Review ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402), Andalkan Intel EVO Review ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402), Andalkan Intel EVO ~ Teknogav.com

Review ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402), Andalkan Intel EVO


Teknogav.com – ASUS kembali menghadirkan lini Vivobook yang tangguh dengan desain stylish, yaitu ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402). Kinerja laptop ini sudah didukung oleh prosesor Intel Core generasi ke-12 dan telah menyandang sertifikasi Intel EVO. Sesuai namanya, tentu saja, latop ini pun sudah mengusung teknologi layar ASUS OLED. Istimewanya, kinerja tangguh dengan desain tipis dan ringan pada laptop ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Seri S merupakan varian Vivobook dengan desain paling premium. Dimensi ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) ini cukup tipis, dengan ketebalan hanya 1,89 cm. Bobotnya pun cukup standar, yaitu 1,5 kg. Tak hanya memudahkan pengguna untuk membawa laptop ini bepergian, Vivobook S 14 OLED (K3402) ini pun nyaman untuk mengetik berkat fitur ASUS ErgoSense Keyboard. Pada bagian keyboard, touchpad dan penampang Vivobook S 14 (K3402) ini pun sudah disertai lapisan antibakteri khusus, yaitu Antibacterial Guard.

Layar ASUS OLED

Sesuai namanya, tentu saja Vivobook S 14 OLED menggunakan layar ASUS OLED. Layar ini berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8 K dan rasio aspek 16:0. Rasio layar tersebut menyajikan ruang kerja lebih lapang sehingga mendukung produktivitas. Teknologi ASUS OLED menyajikan kualitas visual layar yang mengesankan dibandingkan dengan layar biasa. Berbagai fitur, teknologi dan inovasi dihadirkan teknologi ASUS OLED sehingga menghasilkan visual yang kaya warna, akurat dan menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda

ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Teknologi HDR pada layar ASUS OLED pun sudah menyandang sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Sertifikasi tersebut menjamin akurasi konten yang ditampilkan ASUS OLED sesuai keinginan pembuat konten, sehingga mendukung standar kebutuhan industri kreatif.
Aplikasi MyASUS menyediakan opsi-opsi perawatan ASUS OLED sehingga layar OLED laptop tak cepat burn-in. Opsi-opsi tersebut aktif secara defauld di Windows 11 tanpa harus mengubah pengaturan. MyASUS otomatis menjaga layar OLED agar dapat bertahan lebih lama.

Menu pengaturan dengan MyASUS

Kesehatan mata pun dijamin fitur Eye Care yang mendampingi ASUS OLED. Fitur ini dapat mengurangi spektrum sinar biru yang berbahaya tanpa mengorbankan kualitas visual, sehingga dapat menjaga kesehatan mata. ASUS OLED juga telah menyandang sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Desain

Layar ASUS OLED pada Vivobook S14 OLED ini dapat diputar sampai 180˚, sehingga memudahkan berkolaborasi dengan teman. Pada sisi atas layar, terdapat kamera HD 720 p yang sudah disertai dengan privacy shutter. Penutup layar pada laptop ini menggunakan bahan logam sehingga memberi kesan elegan dan premium. Bahan logam juga berfungsi untuk memperkokoh laptop dan meningkatkan daya tahannya.

ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402)

Seperti telah disinggung sebelumnya, Vivobook S 14 OLED ini dibekali ASUS ErgoSense Keyboard.

Keyboard ini memiliiki kontur permukaan yang disesuaikan bentuk lengkung permukaan jari. Jarak antara tombol pun tepat untuk mengetik, demikian juga dengan jarak tekan 1,4 mm yang mendukung kegiatan mengetik. Tombol daya yang tersusun di antara jajaran tombol keyboard ini sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari, sehingga memudahkan untuk login.

ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402)

Sementara itu fitur Antibacterial Guard merupakan berupa lapisan perak khusus untuk melindungi bagian yang paling sering disentuh. Lapisan ini mengandung ion positif yang dapat menekan perkembangan bakteri berbahaya sampai 99% dalam waktu 24 jam. Daya tahan lapisan tersebut sampai tiga tahun untuk penggunaan normal. Fitur Antibacterial Guard ini pun sudah diakui secara internasional melalui protokol pengujian berstandar ISO-22196. Bakteri yang digunakan dalam pengujian adalah bakteri Escherichia coli (E.coli) dan Staphylococcus aureus yang sering ada di sekitar kita.

