Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata ~ Teknogav.com

Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata


Teknogav.com – Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Pada April 2022, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 11.000 atau lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Tentu saja peningkatan kunjungan wisata ini perlu diimbangi kemampuan adaptasi dan inovasi para pelaku usaha industri pariwisata agar dapat bersaing. Upaya ini penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman wisata terbaik.

Peningkatan kunjungan wisata juga terlihat pada peningkatan penumpang angkutan udara domestik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Mei 2022 terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan udara sebesar 40,41% dari bulan sebelumnya. Jumlah penumpang pada Mei 2022 ini mencapai 19,8 juta orang.

Baca juga: OYO dan Kemenparekraf Berkolaborasi Luncurkan Program Maju Bersama Desa Wisata

Program Jagoan Pariwisata dari tiket.com ini pun mendapat apresiasi dari Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Pada kata sambutannya, beliau mengajak para pelaku usaha wisata memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan usaha di bidang pariwisata.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

“tiket.com memberikan warna baru dan sumbangsih pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia naik kelas ke ranah digital. Upaya ini memungkinkan industri pariwasata dapat diakses seluruh masyarakat. Menyambut usia 11 tahunnya tiket.com dengan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat gebrakan melalui program Jagoan Pariwisata. Ini merupakan inisiatif berwujud lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku wisata di Desa Wisata. Program ini akan membantu memberikan solusi nyata bagi isu yang dihadapi para penggiat dan pelaku pariwisata. Selain itu program ini pun memberikan kiat jitu dalam mengoperasikan usaha pariwisata dengan lebih cerdas,” ucap Sandiaga Uno.

Ucapan selamat pun disampaikan Sandiaga Uno kepada tiket.com dan pelaku usaha yang terpilih mengikuti Jagoan Pariwisata.

Program Jagoan Pariwisata

Tujuan program ‘Jagoan Pariwisata yang dihadirkan tiket.com adalah untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata. Program ini akan melibatkan empat desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA). Harapannya para pelaku usaha wisata dapat mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan dan turut berkontribusi pada perekonomian nasional. Sebagai mitra Kemenparekraf RI, tiket.com terus berupaya menghadirkan serangkaian program lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku usaha wisata nasional.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com

"Jagoan Pariwisata merupakan salah satu upaya tiket.com dalam mendukung inisiatif pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat yang adaptif dan berdaya saing, sehingga menghasilkan pelaku bisnis lokal yang unggul dalam bidang pariwisata. Program ini juga merupakan upaya tiket.com dalam mendorong keberadaan Desa Wisata di Indonesia agar lebih dikenal masyarakat dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ucap Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.

Empat desa yang menjadi sasaran program perdana Jagoan Pariwisata ini adalah sebagai berikut:

  • Desa Mulyaharja di Bogor
  • Desa Condet di Jakarta Timur
  • Desa Kaki Langit Mangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Desa Dewi Sambi di Daerah Istimewa Yogyakarta

Keempat desa tersebut akan mendapatkan mentorship terpadu secara hybrid yang kemudian bersaing mendapatkan penghargaan. Para pelaku usaha wisata di keempat desa tersebut pun akan bersaing merumuskan strategi bisnis terbaik dan inovasi yang berkelanjutan.

Ada empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata ini, yaitu sebagai berikut:

  • Best Tourist Attraction
  • Best Homestay
  • Best Souvenir & Culinary
  • Best Digital & Creative

Penyelenggaraan program Jagoan Pariwisata juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun tiket.com ke-11. Program ini juga bertujuan mencari para pelaku usaha di bidang pariwisata yang memiliki visi, misi dan kapabilitas bisnis yang andal. Program mentoring juga membuka kesempatan karyawan tiket.com untuk berpartisipasi aktif membina keterampilan pelaku usaha di desa wisata. Harapannya para mentor dan peserta program di empat desa dapat sama-sama menemukan solusi strategis untuk mengembangkan desa wisata.

Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com

“Kami mendesain program ini agar juga turut membawa manfaat bagi karyawan tiket.com (t-fam), yaitu pengetahuan mendalam akan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku dan penggiat bisnis lokal di desa wisata,” ucap Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com.

Jagoan Pariwisata juga merupakan program keterlibatan karyawan dalam kegiatan tim people (SDM) yang terpadu. Mentorship bermanfaat untuk berbagi pengetahuan mengenai industri pariwisata, pemahaman dan pengenalan mendalam mengenai ekosistem kerja di perusahaan berbasis teknologi. Para karyawan tiket.com pun mendapat kesempatan berkunjung dan mengenal langsung komunitas warga dan budaya desa wisata setempat.

Kolaborasi tiket.com dengan Inspigo

Dalam melakukan pelatihan dan pendampingan, tiket.com menggandeng Inspigo untuk menjadi mitra penyelenggara program. Inspigo sendiri memiliki visi untuk mendorong dan menginspirasi para pelaku usaha di bidang pariwisata agar lebih siap. Visi tersebut tentu saja selaras dengan inisiatif program Jagoan Pariwisata.

Baca juga: Utamakan Self-Learning Habit, Inspigo Usung Fitur Audio PlayBook

Tim Inspigo akan mendukung para karyawan tiket.com dalam memandu pelatihan dan pendampingan kewirausahaan. Pelatihan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dan mengatasi tantangan yang dihadapi para pelaku usaha lokal.

Yoris Sebastian, Co-Founder, Inspigo

Yoris Sebastian, Co-Founder, Inspigo, menyampaikan antusiasmenya terhadap program Jagoan Pariwisata. Selain itu Yoris juga akan berperan sebagai kepala mentor dan juri kompetisi. Peran kepala mentor memimpin para mentor dari t-fams (karyawan tiket.com) dalam membimbing dan melatih bisnis terpadu. Para mentor merupakan karyawan tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat yang berprestasi di industri masing-masing.

“Saya sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman, membina para mentor, serta menyimak langsung berbagai solusi strategis dalam mengatasi tantangan dari sesi awarding yang akan datang,” ucap Yoris.

Setelah melalui sesi mentoring dan lokakarya, para peserta akan membuat proposal strategi bisnis. Mereka akan mempresentasikan proposat tersebut di jajaran juri pada malam penganugerahan pada Oktober 2022.

Share:

Artikel Terkini