Ekosistem Metaverse Indonesia, Nusameta, Hadir di NXC International Summit 2022 Ekosistem Metaverse Indonesia, Nusameta, Hadir di NXC International Summit 2022 ~ Teknogav.com

Ekosistem Metaverse Indonesia, Nusameta, Hadir di NXC International Summit 2022


Teknogav.com – PT WIR ASIA Tbk. (WIR Group) meluncurkan Nusameta sebagai Ekosistem Metaverse Indonesia di NXC International Summit 2022. Nusameta merupakan eskosistem yang memungkinkan pengguna mewujudkan pengalaman interaksi antara dunia nyata dengan dunia digital menggunakan AR, VR dan AI. Purwarupa ekosistem metaverse Nusameta tampil perdana di WIR Group Presents NXC International Summit 2022 pada 31 Agustus 2022 di Bali. Nantinya Nusameta akan hadir secara utuh pada tahun 2023.

Masyarakat dapat dengan mudah memasuki dunia metaverse secara nyata dan merasakan pengalaman unik yang imersif melalui Nusameta. Mereka dapat mendalami berbagai potensi dan mendapatkan berbagai manfaat di Nusameta ini. Kehadiran Nusameta merupakan perwujudan komitmen dan visi WIR Group untuk menghadirkan metaverse yang dapat dinikmati dan dirasakan semua orang. Dalam memasuki era web 3.0, WIR Group memiliki visi menjadi a liveable world of metaverse for everyone.

Baca juga: WIR Group Bahas Teknologi Tinggi di NXC International Summit 2022

“Kami menilai ini saatnya yang tepat untuk memperkenalkan metaverse dalam wujud nyata kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat mulai memahami apa itu metaverse mulai dari fase paling awal sehingga nantinya akan dengan mudah dapat mengikuti perkembangannya yang lebih mutakhir. Kami juga mempertimbangkan tingginya akselerasi perkembangan teknologi di dunia, sehingga masyarakat Indonesia dapat segera ambil bagian dalam tren teknologi global dan dapat memperoleh berbagai manfaat,” ucap Stephen Ng, Chief metaverse Officer WIR Group dan CEO Nusameta di Jakarta.

Stephen menjelaskan bahwa membangun metaverse adalah proses panjang yang membutuhkan ketekunan dalam menyempurnakannya. Partisipasi aktif masyarakat untuk mulai berinteraksi di platform metaverse akan turut memberikan sumbangsih dalam mendukung pengembangan ekosistem metaverse Nusameta. WIR Group pun merasa perlu melibatkan masyarakat secara aktif untuk membangun ekosistem platform metaverse yang sedang dikembangkan. 

Baca juga: WIR Group Sebar Ribuan Mesin IoT DAV 2.0 di Berbagai Lokasi

Fase awal Nusameta menawarkan fitur pembuatan avatar sebagai representasi digital pengguna di dunia metaverse. Pembuatan avatar untuk Nusameta dapat dilakukan melalui aplikasi Nusameta yang segera tersedia di Google Play Store untuk Android. Selain itu, pembuatan avatar juga dapat dilakukan melalui mesin DAV, layar pintar berbasis IoT (internet of things). Mesin DAV ini dapat ditemui di ribuan gerai Alfamart dan merupakan salah satu portal yang memudahkan pengguna mengakses metaverse

Nusameta menawarkan dunia virtual yag dapat dieksplorasi dengan berbagai pengalaman interaktif menggunakan avatar mereka. Pengguna dapat melakukan kustomisasi avatar dengan menentukan bentuk wajah, rambut, tubuh, sampai pakaian dan aksesori melalui aplikasi Nusameta. Nantinya pengguna juga dapat memilih pakaian dan aksesoris eksklusif yang disediakan oleh brand (branded items) yang bekerjasama dengan Nusameta. Pakaian dan aksesori eksklusif dari brand juga memiliki utilitas dunia nyata (real-life utilization) seperti promo untuk pembelian produk-produk brand tersebut. 

Baca juga: TikTok Berkolaborasi dengan JFW Gelar Jakarta Fashion Week 2021

“Beberapa pengalaman interaktif yang dapat dilakukan di dunia virtual Nusameta ke depannya antara lain event-event virtual seperti Jakarta Fashion Week, konser musik dan berbagai pameran interaktif, sebelum nantinya akan makin banyak pengalaman yang dapat dilakukan oleh pengguna pada 2023,” ucap Stephen.

Share:

Artikel Terkini