Konektivitas pada Vivobook S 14 OLED

Port yang tersedia pada Vivobook S 14 OLED (K3402) ini pun cukup lengkap. Pada sisi kanan dari belakang ke depan terdapat port HDMI 2.0, dua port USB tipe-C dengan teknologi Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 tipe-A dan jak audio combo 3,5 mm. Port Thunderbolt 4 tersebut mendukung kecepatan transfer data sangat cepat sampai 10 Gbps. Teknologi Thunderbolt 4 ini juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery. Fitur DisplayPort tersebut mendukung untuk penggunaan monitor eksternal dengan resolusi sampai 8K. Sementara itu port HDMI 2.0 mendukung layar eksternal 4K. Beralih ke sisi kiri, terdapat port USB 2.0.

sisi kanan ASUS Vivobook S 14 OLED

Baca juga: Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad 

Konektivitas nirkabel pada Vivobook S14 (K3402) pun sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5. Teknologi Wi-Fi 6E memungkinkan untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi 6 GHz dengan kecepatan transfer data lebih tinggi. Vivobook S14 (K3402) juga sudah didukung fitur Wi-Fi Smart Connect sehingga memungkinkan laptop terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan kualitas terbaik. Sementara itu, fitur Bluetooth 5 memungkinkan untuk menghubungkan ke berbagai perangkat seperti mouse atau headphone nirkabel.


sisi kiri ASUS  Vivobook S 14 OLED (K3402)

Kinerja ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402)

Vivobook S 14 OLED (K3402) yang direview oleh tim teknogav.com ini menggunakan prosesor Intel Core i7-12700H yang diluncurkan Q1 2022. Prosesor ini memiliki 14 inti yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core, serta 20 thread. Kecepatan clock maksimal prosesor ini adalah 4,7 GHz. Intel Core i7-12700H ini memiliki TDP 45 W yang biasanya digunakan pada laptop gaming, sehingga dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas. Kinerja prosesor pun didukung RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB yang dikonfigurasikan secara dual channel.

Canggihnya lagi, kinerja Vivobook S 14 OLED (K3402) ini sudah divalidasi oleh Intel EVO sehingga menjamin kinerja yang andal dan daya baterai awet. Persyaratan Intel EVO terkini adalah laptop harus ditenagai Intel Core 12th Gen Alder Lake dengan kapasitas RAM minimal 8 GB. Media penyimpanan pun harus menggunakan teknologi SSD dengan kapasitas minimal 256 GB dan daya pada baterai dapat bertahan setidaknya 9 jam. Layar pun harus memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 p. Nah, spesifikasi Vivobook S14 OLED (K3402) bahkan melampaui ketentuan tersebut, terutama dalam hal layar dan daya tahan baterai.

Pemrosesan grafis pada laptop ini didukung oleh kartu grafis Intel Iris Xe. Sedangkan media penyimpanannya didukung teknologi SSD PCIe® 4.0 NVMe M2 dengan kapasitas 512 GB. Perpaduan RAM dan media penyimpanan tersebut membuat waktu memuat aplikasi lebih cepat sehingga pengguna bisa lebih nyaman dan produktif.

Perangkat Lunak

Sistem operasi yang digunakan pada Vivobook S 14 OLED (K3402) ini adalah Windows 11. Salah satu fitur andalan sistem operasi ini adalah Widget. Fitur ini dapat membantu menemukan konten penting, menampilkan dan mengingatkan jadwal meeting, serta memberikan informasi cuaca saat ini dan mendatang. Fitur ini pun dapat disesuaikan agar bisa memperoleh pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial dan mendapatkan artikel-artikel penting.

Benchmark

Ketika melakukan benchmarking Vivobook S 14 OLED (K3402) menggunakan PC Mark 10, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 4.765. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 8.802 yang menunjukkan keandalan dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Nilai Productivity yang diraih laptop ini adalah 5.653. Berikut ini adalah rincian nilai yang diperoleh.

