Huawei Gelar Seminar Tech to Build Your Career di Singapura Huawei Gelar Seminar Tech to Build Your Career di Singapura ~ Teknogav.com

Huawei Gelar Seminar Tech to Build Your Career di Singapura


Teknogav.com – Huawei menyelenggarakan program Seeds for the Future edisi ke-11 di Singapura. Pada program ini, Huawei mengadakan seminar Tech to Build Your Career di Singapore University of Technology and Design (SUTD). Tujuan seminar ini adalah untuk membantu peserta mempelajari pengembangan karir di masa depan di bidang teknologi dan mendukung kewirausahaan.

Seminar ini merupakan komponen penting dari Seeds for the Future Accelerator Camp dan pertama kali digelar di program tersebut. Program Seeds for the Future Accelerator Camp diselenggarakan selama 29 Agustus sampai 2 September 2022 di Singapura. Para peserta dibimbing para pemimpin wirausaha dari berbagai sektor teknologi yang menginspirasi dalam menerapkan gagasan mereka.

Baca juga: Huawei Resmi Luncurkan Seeds for the Future Asia Pasifik 2022

“Sebagai bagian dari program Seeds for the Future Huawei, seminar Tech to Build Your Career akan menghubungkan para pemimpin masa depan dari negara-negara ASEAN lainnya dengan talenta-talenta terbaik di Singapura serta menyatukan para pelaku kreatif di seluruh ekosistem untuk berdiskusi, berbagi, dan menginspirasi ide-ide inovasi,” ucap Charles Cheng, Managing Director, Huawei International.

Seminar di Singapura ditutup dengan presentasi Tech4Good yang mengajak para peserta untuk mempresentasikan solusi-solusi dan gagasan-gagasan mereka. Kompetisi Tech4Good dirancang untuk membantu mereka belajar mengenai tren-tren terbaru dalam digitalisasi dan mengeksplorasi cara teknologi digital menjawab permasalahan-permasalahan sosial. Usai presentasi, peserta diberi masukan dan saran tambahan mengenai cara memperkuat gagasan-gagasan mereka.

Pemenang kompetisi Tech4Good Huawei Asia Pacific Seeds for the Future diumumkan pada bulan September. Pengumuman tersebut dilakukan pada upacara penghargaan Seeds for the Future Accelerator Camp. Tim pemenang yang merupakan 10 finalis teratas, akan lolos ke kompetisi global Huawei Seeds for the Future Tech4Good. Kompetisi global tersebut akan digelar pada Januari mendatang.

Program Seeds for the Future

Huawei menyelenggarakan Seeds for the Future secara rutin sejak tahun 2008 sebagai bagian dari proyek tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Tujuan proyek ini adalah untuk meinspirasi para talenta muda untuk berinovasi di bidang teknologi dan bertukar lintas budaya. Selama 14 tahun belakangan, lebih dari 12 ribu siswa dari 137 negara tertarik pada program ini. Sampai tahun 2022, Huawei telah melatih 140 peserta dari Indonesia di bawah naungan program Seeds for the Future.
Kontribusi Huawei dalam mengembangkan talenta digital Indonesia diapresiasi oleh Dr. Dr. Tutun Juhana, S.T, M.T, Dekan Sekolah Elektro dan Informatika (STEI), Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: 10 Mahasiswa Wakili Indonesia dalam Seeds for the Future 2022

“Huawei telah berperan sangat penting dalam mengembangkan kompetensi talenta digital bangsa melalui peningkatan literasi dan keterampilan digital agar mereka dapat menjadi generasi inisiator, penemu, dan inovator yang dapat memanfaatkan teknologi digital demi kebaikan bersama, dan mampu memberikan nilai tambah kepada teknologi digital,” ucap Tutun.

Program Seeds for the Future 2022 Huawei Asia Pasifik dimulai dari Bangkok sejak 19 Agustus 2022. Selama 9 hari, 120 siswa berprestasi dari 16 negara di Asia Pasifik menikmati perjalanan digital lintas budaya di Thailand. Perjalanan tersebut dilakukan dalam kamp pelatihan digital. Dari 120 peserta tersebut, dipilih 33 siswa untuk mengikuti kamp akselerasi yang digelar di Singapura.

Sepuluh mahasiswa Indonesia yang terpilih mengikuti program Seeds for the Future 2022 sudah menyelesaikan program 7 hari di Thailand. Merea berasal dari beberapa program yang didukung Huawei, beberapa program tersebut adalah sebagai berikut:
  • Huawei ICT Competition
  • Huawei Digital Talent Scholarship bersama Kemenkominfo,
  • Huawei Study Internship (Certified Internship and Independent Study, MSIB)
  • Huawei AI Digital Intelligence yang bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Muhammad Farid Naufal dari Universitas Surabaya mengapresiasi Huawei atas kinerjanya dalam meningkatkan standar talenta digital melalui keahlian teknologi.

“Sebagai salah satu penyedia TIK global, keahlian Huawei sangat berharga dalam memperluas pengetahuan para peserta dan dalam memperkaya keterampilan mereka. Program ini menunjukkan masa depan dalam penghubungan talenta digital secara langsung dengan kebutuhan industri,” ucap Farid.

Baca juga: Siapkan Talenta Digital, Huawei Gelar Seeds for the Future 2021

Selaras dengan komitmen ‘I Do’, Huawei telah bertekad mengembangkan kompetensi lebih dari 100.000 talenta digital di Indonesia sampai tahun 2025. Sampai saat ini, Huawei telah berhasil memberikan pelatihan bagi lebih dari 64.000 talenta digital. Ini berarti sudah mencapai lebih dari setengah target yang ada.

Share:

Artikel Terkini