Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad ~ Teknogav.com

Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad

Teknogav.com – ASUS baru saja memperkenalkan tiga laptop terkini yang masuk dalam jajaran Creators Series untuk segmen usia 18-30 tahun. Ketiga laptop tersebut adalah VivoBook Pro 14 OLED (K3400), VivoBook Pro 15 OLED (K3500) dan VivoBook Pro 14X OLED (N7400). Nah, kali ini tim Teknogav.com berkesempatan untuk mereview varian yang paling tinggi, yaitu VivoBook Pro 14X OLED (N7400). Keandalan laptop ini adalah sudah mengusung prosesor Intel Core generasi ke-11 seri H dan layar ASUS OLED. Selain itu ASUS pun menghadirkan fitur inovatif terkininya, yaitu DialPad yang memudahkan pengguna untuk berkreasi.

Selain dibekali dengan perangkat keras yang tangguh, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dikemas dengan desain yang futuristik. Laptop ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Comet Grey dan Cool Silver. Pada review kali ini, tim Teknogav.com menjajal VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dengan varian warna Cool Silver.

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) warna Cool Silver

Baca juga: Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda 

Berbagai fitur-fitur canggih pada laptop ini tentunya siap mendukung kreator makin produktif. Apalagi layar ASUS OLED yang diusung menyajikan akurasi warna yang tinggi. Istimewanya, laptop ini juga disertai DialPad pada touchpad yang dapat diaktifkan dengan mudah. Tentunya fitur ini mendukung pengoperasian yang membutuhkan tombol dial. VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga merupakan jajaran laptop ASUS seri VivoBook pertama yang menggunakan shutter pada webcam

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) sudah dilengkapi dengan webcam shutter
Sebagai laptop yang mendukung kerja pembuat konten, tentunya membutuhkan kemampuan grafis mumpuni. ASUS pun membekali VivoBook Pro 14X OLED ini dengan dua prosesor grafis. Kartu grafis tambahan yang disematkan pada laptop ini adalah NVIDIA GeForce RTX 3050. Kecanggihan laptop ini tak lantas membuat laptop menjadi bongsor, dimensi VivoBook Pro 14X OLED ini tetap ramping. Ketebalan laptop hanya 1,79 cm dengan bobot 1,45 kg.

Selain mengusung teknologi konektivitas nirkabel terkini, yaitu Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0, tentu saja laptop ini mengusung port yang lengkap. Salah satu port tersebut adalah USB tipe-C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery. Teknologi Thunderbolt 4 dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan yang menunjang kegiatan para pembuat konten.

Tentu saja ASUS membekali laptop ini dengan port daya terdedikasi untuk melakukan pengisian daya yang cepat. Charger tersebut pun sudah termasuk dalam paket pembelian laptop ini. Sumber daya laptop ini mengandalkan baterai bertenaga 63 Wh. Baterai tersebut pun dapat diisi dengan cepat, yaitu bisa sampai 60% hanya dalam waktu 49 menit.

Kinerja VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

Biasanya seri VivoBook dirancang sebagai laptop tipis yang menggunakan prosesor Intel Core seri U. Nah, pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400), prosesor yang digunakan adalah Intel Core generasi terkini seri H yang berkinerja tinggi. Laptop ini tersedia dalam pilihan prosesor Intel Core i7-11370H dan Intel Core i5-11300H. Pada review ini, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-11370H yang berkinerja tinggi dan hemat daya. 

Peluncuran prosesor Intel Core i7-11370H ini dilakukan pada kuartal pertama tahun 2021. Produksi prosesor tersebut dilakukan menggunakan metode 10 nm SuperFin. Kecepatan clock prosesor ini 3,3 GHz, dan dapat di-boost sampai 4,8 GHz. Prosesor ini terdiri dari empat inti dan 8 thread. Kinerja prosesor didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB. Sementara itu media penyimpanan laptop memiliki kapasitas sampai 1 TB.

Baca juga: Lenovo Yoga Slim 7i Pro OLED Dukung Mobilitas dan Produktivitas

Prosesor grafis bawaan laptop ini adalah Intel Iris Xe yang memiliki kecepatan clock 1,35 GHz. Proses Grafis pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga mengandalkan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX 3050. Laptop ini pun dibekali GeForce RTX Studio Driver yang dioptimalkan untuk perangkat lunak kreatif untuk menyunting video dan foto.

Sistem Pendingin

Kestabilan kinerja yang tangguh dari VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini didukung oleh sistem pendingin ASUS IceCool Plus terkini. Pengendalian kinerja laptop dapat dilakukan melalui aplikasi ProArt Creator Hub yang juga menjadi pusat pengendalian laptop. Mode kinerja laptop ini terdiri dari empat pilihan, yaitu Whisper, mode Standard, mode Performance dan mode Full Speed. Pada mode Whisper, laptop akan bekerja dengan hening sambil menghemat daya, sedangkan pada mode Full Speed, kinerja laptop dimaksimalkan.