Benchmarking pada mode Performance menggunakan PCMark 10

Saat menggunakan resolusi layar 2,8 K, daya baterai pada Vivbook S 14 OLED (K3402) dapat bertahan sampai lebih dari 9 jam. Pengujian tersebut dilakukan menggunakan PCMark Modern Office dengan simulasi penggunaan laptop tanpa henti, terhubung dengan Wi-Fi dan kecerahan layar 50%. Jika laptop tak digunakan lebih intensif, tentunya daya baterai dapat bertahan lebih dari 9 jam.

pengujian baterai dengan PCMark 10

Pada pengujian menggunakan Pass Mark, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 5.656. Nilai ini tersebut jauh melampaui rata-rata dunia 2.814. Nilai kinerja CPU yang diraih Vivobook S 14 OLED adalah 21.039 yang sangat jauh di atas rata-rata dunia 7.271. Tentu saja nilai yang diperoleh tersebut sangat mengesankan.

Baca juga: Review VivoBook S14 (M433), Makin Mumpuni dengan Prosesor AMD Terkini

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark

Peringkat prosesor PassMark menunjukkan kinerja Intel® Core i7-12700H melampaui Apple M1 Max 10 Core dan Apple M1 Pro 10 Core.

Daftar peringkat prosesor yang disusun PassMark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari Vivobook S 14 OLED adalah 868. Nilai tersebut berada di atas rata-rata dunia 604. Sedangkan nilai yang diraih untuk 3D Graphics Mark adalah 2.483 yang masih berada di bawah rata-rata dunia 3.858.

Uji Video Card 2D

Uji Video Card 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh Vivobook S 14 OLED adalah 2.685 yang melampaui nilai rata-rata dunia 1.781.Vivobook S 14 OLED berhasil meraih nilai 19.547 pada benchmarking Disk Mark. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata dunia yang hanya 3.668.

uji memori

uji diskmark

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 4.149 dan multi core 35.257. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada GPU Intel Iris Xe Graphics nilai yang diperoleh adalah 77.896.

Benchmarking CPU dengan GeekBench 4

Benchmarking Open CL Intel Iris Xe dengan Geekbench 4

Kecepatan RAM ini lebih dari 3000 MBps untuk baca dan tulis, berikut ini adalah hasil uji Crystal DiskMark.

CrystalDiskMark

Berikut ini adalah hasil pengujian dengan Cinebench:

Benchmarking dengan Cinebench

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga yang dibanderol pada ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) adalah Rp15 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) di Bhinneka
Klik untuk membeli ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) di Shopee


Kesimpulan

ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402) menyajikan kinerja yang bagus dan responsif dalam form factor yang tipis. Daya baterai pun cukup awet untuk laptop yang digunakan sehari-hari dengan kinerja tinggi. Keandalan kinerja laptop ini pun sudah menyandang sertifikasi Intel EVO. Selain itu, tampilan visual layar pun begitu mengesankan berkat teknologi ASUS OLED dengan resolusi 2.8K. Layar tersebut pun didukung fitur-fitur yang menjamin kesehatan mata. Tak hanya kesehatan mata, laptop ini pun dilengkapi fitur antibakteri yang mendukung kesehatan pengguna.

Spesifikasi ASUS Vivobook S 14 OLED (K3402)

CPU

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H 2,3 GHz (sampai 4,7 GHz, 6P+8E core)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR4 8 GB + 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 512 GB

Layar

14 inci, 2.8 K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90 Hz 0,2 milidetik, 600 nites, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Grafis

Intel® Iris Xe Graphics

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1 x USB 2.0 Tipe-A,  1 x USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, 2 x Thunderbolt 4 support DisplayPort™ + power delivery

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5

Kamera

720p HD camera dengan shutter privasi

Audio

Harman/kargon certified, Built-in array microphone, Built-in speaker with Smart Amplifier Technology

Baterai

70 WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

31,64 x 22,45 x 1,89 cm

Bobot

1,5 kg

Warna

Brave Green, Neutral Grey, Indie Black

Harga

Rp15.799.000 (Core i7 / RAM 8 GB + 8 GB)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini