Kamera ZV-1F Besutan Sony Tingkatkan Kreativitas Saat Vlogging Kamera ZV-1F Besutan Sony Tingkatkan Kreativitas Saat Vlogging ~ Teknogav.com

Kamera ZV-1F Besutan Sony Tingkatkan Kreativitas Saat Vlogging


Teknogav.com – ZV-1F merupakan kamera vlog terkini Sony yang dibekali dengan fitur-fitur penunjang kreativitas dan tentu saja fungsi vlogging yang mudah dioperasikan. Kamera pocket ini juga didukung konektivitas canggih dan fitur-fitur ramah lingkungan. Vlogger dan kreator dapat menggunakan kamera ini untuk menghasilkan foto dan video yang mengesankan.

Konten yang dihasilkan kamera ini, baik mini vlog, tantangan joget dan song cover dapat lebih menonjol. Kamera ZV-1F siap mendukung eksplorasi dan kreativitas kaum muda untuk menghasilkan konten. Berikut ini adalah beberapa fitur-utama ZV-1F:

  • Lensa tetap sudut ultra lebar 20 mm F2.0 untuk swafoto
  • Latar belakang bokeh dan Face priority AE untuk menonjolkan subjek
  • Optimalisasi warna kulit termasuk opsi Soft Skin Effect
  • Pemfokusan presisi tinggi dan Eye AF untuk manusia dan hewan
  • Stabilisasi gambar Mode Aktif (elektronik) ketika merekam video
  • Preset Creative Look untuk meningkatkan ekspresi visual
  • Opsi gerak lambat dan gerak cepat untuk meningkatkan kreativitas
  • Product Showcase Setting untuk ulasan produk
  • Penyempurnaan fitur layar sentuh dengan fungsi Touch Zoom dan Step Zoom  
  • Mikrofon 3-capsule dan wind screen yang mendukung rekaman suara yang jernih dengan
  • 4K 30 p /FHD 120 p
  • Konektivitas mudah ke smartphone untuk mentransfer konten ke platform sosial
  • Fitur ramah lingkungan untuk mengurangi dampak lingkungan

Baca juga: Sony Alpha 7R V, Kamera Resolusi Tinggi dengan AI Autofokus 

“Kami merancang kamera vlog berukuran saku ZV-1F dengan mengedepankan kebutuhan para kreator, termasuk pemula. Mereka yang gemar berbagi konten video pendek di media sosial; seperti dance challenge, song cover, mini-vlog, dan lain-lain. Tuntutan konten berkualitas tinggi dari penonton, membuat kreator membutuhkan solusi kamera all-in-one yang memberikan kualitas superior dengan opsi kreatif. Kamera ini dirancang untuk berbagi konten secara nirkabel dan mudah digunakan, sehingga mendukung kreator muda berbagi konten secara instan. Mereka dapat berbagi ke media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube dan lain-lain. Kami pun menyertakan berbagai fitur ramah lingkungan pada ZV-1F karena Sony fokus pada keberlanjutan,” ucap Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia.

ZV-1F Dukung Kreativitas

Lensa tetap ultra-lebar 20 mm mendukung pengoptimalan gambar selfie dan bidang pandang lebar untuk menampilkan latar belakang lebih luas. Fitur ini membuat subjek menonjol dalam berbagai situasi. Kamera ini juga dapat menghasilkan latar belakang bokeh untuk menghasilkan foto dan video yang lebih menonjolkan subjek atau memperhalus tampilan.

kamera Sony ZV-1F

Opsi ‘Soft Skin Effect’ dapat memperhalus dan mengurangi kerutan saat merekam video dan menghasilkan efek warna kulit alami pada foto. Sementara itu kecerahan dapat disesuaikan otomatis saat mengambilan gambar dengan fitur Face Priority AE. Fitur tersebut dapat mengoptimalkan pencerahan wajah, bahkan saat kondisi cahaya berubah. 

Pemfokusan presisi tinggi dan Eye AF juga dihadikan kamera untuk manusia dan hewan. Fitur ini memungkinkan autofokus pada wajah dan mata tanpa teralhkan ke subjek lain. Subjek pun dapat dengan mudah diubah melalui layar sentuh kamera. Stabilisasi gambar dalam Mode Aktif (elektronik) juga tersedia saat merekam video untuk memastikan rekaman stabil dan mulus saat berjalan.

Baca juga: Kamera Sony Cinema Line FX30 Dukung Produksi Film Sinematik

Berbagai opsi preset tersedia pada fungsi Creative Look untuk menghasilkan suasana yang diinginkan dalam foto maupun video. Perbedaan ini bisa ditampilkan dalam hal tone, kecerahan, kedalaman warna dan lain-lain, tersedia 10 mode untuk meningkatkan kreativitas. Berbagi konten pun bisa dilakukan secara langsung tanpa repot menyunting.