ProArt Creator Hub
Sistem pendingin pada laptop ini sangat efisien dan hanya menggunakan dua pipa panas. Desain pendinginan canggih dari VivoBook Pro 14X OLED ini menjamin laptop tetap dingin dan hening. Sementara itu teknologi ASUS IceCool Plus memaksimalkan kinerja pada form factor yang berkinerja maksimum. Teknologi ASUS IceCool Plus memungkinkan untuk memaksimalkan kinerja dengan form factor yang tipis dan ringan.

DialPad

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dirancang untuk meningkatkan produktivitas para pembuat konten. Demi memenuhi tujuan tersebut, ASUS pun menghadirkan inovasi ASUS DialPad yang terintegrasi dengan touchpad. Fitur ini dapat diaktifkan hanya dengan mengusap ikon pada pojok kanan atas touchpad ke arah diagonal ke bawah. Saat menggunakan aplikasi, pengendalian berbagai fitur-fitur di aplikasi tersebut bisa dilakukan dengan ASUS DialPad. 

DialPad pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

Empat aplikasi kreatif Adobe sudah kompatibel dengan ASUS DialPad ini, yaitu Photoshop Lightroom Classic, After Effect dan Premier Pro. Contoh penggunaan ASUS DialPad adalah untuk mengubah ukuran brush di Adobe Photoshop atau scrubbing pada timeline di Adobe Premier. Biasanya pengendalian tersebut dilakukan menggunakan mouse dan keyboard. Kini ASUS DialPad membuat proses tersebut lebih simpel dan lebih akurat. ASUS juga memberikan layanan Adobe Creative Cloud secara gratis selama tiga bulan bagi pengguna laptop ini.

tampilan DialPad di layar

Pengaturan konfigurasi dan berbagai fitur yang bisa diakses dengan DialPad dapat dilakukan menggunakan aplikasi ProArt Creator Hub. Saat menjajal DialPad ini, kami dapat dengan mudah mengatur volume suara, mengatur tingkat kecerahan dan beralih antar aplikasi menggunakan DialPad.

Layar ASUS OLED

Ukuran layar pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini adalah 14 inci.dengan rasio layar-ke-bodi 86% Ketebalan bezel di samping kiri dan layar layar hanya 4,8 mm, dan di tepi atas 8,9 mm. Pada pinggiran atas layar tersebut, terdapat webcam yang dapat ditutup secara fisik sehingga menjaga privasi saat menggunakan laptop.

Teknologi ASUS OLED pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dirancang untuk menyajikan kualitas visual terbaik dengan standar industri kreatif profesional. Tingkat reproduksi warna ASUS OLED sangat tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 atau setara 133% sRGB. Layar tersebut juga sudah dikalibrasi dengan akurat dan menyandang sertifikasi PANTONE Validated.

Para video editor dan animator pun tentunya akan dimanjakan dengan ASUS OLED karena tak perlu monitor eksternal saat proses produksi. Biasanya monitor eksternal dibutuhkan untuk proses grading. Sedangkan ASUS OLED sendiri sudah memiliki refresh rate 90 Hz dan waktu respon hanya 0,2 milidetik. Tampilan animasi dan video pun disajikan begitu detail pada setiap frame.

Layar ASUS OLED sudah didukung teknologi HDR dan rasio kontras sampai 1.000.000:1 sehingga pas untuk memproduksi konten dengan format HDR. Fitur HDR di laptop ini pun terbukti sesuai standar yang diakui secara global dengan menyandang sertifikasi VESA HDR True Black. Selain menyajikan kualitas visual yan baik, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dapat menjaga kesehatan mata pengguna. Paparan radiasi sinar biru di layar ASUS OLED ini sampai 70% lebih rendah. Teknologi ini bahkan menyandang sertifikasi low-blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Resolusi layar 14 inci pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini pun tinggi yaitu 2,8K (2880 x 1800 piksel). Hal ini menambah kenyamanan alur kerja produksi konten dengan resolusi tinggi. Rasio aspek layar sebesar 16:10 pada laptop ini cocok digunakan kreator karena menambah ruang kerja dibanding layar dengan rasio 16:9.

