi di Indonesia,” ucap Sandra Darmosumarto, Public Relations Sr. Manager, tiket.com.

Keempat kreator TikTok yang terlibat dalam program ini adalah sebagai berikut:

  • Canny Claudia (@cannyclau)
  • Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro)
  • Melani Amelia (@namakuamel_racosta)
  • Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak)

"Setiap destinasi wisata dan budaya tradisional menyimpan banyak cerita di baliknya, dan merupakan kesempatan besar bagi saya dan tiga rekan kreator lainnya untuk bisa mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia yang beragam ini melalui program Jelajah #SerunyaIndonesia. Semoga konten livestream yang kami bagikan dapat membuat masyarakat semakin menghargai keunikan setiap daerah di Indonesia dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang menyatukan kita di Hari Kemerdekaan RI ke-77 nantinya,” ucap Canny Claudya.

Hal senada pun disampaikan oleh Melani Amelia, menurutnya TikTokLIVE menjadi wadah bagi para kreator untuk saling berinteraksi. Perjalanan di Jelajah #SerunyaIndonesia ini memberikan kesempatan baginya untuk berinteraksi. Interaksi tersebut dapat dilakukan dengan dirinya, pengguna lain, dan masyarakat di berbagai daerah yang akan dikunjungi dengan komunitas TikTok. 

“Saya yakin akan ada banyak cerita menarik yang bisa kami sampaikan di program ini, rasanya tidak sabar!" ucap Melani Amelia.

Program ‘Serunya On The Road (SOTR)

TikTok juga menyelenggarakan program ‘Serunya On The Road (SOTR) untuk mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal. Program ini akan diselenggarakan di tiga kota yaitu Semarang, Bali dan Medan. Tujuan program ini adalah membuka peluang dna memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia. Harapannya semua dapat berpartisipasi mempromosikan wisata Indonesia secara kreatif dan menyenangkan. Berbagai konten seperti rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah sampai rekomendasi wisata baru sebagai hidden gem sangat berkembang pesat. Konten-konten tersebut menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia. 

Baca juga: OYO dan Kemenparekraf Berkolaborasi Luncurkan Program Maju Bersama Desa Wisata

Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia

"Kami berharap, konten livestream dari kreator yang ikut serta di "Jelajah #SerunyaIndonesia" ini dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Program ini pun bisa menjadi cara untuk saling menginspirasi dalam mencintai, menumbuhkan rasa bangga, sekaligus mempromosikan Indonesia dengan cara yang seru, kreatif, dan menghibur," ucap Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Informasi mengenai program "Jelajah #SerunyaIndonesia yang mencakup daftar destinasi dan jadwal livestreaming TikTok LIVE dapat ditemukan melalui tagar #Serunya Indonesia.

Share:

Artikel Terkini