Pengambilan gambar gerak lambat dengan kecepatan lima kali lebih lambat pun dapat dilakukan dengan mode S&Q. Sementara itu gerak cepat dapat dilakukan dengan kecepatan hyper lapse 60 kali lebih cepat untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

kamera Sony ZV-1F

Audio berkualitas tinggi juga penting untuk membuat konten yang sempurna. Sony pun mempersenjatai kamera ZV-1F ini dengan mikrofon terarah 3-capsule dan wind screen untuk menghasilkan suara yang jernih pada video. Fitur-fitur tersebut juga bisa mengurangi kebisingan dalam kondisi yang berangin.

Desain Ringkas

ZV-1F dirancang untuk memudahkan penggunaan secara keseluruhan, sehingga pengambialn konten dapat fokus dan memudahkan penggunaan kamera secara intuitif. Bobot kamera ini hanya 229 gram dengan desain yang ringkas, sehingga mudah dibawa-bawa untuk penggunaan sehari-hari. Layar sentuh  LCD Vari-angle didukung fitur dan pengaturan yang dapat diubah dengan sentuhan, termasuk untuk memperbesar, sehingga pengoperasian intuitif.

Peralihan antara latar belakang bokeh saat menyorot wajah dan tanpa bokeh saat merekam video mudah dilakukan dengan tombol Bokeh Switch. Selain itu, tersedia juga pengaturan Product Showcase untuk mengalihkan fokus antara wajah dan produk secara halus, sehingga cocok untuk review. Perekaman konten video pun ebih mudah dilakukan berkat lampu perekaman dan self timer.

Konektivitas dan Aksesori

Kamera ZV-1F mudah dihubungkan dengan smartphone menggunakan aplikasi Sony Imaging Edge Mobile Plus™ melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Koneksi tersebut memudahkan untuk melakukan transfer gambar dan video ke smartphone, lalu diunggah ke media sosial. Pengambilan gambar untuk diunggah ke media sosial pun dapat ditandai dengan shot mark selama pengambilan gambar dengan kamera. Pemotongan dan transferk klip 15, 30 atau 60 detik yang ditandai pun dapat ditransfer secara spesifik ke smartphone. Konten tersebut dapat diunggah langsung ke media sosial tanpa perlu menyunting durasi sesuai platform.

Baca juga: Canon EOS M50 Mark II, Kamera Mirrorless Ringkas dengan Hasil Berkualitas

Pengendalian berbagai pengaturan kamera seperti tanggal, waktu dan area pun dapat dilakukan melalui aplikasi Imaging Edge Mobile Plus. Pembaruan perangkat lunak dan panduan dukungan juga bisa dilakukan pada palikasi tersebut. Tampilan indikator tingkat kapasitas baterai dan kapasitas ruang penyimpanan pun dapat ditampilkan pada aplikasi. Serunya, pengendalian kamera ZV-1F pun bisa dilakukan dari aplikasi Imaging Edge Mobile Plus tersebut.

GP-VPT2BT

Kamera ZV-1F dapat digunakan sebagai perangkat live-streaming berkualitas tinggi. Ketika dihubungkan ke komputer atau smartphone melalui port USB, bisa menjadi kamera web dengan aplikasi konferensi video yang sesuai. Kamera juga kompatibel dengan aksesori GP-VPT2BT Shooting Grip dan Wireless Remote Commander untuk mengendalikan zoom, perekaman dan lain-lain secara nirkabel. Aksesori tersebut juda dapat dijadikan mini-tripod untuk pengambilan gambar secara hands-free. Audio yang jernih pun bisa diperoleh dengan memasang mikrofon eksternal ke aksesori shoe.

Ramah Lingkungan

Fitur dan teknologi yang diusung kamera ZV-1F dirancang ramah lingkungan demi masa depan berkelanjutan. Bodi kamera dan aksesorinya menggunakan bahan daur ulang, termasuk SORPLAS. Aksesori tersebut mencakup wind screen yang baru dikembangkan dan diadaptasi untuk mempertahankan kinerja. Demi mengurangi kemasan plastik, Sony menggunakan bahan non-pintal berbasis tanaman untuk kemasan produknya.

Harga dan Ketersediaan

Kamera ZV-1F mulai tersedia di Indonesia pada Desember 2022, harga yang dibanderol adalah Rp7.999.000. Tersedia juga hadiah spesial berupa exclusive Sony ZV-1F Camera Sling Pouch dan Uniqlo Crossbody Bag untuk pembelian selama masa pre-order. Pre-order ini dibuka selama periode 15 November sampai 11 Desember 2022. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Sony ZV-1F di Blibli
Klik untuk membeli Sony ZV-1F di Shopee
Klik untuk membeli Sony ZV-1F di Tokopedia
Klik untuk membeli Sony ZV-1F di Lazada

Selain itu, tersedia juga promosi untuk pembelian aksesoris Shooting Grip GP-VPT2BT berupa cashback sebesar Rp500 ribu setelah pembelian ZV-1F.


Share:

Artikel Terkini