Desain dan Konektivitas

Dimensi VivoBook Pro 14X OLED cukup tipis dan ringan dengan ketebalan 1,79 cm dan bobot 1,45 kg. Ini merupakan bobot paling ringan untuk laptop kreator. Pada cover atas atau belakang layar terdapat desain logo ASUS yang unik. Demikian juga pada bagian atas keyboard di dekat celah antara bodi dan layar terdapat desain slogan yang unik.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) warna Cool Silver

Desain antara keyboard dan layar pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

Seperti telah disinggung sebelumnya, VivoBook Pro 14X OLED ditunjang oleh teknologi konektivitas terkini. Koneksi nirkabel laptop sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Saat menggunakan koneksi Wi-Fi, tersedia fitur Wi-Fi SmartConnect yang dapat beralih ke jaringan Wi-Fi terkuat secara otomatis saat berpindah ke ruangan berbeda. Fitur ini juga mengingat hotspot mobile yang terhubung dan memprioritaskan koneksi ke jaringan tersebut ketika terdeteksi.Teknologi Wi-Fi 6 ini memiliki kapasitas jaringan 4 kali dibanding sebelumnya. Kecepatan data pun tiga kali lebih cepat dibandingkan standar AC, selain itu juga terdapat latensi yang lebih rendah sampai 75%.

port di sisi kanan VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

port di sisi kiri VivoBook Pro 14X OLED (N7400)
Beralih ke koneksi melalui port, VivoBook Pro 14X OLED disertai dengan port yang cukup lengkap. Di sisi kanan terdapat port daya, USB 3.2 Gen-1 tipe-A, HDMI, USB tipe-C, slot micro SD dan jack audio combo 3,5 mm. Sementara itu di sisi kiri terdapat dua port USB 2.0. Berbagai perangkat eksternal pun dapat dihubungkan melalui port-port yang sesuai. Perangkat-perangkat tersebut mencakup headphone, monitor, proyektor dan pen tablet. Port USB tipe-C pada laptop ini pun sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery sampai 100 W.

Keyboard

Ukuran dish keyboard ini 0,2 mm dengan key travel 1,35 mm. Keyboard ini pun sudah disertai dengan Backlit. Tombol daya VivoBook Pro 14X OLED (N7400) terintegrasi dengan susunan tombol pada keyboard, tepatnya berada di pojok kanan atas. Istimewanya, tombol daya ini pun sudah terintegrasi dengan sensor pembaca sidik jari yang dapat digunakan pada fitur Windows Hello. Tentunya hal ini akan menjaga keamanan perangkat. Beralih ke pojok kiri keyboard terdapat tombol ESC yang berwarna merah. Tombol lain yang tampil beda adalah tombol enter yang diberi corak seperti tenunan.

desain keyboard VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

Audio

Audio pada VivoBook Pro 14X OLED ini pun sudah didukung oleh ASUS AI Noise-Canceling Technology. Teknologi tersebut memanfaatkan machine learning untuk menyekat kebisingan dari suara manusia. Fitur ClearVoice Mic pada aplikasi MyASUS dapat menyaring kebisingan di sekitar sehingga suara yang berbicara terdengar jelas. Sementara itu mode Multi-Presenter akan menormalisasi seluruh suara individu dari posisi berbeda untuk kualitas panggilan konferensi secara grup. Sistem suara pada laptop ini pun sudah disertifikasi Harman Kardon yang menjamin audio yang detail berkualitas tinggi.

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

VivoBook Pro 14X OLED ini sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 Home Single Language. Salah satu aplikasi andalan pada laptop ini adalah MyASUS yang merupakan pusat pengendalian perangkat lunak ASUS. Pada aplikasi ini dapat dilakukan pengaturan perangkat keras, mendiagnosa sistem, layanan pelanggan, Link to MyASUS dan ASUS AppDeals. Saat meggunaka Link to MyASUS maka bisa dilakukan file transfer, panggilan telepon, transfer tautan, menambah layar, mencerminkan layar dan mengakses file jarak jauh.

Benchmark

Tim Teknogav.com melakukan benchmarking pada mode Standard dan Full Speed menggunakan PC Mark 10. Hasilnya adalah 5.263 pada mode standard dan 5.322 pada mode Full Speed. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 8.502 pada mode Standard dan 8.405 pada mode Full Speed. Angka Essential tersebut menujukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Kendati terlihat sedikit penurunan dan mode Full Speed, maka pada kategori Produktivitas terlihat nilai yang lebih tinggi untuk mode Full Speed. Skor tersebut adalah 8.320 untuk mode Full Speed dan 7.848 untuk mode Standard.

Benchmarking pada mode Full Speed menggunakan PCMark 10

Benchmarking pada mode Standard menggunakan PCMark 10

Beralih ke pengujian menggunakan Pass Mark, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 5175. Pengujian ini dilakukan saat VivoBook Pro 14X OLED berada dalam mode Full Speed. Nilai tersebut sangat tinggi jika dibandingkan rata-rata dunia yang hanya 2.809. Sedangkan untuk skor kinerja CPU, nilai yang diperoleh adalah 10776. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata yang hanya 7253. 

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, ternyata kinerja Intel Core i7-11370H ini masih di bawah Intel Core i7-10750H. Kendati demikian selisih nilainya hanya terpaut sedikit. Namun jika dibandingkan dengan AMD Ryzen 7 4800H, skor yang diperoleh Intel Core i7-11370H ini jauh di bawahnya.

Daftar peringkat prosesor yang disusun PassMark

Pada benchmarking grafis menggunakan PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D adalah 787. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata yang hanya 604. Sayangnya nilai tersebut masih di bawah ASUS ZenBook Duo UX482 yang memperoleh skor 934. Sedangkan untuk 3D Mark, nilai yang diperoleh adalah 6414. Nilai ini jauh di atas rata-rata 3850, bahkan masih di atas skor ASUS ZenBook Duo UX482 yang meraih skor 3605.

Baca juga: Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar

Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, maka skor yang diperoleh adalah 2324, nilai ini pun masih di atas rata-rata 1780. Sementara itu nilai yang diperoleh untuk Disk Mark adalah 23075, padahal rata-rata dunia hanya 3643. Nilai yang diperoleh ASUS VivoBook Pro 14X OLED ini pun masih di atas ZenBook Duo UX482 yang memperoleh nilai 12333.

uji memori
uji diskmark

Baca juga: Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6199 dan multi core 17929. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada masing-masing GPU. Saat menggunakan Iris Xe nilai yang diperoleh adalah 73.470 dan NVIDIA GeForce RTX 3050 adalah 152.343.

Benchmarking CPU dengan GeekBench 4
Benchmarking Open CL Intel Iris Xe dengan Geekbench 4
Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan Geekbench 4


Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga yang dibanderol pada ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) yang kami review ini adalah Rp19.799.000. Pembelian dapat dilakukan di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14X OLED (N7400) di Blibli
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14X OLED (N7400) di Bhinneka
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14X OLED (N7400) di Tokopedia
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14X OLED (N7400) di Bukalapak
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14X OLED (N7400) di Shopee

Kelebihan

Sesuai nama, kelebihan dari VivoBook Pro 14X OLED ini terletak ada layar ASUS OLED. Selain itu tentu saja dari segi prosesor terkini yang menggunakan seri berkinerja tinggi, yaitu Intel Core generasi ke-11 seri H. Pada laptop ini tepatnya adalah Intel Core i7-11370H. Selain itu tentu saja fitur DialPad pada touchpad yang serbaguna. 

Grafis yang disajikan pun luar biasa berkat pilihan untuk menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050. Kartu grafis tersebut pun sudah didukung Studio Driver untuk meningkatkan kinerja para pembuat konten. Segala kecanggihan teknologi pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini pun terbukti dengan nilai benchmarking yang tinggi.

Semua kecanggihan tersebut pun tetap dikemas dalam dimensi laptop yang tipis dan ringan. Desain tampilan logo dan keyboard pun terlihat keren. Konektivitas nirkabel pada VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini pun sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Port yang tersedia pun cukup lengkap, termasuk USB tipe-C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery.

Keamanan pada saat menggunakan laptop pun terjaga, berkat tombol daya yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. Demikian juga dengan privasi karena sudah menggunakan shutter pada webcam. Ini adalah laptop ASUS seri VivoBook pertama yang menggunakan shutter tersebut.

Kekurangan

Layar tidak dapat dibuka sampai 180˚ dan belum didukung teknologi layar sentuh. Bagi yang belum terbiasa, terkadang masih kagok saat menggunakan fitur DialPad ini. Tetapi tentunya ini hanya masalah kebiasaan saja seiring dengan makin seringnya menggunakan laptop ini.

Spesifikasi VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

CPU

Prosesor Intel® Core™ i7-11370H 3.3 GHz (Cache 12M Cache, sampai 4.8 GHz)

Prosesor Intel® Core™ i5-11300H 3.1 GHz (Cache 8, sampai 4.4 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Home Single Language (dapat di-upgrade ke Windows 11)

Windows 11

Memori

DDR4 3200 MHz (dual channel) 16 GB

Media Penyimpanan

SSD Gen3 x4 PCIe® 512 GB

SSD Gen3 x4 PCIe® 1 TB

Layar

14”, 2.8K (1920 x 1080) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker

Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan Studio Driver

Intel Iris X integrated GPU

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3,5 mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Kamera

HD Web Camera dengan shutter privasi

Konektivitas

Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

mikrofon Built-in array dengan AI noise-cancelling, audio disertifikasi harman/kardon

Baterai

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

31,74 x 22,85 x 1,79 ~ 1,79 cm

Bobot

1,45 kg

Warna

Comet Grey, Cool Silver

Harga

Rp16.799.000 (Core i5 / SSD 512 GB)

Rp19.799.000 (Core i7 / SSD 1 TB)

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini